Advertisements

Ini alasan mengapa ada rencana harga rokok naik Rp.50.000

Harga Rokok direncanakan naik 2 kali lipat menjadi Rp.50.000 per bungkus di Indonesia. Selain karena ada kenaikan target penerimaan cukai hasil tembakau dalam APBNP 2016 ternyata ada faktor lain mengapa muncul angka harga Rp.50.000. Hal ini tidak terlepas dari sebuah kajian yang dilakukan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia beberapa waktu lalu. Yuuk disimak.harga rokok naik rp 50000 per bungkus

Siapapun tahu bahwa jumlah perokok aktif setiap tahun di Indonesia mengalami kenaikan. Hal tersebut dipicu oleh murahnya harga sebungkus rokok yang hanya sekitar Rp.20.000 saja. Akibatnya orang yang kurang mampu hingga anak-anak sekolah mudah sekali membeli rokok. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan Kepala Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Hasbullah Thabrany dan rekan-rekannya, ada keterkaitan antara harga rokok dan jumlah perokok.

Dari studi itu terungkap bahwa sejumlah perokok akan berhenti merokok jika harganya dinaikkan dua kali lipat. Dari 1.000 orang yang disurvei, sebanyak 72 persen bilang akan berhenti merokok kalau harga rokok di atas Rp 50.000.

“Dengan menaikkan harga rokok, dapat menurunkan prevalensi perokok, terutama pada masyarakat yang tidak mampu,” ujar Hasbullah dalam acara 3rd Indonesian Health Economics Association (InaHEA) Congress di Yogyakarta, Kamis (28/7/2016) malam.

Itulah alasan mantemans mengapa harga rokok direncakan naik menjadi Rp.50.000. Angka tersebut ternyata berasal dari responden yang telah diservei. Tentu alasan ini lebih mengarah ke pertimbangan kesehatan ya mantemans. Sedangkan pemerintah sendiri mengatakan bahwa cukai rokok selalu ditinjau ulang setiap tahun. Sejumlah indikator menjadi pertimbangan, yakni kondisi ekonomi, permintaan rokok, dan perkembangan industri rokok.

Monggo didiskusikan….

maturnuwun

—***\Contact KHS/***—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 19 August 2016, in biarsehat and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 94 Comments.

  1. Ini konyol namanya….
    Itu bukan rencana supaya perokok berhenti merokok, akan tetapi itu supaya merampas uang masyarakat indonesia secara tdk langsung….
    Kalau Presiden Indonesia mengsahkan harga rokok itu….
    Presiden Indonesia harus dicabut
    Ganti dgn presiden yg bisa mengerti keadaan masyarakat indonesia….

    Like

  2. menurut saya solusi untuk mengurangi pengguna rokok bukan dengan cara menaikkan 2 kali lipat, tapi harus di atur secara konkrit dalam regulasi undang-undang tentang pembatasan dan pengguna rokok, jangan sampai satu masalah di pecahkan solusunya tapi akan muncul masalah lain yang lebih besar.
    kasihan petani tembakau dan cengkeh yang merupakan sumber penghasilan utama sebagian masyarakat.
    kenaikan harga rokok yang dua kali lipat otomatis yang tidak di ikuti dengan kenaikan harga tembakau dan cengkeh akan jadi masalah baru.

    Like

    • Setuju, naikkan harga rokok dan harga tembakau serte cengkeh lokal.
      Stop impor daun tembakau dan cengkeh yang saat ini lebih dari 50%.
      Stop pengusaha asing kuasai pasar rokok Indonesia.
      95% pasar rokok lokal dikuasai pengusaha rokok asing.
      Sampoerna dibeli Philip Morris
      Bentoel dibeli BAT
      Wismilak dibeli JTI
      Belum lagi pengusaha rokok dari Korea

      Like

  3. yang merokok modar , yang tidak merokok juga modar pak! , dari pada ngurusin rokok …. urusin tu vaksin palsu!,jangan hanya mikirin keuntungan sepihak!,

    Like

    • Semua yang berdampak buruk ke rakyat kudu diurusin
      Ga cuma vaksin palsu, polusi knalpot, pabrik, dll
      Tapi juga rokok
      Biar rakyat Indonesia sehat
      Masa mau dibiarin jadi pecandu rokok, sakit-sakitan, ga produktif, mati muda, trus pengusaha rokok sejahtera…
      Yang bener aje

      Like

  4. Ini sebenernya konyol. Kalo pemerintah mengatasnamakan kesehatan emangnya penyebab utama orang ga sehat itu cuma rokok. Engga kann???!!! Tapi coba kita liat masih banyak orang yang tidak terjamin hidupnya percuma ada undang2 yang mengatur hak untuk hidup, hak untuk mendapat pekerjaan yang nyatanya pengangguran masih banyak pemetintah tidak menjamin setiap warga negara itu terlindungin. Kalo cara pemerintah untuk melindungin rakyat dengan cara menaikan harga rokok itu bukan solusi yang ada nambah masalah bakal ada penyeludupan tembakau murah dsb. Selain itu masih banyak masyarakat yang tidak mendapatkan hak hak kemanusiaàn laiñnya coba kita liĥat masyarakat di daerah yang terpencil. Pemeriñtah belum mampu menjamah mereka pemerintah belum bisa melindungin segenap bangsa indonesia. Jadi, menurut saya menaikan harga rokok itu bukalah solusi yang baik apabila pemerintah ingin meningkatkan taraf hidup yang sehat.

    Like

    • Yang konyol adalah membiarkan diri terjerat strategi candu rokok pengusaha.

      Hal lain yang buruk, juga harus…
      Go on…what do make you stop?

      Trus kita biarin rakyat jadi sapi perahan pengusaha rokok cuma gegara takut perdagangan rokok ilegal?

      Guys, cari solusi…
      Filipina ame Thailand aja bisa bikin sistem pengawasan rokok ilegal yang keren
      Kenapa Indonesia engga?

      Like

  5. m.syadiduddin syairozi

    seenaknya saja,,,kalo di naikan harganya dengan tujuan supaya rakyat kecil tidak bisa membeli rokok itu namanya negara yang tidak adil,,saya ingin bapak presiden bee kader NU yg sperti gus dur,beliau mementingkan takyat kecil,bukan membunuh rakyat dengan cara perlahan,,

    Like

    • Yang tidak adil itu, ngebiarin rakyat miskin jadi makin miskin karena ngabisin uang buat beli rokok.
      Terus dia sakit, elo mo bayarin uang perawatannya?
      Bayarin biaya hidup keluarganye?
      Lo mo jamin anak bininye dapet makanan sehat padahal bapaknye abisin uang buat beli rokok?
      Lo mo jerumusin die sekeluarga makin dalam ke lingkaran kemiskinan…
      Sadissss loe bro…

      Like

  6. ga papa naik 200 rebu jg ga papa, nanti banyak yang alih profesi dan kerja sampingan jadi maling, jgn kaget ntar klo rumah si hasbulah tabrani kerampokan,.

    Like

    • Wah, bukan mental pemimpin loe bro…
      Cari solusi..
      Jangan suka cari perkara…

      Kriminalitas meningkat tanda sistem pengendalian kriminalitasnye musti diperbaiki..
      Carilah solusi dan dorong pemerintah buat tingkatin sistemnye…
      CCTV diperbanyak, Siskamling direvitalisasi lagi, dll

      Masa lo jiper sama beginian trus korbanin generasi muda jadi perahan pengusaha rokok
      Parah lo…

      Like

  7. haha, jgn takut maaz brooo, ump ga naik rokok naik 50 rebu jgn tkt ga bisa ngrokok wa dah tau solusinya pan dokter, pegawai depkes gede gaji nya, tiap hari dipalakin aja buat beli rokok, adil kan. selamat hancur indonesia

    Like

  8. wah parah kalo naik mah.. makin banyak aja pengangguran di negara ini..

    Semoga tuhan memberkahi para pengusaha muda yang kreatif, cerdas dan berani juga tidak tergantung pada pemerintah

    salam pengusaha muda kreatif Indonesia | creatsign.com

    Like

  9. Sudahlah kenapa harus dipaksa berhenti merokok,harga rokok sekarng saja sudah lumayan mahal..
    Bagi para pecandu rokok apakah mereka akan bisa berhenti seketika… Jangan sampai karna harga rokok mahal Tindak kriminal akan semakin meningkat…
    Lebih difikirkan lagi kalo ada yg nekat hanya demi sebungkuS rokok…

    Like

  10. Harga rokok naik goblok yg mau naikkan… betul sih dia bilang dampak positifnya… tapi kau fikir juga dampak negatifnya… apa orang semuannya mampu di indonesia.. kebanyakan di indonesia rakyat miskin terutama sya… coba kalo harga rokok kalian naikan harganya apa yg terjadi..?? pasti yg terjadi ; angka kriminal meningkat.. buruh pabrik rokok banyak yg dirumahkan alias PHK otomatis pengangguran bertambah lagi sedangka lowongan pekerjaan terbatas.. danm asih bayak lagi yg akan terjadi… DAN KALIAN HARUS TAU ROKOK BUKAN SEPENUHNYA PENYEBAB TIMBULNYA PENYAKIT. BAYANG ORANG YG TDK MEROKOK MATI TERKENA SERANGAN JANTUNG. BANYAK ORANG YG TIDAK MEROKOK TERKENA KANKER. SALAM INDONESIA YANG SEBENTAR LAGI HANCUR…

    Like

  11. pikirkan pak,
    harga rokok naik 2 kali lipat, kalau tujuannya untuk kesetahan dan anak sekolah, sekarnag aja anak sekolah sudah bnyak memakai narkoba, yang harganya lebih mahal dari rokok, apa lagi nanti rokok sudah mahal, otomatis orang lebih banyak milih narkoba, dari pada roko yang tidak jauh bedanya adari harga rokok, ini malah menjadi petaka kematiaan bagi masyarakat indonesia,,,

    Like

  12. Konyool.. So.. Ngurusin kesehatan orang lain.dirinya sendiri penyakitan

    Like

  13. mungkin juga mengurangi peroko tapi menamba pencuri

    Like

  14. itu kebijakan pemerintah menaikan harga roko ,pemerintah yang memegang wewenang atas peraturan yang ada di indonesia ,silahkan pemerintah menaikan harga roko 2xlipat ,tapi hampir 80% rakyat indonesia ini perokok aktif,jika harga roko dinaikan secara drastis dan tidak bertahap itu akan menimbulkan respon negatif buat para perokok seperti saya.
    jika benar berita tersebut akan terjadi ,maka saya harus mencari kerja sampingan selain buruh pabrik yang gajihnya bisa dibilang di bawah setandar.
    ya jika kerja sampingan juga masih saja tidak mencukupi,k riminalitas solusi terakhir yang saya jalani.
    indonesia belum merdeka kawan,kami rakyat indonesia masih di jajah oleh bangsa kami sendiri.

    Like

  15. Anda berencana mengurangi perokok.

    Apakah anda bisa mengurangi para korupsi.
    Jangan cuma perokok yang bisa kalian kurangi.
    Anda harus mengurangi pertama
    1: anda harus bisa menghukum mati orang korupsi
    2: anda harus menghilangkan NARKOBA

    Like

  16. jika memang tujuan pihak pemerintah menaikan harga rokok untuk mengurangi jumlah para perokok ..maka lebih baik di hilangkan saja dengn pabrik pabriknya jangan hanya menaikan harganya saja.karena menurut saya tindakan ini hanya akan sia sia. Dan perusahaan mendapat untung yang sangat besar.

    Like

  17. Setuju sekali

    Like

  18. menyimak wacana diatas, sy pribadi jelas 50 or 50 antara setuju n gak setuju. akan tetapi rencana pemerintah jelas sepihak. apakan wakil rakyat kita mampu untuk mengatasi semua ini. kita lihat dari efek yang akan terjadi. pertama untuk perokok pasif sulit untuk menghilangkan kebiasaan dari candu rokok. kita semua sya rasa bisa berhenti merokok, tp apakah bisa melawan efeknya???.. banyak sekali efek ktika kita tiba2 berhenti merokok. antara lain timbulnya defresi, mulut terasa perih, kepala pusing dan banyak lg efek lainnya. nah apakah pemerintah ktika menaikan harga rokok berpikir seperti ini? mungkin mereka hanya bilang ” EGP”.

    Like

  19. kalo logikanya pemerintah , cara mengurangi perokok aktif dengan menaikkan harga rokok 2 kali lipat, maka seharusnya perkara korupsi yang lebih urgen bisa tuh diterapin , naikkan hukuman koruptor 2 kali lipat biar kurang tuh populasi koruptor.

    Like

  20. kalau misal yang ditakutkan perokok yang masih pelajar “dibawah umur” , beri kebijakan dengan mensosialisasikan terhadap pedagang rokok untuk melarang menjual kepada anak dibawah umur , kalau ada yang langgar langsung disanksi , kalau perlu diadakan razia terhadap perokok dibawah umur tiap hari yang pasti memakan biaya operasional ,, think again ya ?

    Like

  21. itu nanti penghasilan pabrik rokok malah jauh lebih besar kalo harga rokok sampe segitu, meski jumlah perokok turun.

    presiden jakarta sekarang yakni jokowi butuh duit buat bayar utang negara, karena sewaktu menjabat presiden jakarta isinya cuman utang mulu.

    presiden jakarta lho bukan endonesa…
    menang aja gak jelas gitu, kok mau diaku jadi presiden endonesa haha

    Like

  1. Pingback: Harga rokok tahun depan pasti naik tapi bukan Rp.50.000/bungkus | khsblog :-D

  2. Pingback: Perbandingan harga rokok di dunia, Indonesia masih lebih murah – setia1heri.com

  3. Pingback: Bangkrut atau Berhenti Merokok | Ariyadi.com

  4. Pingback: Bangkrut atau Berhenti Merokok karena harga rokok akan naik dan mahal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: