Skip to main content

Penghujung Tahun Dharma Wanita Persatuan Dispendik Kota Surabaya Berikan Apresiasi Siswa dan Guru Berprestasi, Begini Keseruannya

Penghujung Tahun Dharma Wanita Persatuan Dispendik Kota Surabaya Berikan Apresiasi Siswa dan Guru Berprestasi, Begini Keseruannya

KHSblog.net-Surabaya, 30 Desember 2023 Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dispendik Kota Surabaya menggelar acara pemberian Apresiasi Siswa dan Guru Berprestasi, bertempat di Graha YKP Jl. Medokan Asri Utara No.39, Medokan Ayu, Kecamatan Rungkut, Surabaya.

Gelaran acara kali ini sengaja disiapkan dalam rangka HUT Dharma Wanita Persatuan ke 24 dan Hari Ibu Tahun 2023.

Acara pembuka tari sparkling Surabaya mengisi event HUT Dharma Wanita Persatuan ke 24 dan Hari Ibu disusul kemudian tarian Kelelawar persembahan dari SDN Ketintang 1.

Sambutan perdana oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan Dispendik Kota Surabaya oleh Irma Yusuf Masruh ditemani Kadisdik menaiki podium.

Dalam sambutannya Irma Yusuf yang baru saja recovery dari rumah sakit pasca operasi menyampaikan terimakasih mendalam untuk segenap jajaran pengurus, dinas serta support dari wali murid seluruh kota Surabaya.

“Terimakasih bapak dan ibu orang tua berprestasi bisa hadir meskipun masih di hari liburan terimakasih atas support acara pada hari ini,” ujar Irma Yusuf Masruh.

“Keberhasilan kerja DWP Dispendik tentunya tidak lepas dari support semua pihak. Selama dua tahun ini,Jumlah anggota 400 orang. Ada event PHBI dan PHBN. Juga melakukan bantuan sosial kepada sekolah Adityawarman terdampak kebakaran,” lanjut Irma Yusuf.

Kali ini Dharma Wanita Persatuan Dispendik Kota Surabaya memberikan apresiasi tidak hanya siswa sekolah formal tetapi juga PKBM baik negeri dan swasta. Ada 1.470 anak dan 25 guru. Yang hadir kali ini 400 an siswa dan guru karena dengan segala keterbatasan.

“Ke depan di tahun 2024, bulan Februari akan ada pelatihan e-reporting untuk admin sekolah. Semua sekolah menginput sendiri kegiatannya. Selain ini, ada juga workshop parenting transisi PAUD ke SD. Kalau Dinas dari sisi akademik, kami dari sisi yang lainnya. Keputrian di sekolah akan didampingi oleh DWP sekolah masing-masing,” pungkas Irma Yusuf dalam sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan persembahan Line Dance oleh gabungan guru SD dan SMP Surabaya. Persembahan apik ini merupakan Juara 1 line dance pada peringatan Hari Guru Nasional 2023.

Pemberian apresiasi kepada siswa dan guru berprestasi secara simbolis kepada dua guru dan empat siswa yang langsung diserahkan oleh Dr. Ikhsan SPsi MM selaku Sekretaris Daerah Kota Surabaya bersama Shinta Setia Ikhsan yang mewakili Walikota Surabaya pada event kali ini.

Berikutnya yang tak kalah istimewa adalah acara surprize dari tim Dispendik yaitu pembacaan puisi untuk para ibu hebat yang hadir. Diiringi backsound lagu bunda serta film pendek kisah nyata perjuangan bunda Lilik membesarkan 4 anak, satu putranya yang berkebutuhan khusus hingga mengantarkannya sukses ke jenjang S2 serta 3 putranya yang juga berhasil meraih cita-citanya.

Hadirin nampak menyeka air mata menyimak video pendek kisah perjuangan bunda Lilik, dan mendengarkan pesan langsung yang disampaikan oleh Fauzi di depan panggung.

“Ummahatul madrasatul ula, ibu adalah sekolah pertama bagi anak-anaknya dan alhamdulillah Fauzi bersyukur ditakdirkan menjadi anaknya hingga sampai sekarang ini,” ujar Fauzi kepada seluruh undangan yang hadir.

Bapak Ikhsan selaku Sekda Bersama Ibu Shinta Setia Ikhsan memberikan apresiasi kepada bunda Lilik yang menginspirasi perjuangan seorang ibu (single parent) dalam mendidik keempat anaknya meraih kesuksesan.

Dilanjutkan dengan sesi sambutan dari Ketua Dharma Wanita Kota Surabaya Shinta Setia Ikhsan, beliau menyampaikan bahwa bunda Lilik adalah sosok inspiratif yang menjadi kunci sukses keluarga. Sesuai dengan tema HUT Dharma Wanita Pusat kali ini yaitu Peran Strategis Perempuan Dalam Pembangunan Berkelanjutan dalam Suasana Penuh Kebersamaan.

“Peran strategis perempuan dimulai dari rumah. Rumah terdiri dari dua aspek. Lingkungan fisik dan non fisik. Lingkungan fisik yaitu bersih, rapi dan wangi segala kebutuhan ada di rumah. Lingkungan non fisik adalah interaksi antar anggota keluarga, di Al-Qur’an surat Maryam dan hadist Nabi. Ibu punya peran strategis. Kita ini jantungnya keluarga,” ujar Shinta.

Ibu juga supporter terbaik untuk keluarganya.

“Sebagai supporter terbaik untuk keluarga, ibunya tenang tidak emosi jiwa maka dipastikan, setelah urusan di rumah beres maka berikan kontribusi ke Masyarakat,” lanjut Shinta selaku Ketua DWP Kota Surabaya.

Shinta juga berharap semoga kita selalu bisa menyatu untuk bisa memberikan kemanfaatan. Doa untuk Surabaya agar menjadi kota yang baldatun thoyyibatun wa rabbun ghofur (Q.S Saba ayat 15)

“Kota yang penuh kebaikan, kota yang dirahmati Allah, kota yang keluarganya bisa berlomba memberikan kebaikan,” pungkas Shinta Setia Ikhsan dalam sambutannya.

Sedangkan pesan Sekda Dr. Ikhsan SPsi MM kepada anak-anak yang hadir memberikan tips agar sukses seperti kisah bunda Lilik di awal tadi.

“Biar jadi sukses, belajar yang rajin, berdoa, manut sama ortunya dan manut sama guru kita,” pesan Ikhsan yang pernah menjabat Kepala Dispendik.

“Bagaimana setiap orang harus punya tantangan kalau mau maju dan sukses, setiap orang punya ‘hiu’nya masing-masing. Sebagaimana ‘hiu’nya Bunda Lilik, pengen anak-anak sukses kerja di tempat yang bagus ,dst. Maka cari hiunya masing-masing agar tidak lemes, setiap bangun tidur kita semangat untuk sukses,” ujar Ikhsan.

Rangkaian acara berakhir di pukul 11.00 WIB, kejutan spesial dari pengurus Dharma Wanita Persatuan Dispendik Kota Surabaya untuk Bunda Irma Yusuf  dan  Kadisdik Yusuf Masruh yang bertepatan juga ulang tahun empat hari yang lalu, selisih dua hari saja.***

Maturnuwun

baca juga :

Tinggalkan Balasan