Skip to main content

​Cerita Inspiratif Memperingati Hari Pangan Sedunia

​Cerita Inspiratif Memperingati Hari Pangan Sedunia dari negara Jerman. Hari Pangan Sedunia diperingati setiap tahun pada tanggal 16 Oktober, tanggal ketika Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa, didirikan pada tahun 1945. Hari Pangan Sedunia didirikan oleh negara-negara anggota FAO pada konferensi umum ke-20 bulan November 1979. Berikut kisah ​Cerita Inspiratif Memperingati Hari Pangan Sedunia yang berasal dari Jerman

ilustrasi makanan

​Cerita Inspiratif Memperingati Hari Pangan Sedunia dari negara Jerman

Jerman adalah sebuah negara industri terkemuka. Di negara spt ini, banyak yg mengira warganya hidup foya2.

Ketika saya tiba di Hamburg, saya bersama rekan2 msk ke restoran. Kami lihat banyak meja kosong. Ada satu meja dimana spasang anak muda sdg makan. Hanya ada 2 piring mkanan & 2 kaleng minuman di meja mrk.
Sy bertanya dlm hati apa hidangan yg begitu simple dpt disebut romantis & apa si gadis akan meninggalkan si pemuda kikir tsb?

Kemudian ada lagi beberapa wanita tua di meja lainnya. Ketika makanan dihidangkan, pelayan membagi makanan tsb & mereka menghabiskan tiap butir makanan yg ada di piring mrk.

Karena kami lapar, rekan kami pesan lebih banyak makanan. Saat selesai, tersisa kira2 sepertiganya yg tdk dpt kami habisin di meja. Begitu kami hendak meninggalkan restoran, wanita tua yg dari meja sebelah berbicara pd kami dlm bhs Inggris, kami dan teman2 paham bhw mrk tdk senang kami memubazirkan makanan.

Lalu temanku berkata kpd wanita tua itu : “Kami yg bayar kok, bukan urusan kalian berapa banyak makanan yg tersisa“,

Wanita2 itu meradang. Salah satunya segera mengeluarkan HP & menelpon seseorang. Sebentar kemudian seorg lelaki berseragam Sekuritas Sosial pun tiba. Setelah mendengar ttg sumber msalah pertengkaran, ia menerbitkan surat denda Euro 50 (kira2 denda rp. 750.000) pd kami.

Kami semua terdiam..

Petugas berseragam tsb berkata dgn suara yg galak, :“PESAN HANYA YG SANGGUP ANDA MAKAN, UANG ITU MILIKMU TAPI SUMBER DAYA ALAM INI MILIK BERSAMA. ADA BANYAK ORG LAIN DI DUNIA YG KEKURANGAN. KALIAN TDK PUNYA ALASAN UTK MENSIA-SIAKAN SUMBER DAYA ALAM TSB.”

Pola pikir dari masyarakat di negara makmur tsb membuat kami semua malu bener, KAMI SUNGGUH HARUS MERENUNGKAN HAL INI. Kita ini dari negara yg tdk makmur2 amat. Utk gengsi, kita sering pesan byk & sering brlebihan saat menjamu org.

PELAJARAN INI MENGAJARI KITA UTK SERIUS MENGUBAH KEBIASAAN BURUK KITA.

“MONEY IS YOURS BUT RESOURCES BELONG TO THE SOCIETY.”

Jd kawan2, mari mulai mengurangi pemubadziran, krn “uang memang milikmu, tapi … ” sumber daya alam itu milik bersama “.
#Ayo direnungkan…

***

Well, semoga menjadi pelajaran bagi kita semua agar tidak serakah dengan sumber daya yang ada. Selain itu tidak menyia-nyiakan makanan di sekitar kita karena masih banyak saudara kita yang kekurangan dengan pangan.

sumber : WAG

maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

One thought to “​Cerita Inspiratif Memperingati Hari Pangan Sedunia”

Tinggalkan Balasan