Advertisements

Apakah ada manfaat reuni atau temu kangen?

Apakah ada manfaat reuni atau temu kangen?. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata reuni/re·u·ni/ /réuni/ adalah pertemuan kembali (bekas teman sekolah, kawan seperjuangan, dan sebagainya) setelah berpisah cukup lama. Hal ini jamak dilakukan khususnya satu almamater di sebuah sekolah atau kampus tertentu, tempat kerja tertenu atau pondok pesantrean. Nah adakah manfaat reuni alias temu kangen tersebut?  Tentu semua ada positif dan negatifnya brosis…

Reuni ini biasanya diberi label temu kangen, reuni akbar, silaturohim akbar dan sebagiannya yang intinya kumpul-kumpul bareng dengan teman sejawat yang dulu pernah sama-sama susah senasib, sepenanggungan dan seperjuangan. Memang tidak bisa dielakkan ketika reuni ini biasanya meskipun tidak selalu akan ada yang namanya CLBK. Tapi perlu diketahui, reuni itu bukan ajang pamer, bukan ajang mengumbar kesombongan juga bukan untuk bikin sakit teman. Atau bikin teman kita trauma hingga gak mau lagi datang ke reuni.

Mengutip tulisan di hipwee.com yang berjudul “Nikmatilah Moment “Reuni” Untuk Mengenang Masa Lalu, Bukan Untuk Pamer Kesuksesan ” yang ditulis oleh Syarif Yunus pada tahun 2016 silam terdapat beberapa pandangan mengenai manfaat dari reuni alias temu kangen ini. Menurut Prof. Ganesha, ahli jantung RS Harapan Kita: Reuni, apapun istilahnya adalah suatu upaya. Upaya mempertemukan kembali yang dulu pernah bersama, upaya mencari eksistensi diri yang mulai pupus dari memori karena di makan usia.

Bahkan Richard Paul Evans dalam bukunya Lost December menulis “The sweetness of reunion is the joy of heaven”. Menurut Dr. Priguna Sidharta, reuni selain untuk memutar longterm memori di hipocampus, juga untuk memperbaiki fungsi nucleus accumbens, bagian otak yang mengurus kesenangan. Dan kita perlu tahu, memutar kembali memori adalah satu upaya mencegah penyakit alzheimer yang memang satu saat kelak akan menghampiri tiap orang, cepat atau lambat.

Psikolog UI, Bagus Takwin, mengungkapkan pandangannya soal manfaat reuni: KENANGAN. Reuni merupakan sarana untuk melihat kembali diri kita beberapa tahun ke belakang. Dengan melihat masa lalu, seseorang akan mengerti bahwa kehidupan yang dia jalani selama ini merupakan suatu hal yang sangat penting. Setiap orang melalui kenangannya pasti akan membuat monumen-monumen dirinya agar dapat selalu mengingat bahwa dia itu berkembang.

Berikut share Tips Etika Reuni Sukses:

1. Kita hadir dalam reuni sebagai _teman yang sederajat,_ seperti waktu kita masih bersama-sama doeloe.
Peserta reuni harus memiliki jiwa besar, toleran dan mau menahan diri. Bersedia menanggalkan semua atribut dalam dirinya seperti: _jabatan, status sosial, kekayaan dll._

2. Legowo, bersedia dipanggil dan memanggil nama teman seperti waktu masih bersama-sama (sekolah/kuliah), tidak memakai embel-embel _pak, bu, komandan, boss, mas, aden, juragan, dst._

3. Jangan membuat teman lain _bad mood, minder,_ maka sebaiknya Anda tidak ceritakan _pekerjaan, keberhasilan bisnis, jabatan, status sosial, kekayaan yang dimiliki, kehebatan anak, istri anda, juga jgn bercerita kegagalan anda dll. pada forum umum (didengarkan banyak orang)._ Jika ingin berbagi cerita tentang hal ini bicarakan secara langsung/khusus pada siapa anda ingin berbagi cerita.

4.Jangan bergunjing. Berceritalah yg wajar tentang kenangan masa saat bersama-sama doeloe, seperti cerita-cerita yg saat itu tidak terceritakan.

5. Jangan _cemburu,_ jika cowok/cewek yg doeloe anda incar tampak lebih dekat dan akrab dgn teman yg lainnya, atau jgn _cemburu_ lagi jika terungkap kisah cinta cowok/cewek incaran anda, justru pada teman anda sendiri. Jadikan itu _lelucon_ masa laloe saja jangan _baper (bawa perasaan)._ Semua sdh berlalu, apalagi sekarang kita sdh memiliki keluarga msg2.

*Indikasi reuni sukses:*

1. Akan terjalin persahabatan lebih akrab & langgeng.
2. Tidak kapok datang lagi dalam reuni berikutnya.
3. Merasa bangga memiliki teman lama yg masih ramah bersahabat dan merasa dihargai sebagai teman/sahabat…
4.Menumbuhkan kepedulian karena merasa satu alumni

Manfaat reuni alias temu kangen.

1.  Menjalin kembali tali silaturahim dan saling bertukar informasi, karena kita sudah tidak pernah atau jarang ketemu lagi.

2.  Mengenang masa lalu yang sehat dan positif, karena ini terapi hati dan pikiran yang positif. Bisa terbebas dari sakit, makin rileks dan bikin ketawa. Asal hati-hati aja, gak usah pengen “kembali” ke masa lalu. Apalagi urusan mantan pacar, CLBK dan sebagainya karena itu mengganggu keharmonisan semuanya.

3.  Mengembalikan eksistensi dan kembali belajar, karena tiap orang punya eksistensi dan potensi dalam diri. Kita bisa belajar dari teman, dari pertemanan yang sebegitu lama.

4.  Memperpanjang usia, karena kita bisa mengurangi stress atau depresi. Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang banyak dikelilingi teman dan saudara,  kemungkinan meninggalnya berkurang 50 persen dibandingkan mereka yang tidak memiliki kehidupan sosial. Kehidupan sosial yang lebih baik membuat kita rata-rata hidup 3,7 tahun lebih lama. Dan ingat soal umur, penentunya bukan kita tapi Allah, kita hanya ikhtiar aja.

5.  Bekerjasama untuk amal, karena menjadi tujuan yang sangat positif dari pertemanan. Amal dan berbuat untuk sesame inilah tujuan utam reuni atau temu kangen, dimanapun dan kapanpun. Sejauh amal ini belum dilakukan, maka reuni dan temu kangen agak sulit berkembang. Karena reuni, bukan sekedar kumpul lalu bubar.

Reuni adalah salah satu jalan menyambung dan memelihara tali persaudaraan/persahabatan/silaturrahim yang sangat dianjurkan. Meskipun begitu harus tetap waspada dan hati-hati akan kejadian CLBK pasca reuni yang mengganggu keharmonisan rumah tangga yang sudah terbangun…hehehe. Tapi kalau sama-sama masih jomblo berarti saatnya pedekate lagi dan menaikkan status ke jenjang yang lebih pasti lagi, InsyaAllah SAH ! (judul film …xixixi)

sumber : WAG

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 4 July 2017, in caricara and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: