Advertisements

5 Tol Terpanjang di Indonesia

Menurut  Data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) di Indonesia  terdapat 33 jalan tol dengan panjang total mencapai 949 kilometer yang berada di Pulau Jawa dan luar Jawa. Hal tersebut juga termasuk jalan tol terpanjang yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo pada 13 Juli 2015 , Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) kemarin. Mengutip Harian Kompas.com (12/28), diantara 33 Tol di Indonesia tersebut berikut 5 Tol Terpanjang di Indonesia hingga tahun 2015 ini.

5 tol terpanjang di Indonesia tahun 2015

5. Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang)

Jalan Tol Cipularang berada di Jawa Barat dan dibangun selama tiga tahun sejak 2003 hingga 2005. Jalan tol ini menghubungkan Kota Jakarta dan Bandung.  Panjangnya mencapai 58,5 kilometer dan menjadi tol nomor lima terpanjang di Indonesia. Jalan Tol Cipularang saat ini dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

4. Jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi)

Jalan Tol Jagorawi dibangun pada 1975 dengan dana pemerintah dan pinjaman luar negeri ini merupakan tol pertama di Indonesia.  Jalan Tol Jagorawi terbentang sepanjang 59 kilometer (termasuk jalan akses) dari Jakarta sampai Ciawi, Jawa Barat. Jalan Tol Jagorawi yang telah beroperasi sejak tahun 1987 dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk

3. Jalan Tol Tangerang-Merak

Jalan Tol Tangerang-Merak memiliki panjang total 73 kilometer. Pembangunannya dimulai pada 1985 dan berakhir pada 1996. Fungsi jalan tol ini adalah untuk memudahkan masyarakat dalam akses menuju Pelabuhan Merak. Jalan Tol Tangerang-Merak melintasi Kota dan Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang, dan Kota Cilegon.  PT Marga Mandala Sakti saat ini tercatat sebagai pengelolanya.

2. Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Jalan tol terpanjang di Indonesia nomor dua ditempati Jalan Tol Jakarta-Cikampek.  Mulai beroperasi semenjak tahun 1988, jalan tol ini dirancang sepanjang total 83 kilometer (termasuk jalan akses) dan melintasi Jakarta Timur, Kota dan Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, dan Kabupaten Purwakarta. PT Jasa Marga (persero) Tbk merupakan pengelolanya.

1. Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali)

Jalan Tol Cipali menjadi yang terpanjang di Indonesia, 116,75 kilometer. Jalan tol ini diresmikan pada 13 Juli 2015 dan sudah beroperasi sejak arus mudik Lebaran tahun 2015. Jalan Tol Cipali merupakan bagian dari sistem jalan Tol Trans Jawa dan melintasi lima kabupaten di Jawa Barat, yakni Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon. Kini, Jalan Tol Cipali dikelola PT Lintas Marga Sedaya (LMS).

Nah sudah tahu kan mantemans 5 Tol Terpanjang di Indonesia dimana semuanya berada di Pulau Jawa….hehehe.

Maturnuwun

sumber : kompas

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 28 December 2015, in justinpoh and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 8 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: