Advertisements

Kontroversi Kangen Water dan bedanya dengan air zam-zam

Kontroversi Kangen Water dan bedanya dengan air zam-zam. Terjadi pergunjingan dan sedikit perdebatan mengenai kangen water alias air kangen semacam mineral olahan ini. Dalam brosur disebutkan bahwa kangen water dapat mencegah segala macam penyakit berisiko tinggi, kanker, stroke, jantung, diabetis, tekanan darah tinggi, vertigo dan jenis berisiko tinggi lainnya. Nah ada pro dan kontra mengenai hal ini termasuk dari Kementerian Kesehatan. Selain itu juga ada tulisan mengenai bedanya dengan air zam-zam. Monggo dibaca salah satu tulisan dari dr. Muhammad Saifuddin Hakim, M.Sc mengenai Kangen Water ini. Cekidot…

Kangen Water: Bermanfaat atau Justru Berbahaya?

dr. Muhammad Saifuddin Hakim, M.Sc
November 23, 2017

Umat Islam mengenal air zamzam sebagai air yang penuh berkah dan memiliki banyak keutamaan [1]. Sayangnya, sebagian orang meyakini bahwa keistimewaan dan keberkahan air zamzam tersebut dapat ditiru dengan menciptakan air sejenis dengan komposisi kimiawi dan mineral sama atau mirip dengan air zamzam. Ini adalah tindakan yang kurang tepat, karena keberkahan air zamzam terletak pada dzatnya (yang diambil langsung dari sumur zamzam). Salah satu jenis air yang diklaim oleh sebagian orang memiliki keistimewaan sebagaimana air zamzam adalah kangen water. Oleh karena itu, dalam pembahasan ini, kami ingin sedikit membahas kangen water ditinjau dari aspek kesehatan.

Keseimbangan Asam dan Basa dalam Tubuh Manusia

Sebagian orang menganggap bahwa manfaat air zamzam itu didapatkan karena komposisi atau karakteristik air zamzam yang memiliki pH basa (pH di atas 7) [2]. Lalu muncullah keyakinan sebagian orang bahwa air zamzam ini bisa ditiru dengan mambuat komposisi kimiawi air yang mirip dengan air zamzam. Salah satu produk yang diklaim meniru komposisi air zamzam adalah kangen water. Salah satu sifat utama kangen water adalah pH yang basa (alkali). Kami jumpai sebagian distributor yang mencantumkan keistimewaan air zamzam dalam rangka mempromosikan kangen water [3].

Mereka yang mengklaim kegunaan kangen water menganggap bahwa tubuh kita membutuhkan cairan basa untuk menetralkan asam yang diproduksi sebagai hasil dari metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh secara konstan memproduksi asam yang berbahaya jika tidak segera dinetralisir. Seperti misalnya orang yang beraktivitas berat dan menyebabkan penimbunan asam laktat. Selain itu, suasana asam juga mendorong pertumbuhan sel kanker. Demikianlah menurut klaim mereka.

Tubuh kita memiliki sistem pengaturan yang kompleks. Keseimbangan asam dan basa dalam tubuh kita dipertahankan oleh ginjal, asam lambung dan juga paru-paru. Jika ada kelebihan asam, maka tubuh akan bekerja untuk mengembalikan keseimbangan tersebut. Demikian pula sebaliknya. Gangguan pada organ tersebut, misalnya ginjal, bisa jadi berdampak pada gangguan keseimbangan asam dan basa, sehingga muncul kondisi asidosis (terlalu asam) atau alkalosis (terlalu basa). Jadi dalam kondisi sehat dan normal, tubuh kita sudah memiliki mekanisme pengaturan asam basa tersendiri sehingga tidak dibutuhkan perlakuan dari luar (dalam hal ini tambahan kangen water) untuk menjaga keseimbangannya.

Telaah Kritis Klaim Manfaat Kangen Water

Oleh karena itu, klaim manfaat kangen water ini bisa kita kritisi dalam beberapa aspek [4]:

Kalau kita berpikir sejenak, ketika air tersebut sampai ke lambung, maka pH air tersebut akan dinetralkan oleh asam lambung. Sehingga sebetulnya, tidak ada gunanya meminum air ini karena sifat basanya segera ternetralisir oleh asam lambung.
Asam lambung adalah pertahanan pertama tubuh kita terhadap bakteri penyebab penyakit yang mungkin masuk melalui makanan. Bakteri akan mati dalam kondisi asam di lambung. Jika keasaman ini berkurang karena terlalu banyak cairan basa (kangen water), bisa jadi fungsi pertahanan ini akan terganggu.

Masing-masing organ tubuh kita memiliki rentang pH yang berbeda-beda. Dan pH tersebut dijaga keseimbangannya oleh tubuh kita secara alamiah, tanpa membutuhkan manipulasi khusus dari luar.
Terdapat banyak sebab terjadinya perubahan pH dalam tubuh kita. Bisa terjadi karena gangguan pada ginjal, pada saluran pencernaan (muntah terus-menerus), atau gangguan pada paru. Hanya meminum kangen water tanpa melakukan tindakan apa pun terhadap penyebab spesifik tersebut, tentu hanya sia-sia.

Mengkonsumsi terlalu banyak cairan basa melebihi kebutuhan normal, justru akan menyebabkan gangguan keseimbangan asam basa itu sendiri. Kondisi ini disebut dengan alkalosis metabolik.Kondisi ini terjadi jika tubuh kita terlalu banyak kehilangan asam atau terlalu banyak mendapatkan molekul basa. Misalnya (meskipun jarang), seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi baking soda (bikarbonat). Gejala dari alkalosis metabolik ini antara lain mual, muntah, tremor dan kedutan otot. Terdapat beberapa penelitian eksperimental pada binatang coba yang menunjukkan bahwa pemberian air alkaline justru menimbulkan kerusakan otot (lihat tiga penelitian oleh Watanabe T et al. di catatan kaki).

Kondisi tersebut diperparah jika seseorang menderita gangguan ginjal. Mineral-mineral yang terdapat dalam kangen water bisa terakumulasi dalam tubuh karena ketidakmampuan ginjal dalam membuang mineral tersebut. Dalam kondisi ini, terlalu basa justru menimbulkan efek samping yang tidak bisa diremehkan.

Pendukung kangen water mengklaim bahwa konsumsi kangen water dapat menurunkan risiko hipertensi, penyakit jantung, stroke, atau kanker. Juga dapat berfungsi sebagai anti-penuaan, pembersih usus, meningkatkan sistem imunitas, kesehatan kulit atau dapat menurunkan berat badan. Namun, semua klaim ini tidaklah didukung oleh bukti-bukti ilmiah yang memadai (baca: tidak evidence-based alias over klaim).

Dalam beberapa kondisi tertentu, air basa ini bisa jadi bermanfaat. Misalnya, pada orang dengan gangguan asam lambung (penelitian in vitro) atau atlet (orang-orang yang secara fisik sangat aktif). Pada orang dengan aktivitas berat, konsumsi air alkaline akan meningkatkan aliran darah. Sampel penelitian ini 100 orang (Weidman J et al. 2016) sehingga masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengklarifikasi manfaat-manfaat tersebut.
Kesimpulan

Keberkahan dan keistimewaan air zamzam yang ditunjukkan oleh berbagai dalil syariat, tidak dapat digantikan oleh jenis air yang lain. Meskipun air tersebut dibuat mirip komposisi kimiawinya dengan air zamzam, misalnya kangen water atau air lainnya yang diklaim mirip seperti air zamzam.

Tidak terdapat bukti manfaat kesehatan tertentu mengkonsumsi kangen water sebagai air minum sehari-hari. Klaim bahwa mengkonsumsi kangen water secara rutin bagi orang sehat dapat mencegah kanker, hipertensi dan sebagainya, tidak didukung oleh bukti ilmiah yang valid. Meskipun yang mempromosikan kangen water ini sebagiannya adalah dokter [5], hendaknya masyarakat tidak tertipu dan tetap bersikap kritis atas setiap klaim yang disampaikan.

Pada kondisi tertentu, kangen water “bisa jadi” bermanfaat. Kami katakan “bisa jadi” karena masih membutuhkan penelitian dan pembuktian lebih lanjut untuk mengklarifikasi manfaat-manfaat dalam kondisi tertentu (kondisi khusus) tersebut. Selain itu, kemungkinan adanya manfaat tersebut harus ditimbang dengan risiko keamanan (efek samping merugikan) yang mungkin timbul dari konsumsi kangen water.

***

Selesai disempurnakan di Lab EMC Rotterdam NL, 4 Rabi’ul Awwal 1439/23 November 2017

Oleh seorang hamba yang sangat butuh ampunan Rabb-nya,

Penulis: dr. M. Saifudin Hakim, MSc.
https://kesehatanmuslim.com/kangen-water-bermanfaat-atau-justru-berbahaya/
Untuk catatan kaki bisa dilihat di link tsb

Disclaimer: saya tidak punya kepentingan bisnis apapun.

sumber : fb Dian Soekanto (23/11/2017)

KLARIFIKASI

*BROSUR Kangen Water dan Surat Pemeriksaan Kemenkes RI*

Menonton dan Mendengar penjelasan dari Leader PT Enagic Indonesia dengan produknya mesin Kangen Water, Yth dokter Andhyka Putra Sedyawan dengan peringkat di PT Enagic sebagai 6A5-4.

Terkait surat dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Direktorat Jendral Kefarmasian dan Alat Kesehatan RI pada tanggal 10 November 2017. Dengan nomor : FK.02.02/3/2318/2017.

Sebelum menjelaskan isi surat tersebut ijinkan saya menulis kronologis surat ini beredar.

Pada tanggal 26 Juni 2015, PT Enagic Indonesia menyampaikan surat ingin mengurus izin edar.

Perihal surat : permohonan informasi produk.

Dan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, PT Enagic Indonesia mendapat respon berupa surat yang isinya kurang lebih :

Berdasarkan permenkes no 1990/permenkes/per/VIII/2010 tentang izin edar alat kesehatan dan Perbekalan Alat Rumah Tangga (PKRT) dan ketentuan yang berlaku saat ini,
Produk sebagai berikut :
Nama produk : Leveluk (sesuai type mesin masig-masing)
Berupa mesin untuk ionisasi air.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia tidak membolehkan Mesin Kangen Water diklaim dan dikatakan sebagai alat kesehatan (medical device) water ionizer karena tidak ada klasifikasi untuk produk di atas.

Permenkes tidak berwenang mengeluarkan izin import .

Karena izin import bukan dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia,

Tetapi dari Kementrian Perdagangan.

PT Enagic Indonesia sebagai importir telah memilik surat izin import dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. Artinya perjualan mesin Kangen Water di Indonesia adalah SAH dan LEGAL secara hukum.

Tidak di akui oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, karena *Kementrian Kesehatan RI belum memiliki klasifikasi alat kesehatan mesin ionizer*

Alat kesehatan yang memiliki izin edar sesuai nomornya, yang ada sekarang adalah AKL (Alat Kesehatan Luar) dan AKD (Alat Kesehatan Dalam).

Dan, TU masih dalam kategori surat keterangan *Tata Usaha*

Kementrian Kesehatan selama ini mengetahui adanya water filter,water purifier.

Terkait dengan logo Kemenkes, lawyer PT Enagic Indonesia menjelaskan bahwa

Mesin-mesin PT Enagic tidak diwajibkan memiliki izin dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Kementerian Kesehatan RI belum dapat menerbitkan izin untuk produk dalam klasifikasi alat kesehatan water ionizer seperti produk PT Enagic.

Produk-produk PT Enagic BELUM memerlukan izin dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan RI hanya dapat memberikan surat keterangan informasi produk, bahwa ini adalah mesin ionisasi air kesehatan.

Surat keterangan tersebut sifatnya bukan merupakan perizinan maupun pengakuan terhadap produk PT Enagic sebagai alat kesehatan.

Surat dalam bentuk TU (Tata Usaha) dari Kementrian Kesehatan RI memberikan sinyal bahwa Kementrian Kesehatan belum memiliki klasifikasinya.

Namun, namun,

Ada kesalahan PT Enagic mengartikan, (faktor permasalahan bahasa dan dalam mentranslate) dan belum paham tentang sebuah surat izin edar.

Bahwa surat yang ditujukan kepada PT Enagic dari Kementrian Kesehatan RI dianggap sebagai surat izin edar.

Padahal bukan surat izin edar alat kesehatan water ionizer untuk produk PT Enagic.

Dari keterangan di atas,

Baik perusahaan, maupun distributor atau mitra usaha tidak boleh menggunakan logo Kementrian Kesehatan RI dan memberikan keterangan telah diakui negara.

Setelah mendapat penjelasan dan memahami maksud surat dari Kementrian Kesehatan RI tersebut, PT Enagic Indonesia yang pernah menuliskan logo Bakti Husada dan no TU di atas box mesin Kangen Water berlangsung *hanya 2 bulan*

Setelah itu dihilangkan dan tidak melakukan lagi.

Perihal pencantuman logo Bakti Husada, no TU dan tulisan “Telah diakui negara” Antara Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dan PT Enagic Indonesia sudah clear, sudah jelas, dan PT Enagic Indonesia sudah bisa menerima penjelasan Kementrian Kesehatan sejak lama.

Tapi, informasi dan pencantuman logo Bakti Husada, no TU, dan tulisan “Diakui negara” tidak Sampai ke distributor-distributor Indonesia secara keseluruhan.

Sehingga produsen pembuat brosur terus mencantumkan logo Bakti Husada, no TU dan tulisan “Telah diakui negara” dan masih beredar luas hingga sekarang.

Hal ini dikarenakan kurang masuknya informasi perihal pelarangan tesebut.

dan sampailah informasi tersebut pada pihak Kementrian Kesehatan RI, sehingga Kementrian Kesehatan RI melakukan pemeriksaan kepada PT Enagic Indonesia. Dan melayangkan surat berita acara pemeriksaan

Isi dari surat pemeriksaan Kementrian Kesehatan RI pertama adalah :

1. Menarik *semua brosur* terkait informasi yang mengklaim bahwa produk mesin Kangen Water yang _telah diakui negara_ (Kementrian Kesehatan RI).

Ini benar harus dilakukan. Semua brosur yang mengklaim mesin Kangen Water _”telah diakui negara”_ tidak ada landasan hukumnya. Terhadap Brosur seperti ini sudah tidak boleh beredar lagi.

Isi surat pemeriksaan Kementrian Kesehatan RI ke dua adalah :

2. Menarik *semua brosur* terkait informasi yang mengklaim bahwa produk mesin Kangen Water sebagai _”medical device”_

Ini benar harus dilakukan. Semua brosur yang mengklaim mesin Kangen Water sebagai _”medical device”_ di negara Indonesia tidak ada landasan hukumnya.Terhadap Brosur seperti ini sudah tidak boleh beredar lagi. Karena Kementerian Kesehatan RI belum memiliki klasifikasi alat kesehatan mesin ionizer.

Perihal medical device yang dimiliki PT Enagic di Jepang, sebagai satu-satunya perusahan pemroduksi mesin Kangen Water yang didistribusikan ke seluruh dunia, adalah dari Kementrian Kesehatan di Jepang, serta memiliki sertifikat ISO 13485 sebagai bukti bahwa mesin Kangen Water sebagai mesin ionizer medical device.

Isi surat pemeriksaan Kementrian Kesehatan RI ke tiga adalah :

3. Tidak boleh mengklaim bahwa produk mesin ionisasi (water electrolysis) sebagai produk yang dapat _”menyehatkan dan/atau menyembuhkan”_

Ini benar. Karena hakikat Maha Penyembuh adalah Allah SWT. Yang mampu menyembuhkan hanya Tuhan. Kalimat yang bisa digunakan adalah Dapat membantu proses penyembuhan. Gunakan kata *membantu*

Karena sejatinya, Kangen Water membantu tubuh kita mencapai Homeostatis/seimbang jika hal ini terjadi pada tubuh kita maka tubuh mampu menyembuhkan dirinya sendiri.

Isi surat pemeriksaan Kementrian Kesehatan RI ke 4 adalah :

4. Untuk no 1 s.d 3 diatas, saudara segera memberikan tindak lanjut dan perbaikan kepada Direktur Pengawasan Alat Kesehatan dan PKRT, Kementrian Kesehatan RI dalam waktu 7 ( tujuh) hari sejak surat ini ditanda tangani.

Dan untuk poin 4 ini, pihak PT Enagic Indonesia telah melakukan publish melalui media koran Tempo dan Republika.

Lawyer PT Enagic Indonesia telah meeting dengan Kementerian Kesehatan RI dan semua berjalan dengan baik. Semua baik-baik saja.

Kementrian Kesehatan RI menyambut dengan baik karena respon PT Enagic Indonesia kooperatif.

PT Enagic Indonesia langsung menginformasikan kepada seluruh distributor untuk tidak melakukan sesuai isi surat dari Kementrian Kesehatan RI.

PT Enagic Indonesia melalui lawyernya memberi pernyataan sikap dan di publish melalui media cetak.

Demikian semoga bisa membantu kejelasan perihal terbitnya surat berita acara pemeriksaan dari Kementrian Kesehatan RI dalam hal ini Direktorat Jendral Kefarmasian dan Alat Kesehatan kepada PT Enagic Indonesia karena isi BROSUR yang tidak memiliki landasan hukum apa pun.

26 November 2017

Penulis : Yani Maryati (distributor PT Enagic Indonesia)

sumber : e100

Konsumen yang pernah meminum kangen water ini memberikan testimoni. “Aku konsumsi ini. Dan aku bener bner merasakan khasiatnya loh.. Apalagi pas sakit gigi atay sariawan. Saudaraku jg aku rekom kan minun ini dia diabet. Dan alhamdulillah keadaan trs membaik. Tp kok baca britanya gni. Jd kaget. Pdhal ak mrasakan bgt manfaatnya. Bgtupun tmn kntr ku. Yg gak mens sama skali stlh minum ini slang sehari langsung mens. Pdhal teman sekntor smua jg konsumsi 😄 hampir tiap hari pesan k teman (sebelah kantor) yg jual ” ujar Ersi Anggraeny di forum e100.

Maturnuwun

baca juga :

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 27 November 2017, in biarsehat and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. Menurut saya mereka berlebihan dalam mengklaim produk buatan, hanya agar booming. Banyak yang ikutan jadi Networknya, cuma sebentar udah pada tutup. Realita dilapangan sesuai pandangan saya.
    Maaf tulisan Anda boleh saya tuliskan ulang berupa pendapat saya tapi menyertakan link tulisan ini?
    Terima kasih

    Like

  2. Perasaan kangen water booming udah lama banget loh, aku jg prnh pake sekali. Tapi kok baru diteliti lagi skrg, telat bgt..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: