Advertisements

Jangan menerima apapun bentuk titipan ketika anda akan naik pesawat! bisa fatal akibatnya dulurr….

Halo sedulur KHSblog, sekedar mengingatkan agar jangan menerima apapun bentuk titipan ketika anda akan naik pesawat. Karena hal ini bisa fatal akibatnya bila barang titipan tersebut  berupa narkoba atau barang terlarang lainnya. Demikian sebuah tulisan oleh RK yang dipublikasikan via facebook oleh akun Kumpulan Pin olshop tanggal 4 Januari 2016 kemarin.  Peringatan ini ditujukan kepada mantemans yang mau bepergian terutama bepergian keluar negeri misalnya mau haji, umrah, perjalanan wisata atau sedang ada keperluan pribadi. 

Malaysia Airlines, Garuda Indonesia dan Saudi Arabia Airline di Kuala Lumpur Internasional Airport tahun 2015
Mantemans harus bersikap tegas dan menolak ketika ada orang yang mendekati anda untuk meminta bantuan titip barang bawaan. Biasanya hal ini terjadi ketika mantemans akan masuk untuk check in. Terlebih orang yang menitipkan merupakan orang yang tidak anda kenal sama sekali alias orang asing.  Maka untuk sementara waktu niat baik anda untuk menolong orang lain mesti dihilangkan dari pikiran. Semua demi keselamatan anda sendiri.

“Tadi saat saya check-in, tiba-tiba seorang bapak menghampiri, beliau memperkenalkan diri lalu menunjukan id card bahwa dia adalah ajudan atau protokoler seorang anggota DPR. Dia bermaksud menitipkan sebuah bingkisan punya bossnya yang menurut dia isinya sebuah sarung dan hendak menitipkannya ke bagasi saya. Dengan halus saya menolak, tapi dia maksa, dan sekali lagi secara tegas saya menolaknya, walaupun dia mulai menunjukan arogansinya sebagai seorang ajudan pejabat, saya tidak peduli. Sampai ahirnya saya minta bantuan petugas, saking keselnya ” ujar RK mengawali tulisannya.

Penulis RK ini mengungkapkan bahwa kejadian ini bukanlah kejadian pertama karena pernah waktu mau ke Qatar juga terjadi. Seorang ibu mau menitipkan bagasi karena dia kelebihan bagasi. Meskipun sang ibu sampe memelas-melas mau nitip namun penulis tidak mau dan tidak akan pernah mau. Menurutnya dalam urusan seperti ini musti super tega, demi keselamatan diri.

khsblog di kuala lumpur international airport 2015“Kalau dalam perjalanan, apalagi naik pesawat dan keluar negeri, waspadai hal seperti ini, bukan soal tega atau tidak tega, bukan pula soal tolong menolong, atau kepercayaan, tapi ini urusan serius. Kalau ternyata yang dititipkannya itu berisi barang terlarang atau bahkan narkoba, anda tidak akan bisa ngelak lagi, bagasi tersebut jelas atas nama Anda” ujarnya mewanti-wanti bagi siapapun.

Penulis RK ini pernah menonton sebuah kisah nyata yang terjadi. Ceritanya dua orang suami istri yang usianta sudah tua sedang liburan keluar negeri. Ketika mau pulang saat di bandara mereka didekati seorang wanita yang menitipkan dus berisi sepatu. Menurutnya sepatu itu untuk anak-anak mereka yang nggak sempat terbawa oleh suaminya. Karena ingin bantu kedua suami istri itu bersedia dan dus tersebut dimasukan kedalam luggage mereka lalu dimasukkan ke bagasi.

Saat menunggu boarding, tiba-tiba mereka suami istri ini dihampiri oleh 2 orang petugas. Mereka dibawa keruang pemeriksaan dan rupanya saat luggage mereka akan masuk pesawat tercium sesuatu oleh anjing pelacak. Jelas kedua suami istri tersebut bingung namun waktu luggage mereka di bongkar ternyata dalam sepatu (solnya) yang dititipkan tadi terdapat NARKOBA. “Si istri langsung histeris, suaminya ditahan dan mereka berdua tidak punya siapa-siapa di negara tersebut. Suaminya masuk penjara, nggak bisa ngelak karena bagasi itu atas nama dia” lanjutnya.

Jadi, ingatlah, apapun kondisinya jangan pernah mau terima titipan orang lain. Apalagi menjelang liburan. Waspadalah!! mantemans…….

KHS sendiri punya pengalaman sedikit terkait barang ‘titipan’ ini. Ceritanya ketika sedang dibandara KLIA [Kuala Lumpur International Airport] mau pulang ke Jakarta sehabis nonton moto GP di Malaysia, KHS dihampiri 2 orang yang memperkenalkan dari Tim Kementerian Pariwisata Malaysia.  Cowok dan Cewek ini semacam survey terkait kesan dan pesan selama di malaysia serta saran dan kritik untuk kemajuan pariwasatanya. Nah sehabis wawancara ini KHS dikasih souvenir berupa kopi yang ditaruh dalam sebuah kantung cantik.

setia1heri di KLIA tahun 2015Dan KHS pun langsung memasukkan kedalam saku celana karena gak sempat dimasukkan ke dalam tas travel. Nah ketika sampai di Bandara SHIA alias Soekarno Hatta International Airport ini langsung dideteksi pihak bandara. KHS sempat diberhentikan petugas dan ditanya ini barang apa dan darimana. KHS pun menjawab jujur kalau dapat dari Bandara KLIA dan merupakan souvenir berupa kopi. Sama petugas souvenir tadi diperiksa lebih lanjut kedalam ruangan.

KHS pun harap-harap cemas kwatir ada hal-hal yang tidak diinginkan. Selang 10 menit kemudian petugas bandara tadi keluar dari ruangan dan menyatakan bahwa souvenir tadi benar-benar kopi dan boleh dibawa pulang. Mak plong ini hati….akhirnya bisa pulang dengan selamat….hehehe.

Nah kembali ke pokok permasalahan diatas, mohon diingatkan saudara, temans, orang tua dan siapapun agar berhati-hati dengan barang titipan dari orang yang tidak dikenal ketika akan naik pesawat.

Maturnuwun

——————————————-

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 8 January 2016, in maskapai and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 8 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: