Skip to main content

5 Permasalahan Anak Usia Dini, Nomor Tiga Tantrum

KHSblog.net- 5 Permasalahan Anak Usia Dini, Nomor Tiga Tantrum. Tahukah Ayah Bunda, setiap anak memiliki beragam permasalahan di dalam proses tumbuh kembangnya.

Meski demikian, sebaiknya orang tua tidak selalu memaklumi, sebab jika dibiarkan dapat berujung memiliki kebiasaan buruk di masa depan.

Di sisi lain, pada umumnya permasalahan perilaku ini biasanya hanya sementara saja dan akan berkurang serta hilang seiring dengan perkembangan sosial emosional.

Berikut ini beberapa permasalahan anak usia dini yang bersumber dari Fatherman.id, yuk simak sampai habis.

1. Mengompol 

Mengompol terjadi karena kandung kemih anak belum tumbuh dengan baik.

Di luar itu, ada beberapa kemungkinan penyebab lainnya seperti ketidakseimbangan hormon, sembelit, mengalami stress dan kecemasan, riwayat mengompol di keluarga, atau mengalami ADHD.

2. Sulit Makan 

Masa pertumbuhan, tidak jarang menghadapi permasalahan ketika si kecil susah makan. Alasannya beragam, salah satunya adalah selera makan berubah-ubah karena adanya percepatan pertumbuhan serta aktivitas yang beragam.

Kapasitas perut yang kecil dan masalah perhatian juga bisa menjadi faktor.

3. Tantrum 

Usia satu hingga tiga tahun, anak baru belajar mengenali emosi diri yang ternyata sangat luas. Dia belum bisa mengekspresikannya dengan baik, meskipun dia memahami apa yang orang tua katakan.

Rasa frustasi ini biasanya dilakukan dengan cara tantrum. Bentuknya bisa menangis dengan kencang, berteriak, dan melempar-lempar benda yang ada di sekelilingnya.

4. Manja

Anak yang manja biasanya akan berlaku seperti itu terus menerus. Masalah manja juga dapat dilihat dari betapa bergantungnya mereka pada orang tua.
Contohnya seperti tidak bisa tidur tanpa ditemani, atau mengamuk saat harus berangkat ke sekolah atau day care.

Ketergantungan pada orang tua memang wajar namun seiring dengan bertambahnya usia, maka dia harus belajar nyaman dengan orang lain maupun saat sendirian.

5. Pemalu 

Sifat pemalu pada anak adalah sifat yang normal dan umum terjadi. Hal tersebut terjadi karena kemampuan sosialnya belum matang dan minim pengalaman dengan situasi sosial.

Dengan meningkatnya kemampuan serta pengalamannya dalam situasi sosial, sifat pemalu ini akan berangsur hilang, tapi tidak jarang berlangsung sekian lama.

Demikian lima permasalahan anak usia dini, semoga bermanfaat bagi para orang tua terutama bagi orang tua yang baru memiliki anak usia dini.

Baca juga:

[Display post tag = anak]

Tinggalkan Balasan