Advertisements

Kawans…Tolong hindari canda bawa BOM dikala ada di Bandara dan Pesawat Udara.

Bercanda dengan membuat orang tertawa itu memang berpahala. Namun bila bercandanya tidak pada situasi dan kondisi yang tepat maka itu sama dengan mengundang bahaya. Kasus bercanda bawa bom ketika berada di Bandara dan Pesawat Udara sebenarnya sering kali terjadi namun anehnya mengapa masih ada yang suka mengulangi. Terbaru kasus 3 penumpang pesawat Batik Air di Bandara El Tari Kupang, Sabtu (26/12/2015) pagi yang diamankan petugas keamanan Bandara.pesawat ATR Wings Air jurusan Surabaya-Jogjakarta

Mengutip wartakota.com (15/12) setidaknya sepanjang tahun 2015 telah terjadi 6 gali candaan atau gurauan, isu, iseng terkait Bom di Pesawat.

  1. Tanggal 17 April 2015, dimana pesawat Batik Air tujuan Ambon-Jakarta terpaksa batal terbang akibat mendapat ancaman bom melalui pesan pendek dari seseorang.
  2. Tanggal anggal 24 April 2015, pesawat maskapai Lion air Jakarta-Padang yang harusnya sudah tinggal berangkat terpaksa harus menurunkan penumpangnya akibat seorang amggota TNI AL bercanda di dalam pesawat bahwa ia membawa bom.
  3. Tanggal 29April 2015. Guyonan bawa bom kembali dilontarkan seorang pria paruh baya di dalam kabin pesawat Batik Air tujuan Jakarta-Palembang.
  4. Tanggal 1 Juli 2015. seorang mahasiswa swasta di kawasan Gading Serpong bernama Ilham Akbar mengirimkan email ke maskapai Singapore Airlines yang hendak bertolak dari Singapura menuju Sydney. Akibat ulah isengnya, Ilham diringkus layaknya seorang teroris sepekan kemudian oleh Tim Subdit IT dan Cybercrime Mabes Polri.
  5. Tanggal 10 Agustus, dimana maskapai Garuda Indonesia tujuan Surabaya – Jakarta diancam bom melalui fax.
  6. Tanggal 13 Desember 2015 seorang anggota DPRD Polewali Mandar Agus Pranoto bercanda kembali bawa bom ketika dalam sebuah penerbangan Batik Air dari Jakarta tujuan Makassar.

Gurauan diatas tidak lucu bukan? Ketika seseorang bercanda bawa bom maka prosedur keamanan akan bertindak cepat. Siapa yang rugi? Bagi yang bercanda bisa kena penjara 1 tahun sedangkan bagi penumpang lain tentu akan mengalami kepanikan, ketakutan dan tekanan psikologis yang lain. Dan yang pasti keberangkatan pesawat akan mengalami penundaan karena protap keamanan. Bisa dibayangkan agenda yang sudah terjadwal rapi menjadi berantakan akibat ulah iseng-canda dan gurauan ini.

Kementerian-Perhubungan-Candaan-Bom-Di-Pesawat
Sebenarnya pihak Bandara sudah mengeluarkan himbauan dan surat edaran terkait gurauan bawa bom ini sebagaimana di atur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan. Yah namun kembali masing-masing orangnya apakah dia baca dan paham gak?!.

Semoga ini kasus terakhir orang bercanda bawa bom ketika di Bandara dan Pesawat Udara.
Maturnuwun

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 27 December 2015, in maskapai and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Comments.

  1. Setoejoe… , canda hsr lihat sikon jg.. ūüôā

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: