Advertisements

Jomblo : #2018 Ganti Status

Jomblo: #2018 Ganti Status. Lagi ramai di media sosial hastag alias tandapagar #ganti. Mulai dari ganti presiden, ganti hape, ganti bini, ganti sepatu hingga ganti status. Nah khusus Jomblowan dan jomblowati harusnya juga memiliki keinginan untuk ganti status yang lebih baik yah. Nah berikut catatan Jomblo : #2018 Ganti Status dari dengerin Radio SAM FM Brosis…Mongo disimak…

Menyimak dialog pra nikah dari salah satu radio muslim bernama Sam FM. Rutin setiap malam minggu dialog pranikah ini di on-air kan. Dipandu oleh penyiar radio yang bersuara kalem serta ditemani oleh narasumber berkompeten dalam ihwal pra nikah. Tema yang diangkatpun menarik menggelitik khususnya untuk para jomblo. Temanya #2018 Ganti Status. Berikut ini  hasil menyimak siaran udara  dan menuangkannya di tulisan blog kali ini. Monggo brosist yang masih pada berstatus jomblo bisa disimak.

Sebagaimana sempurnanya agama islam, islam menganjurkan dalam aspek menjemput jodoh juga harus sesuai tuntunan islam. Dalam hal mengikhtiarkan jodoh Rasulullah SAW berpesan bahwa wanita dinikahi karena 4 perkara: hartanya, kecantikan, keturunan, dan karena agamanya. Hendaknya dipilih karena agamanya sebagai pondasi yang utama untuk memilih pasangan hidup.

Bagaimana sebaiknya menjemput jodoh yang sesuai tuntunan islam? Kuncinya adalah perlu ikhtiar. Allah tidak akan mengirimkan jodohnya apabila tidak diikhtiarkan untuk mengganti status dari jomblonya.Ikhtiar yang sungguh-sungguh.

Bulan syawal banyak yang menikah, banyak juga yang jomblo sedang menanti jodohnya. Nah, kalo sekarang lagi marak beredar hastag: #2019 ganti presiden, sekarang kita yang jomblo harusnya punya hastag juga:  #2018ganti status. Agar dengan hastag tersebut memotivasi untuk segera berikhtiar mengganti statusnya di tahun ini. Tujuan dibahasnya tema #2018 ganti status on-air kali ini diantaranya adalah apabila Allah belum mempertemukan jodohnya maka para jomblo harus tetap ikhtiar, tentunya ikhtiar yang sungguh-sungguh. Agar nantinya mendapat jodoh terbaik. Terbaik di mata Allah tentunya.

Jodoh itu memang takdir, ketentuan Allah yang harus diikhtiarkan. Apabila memiliki seorang anak perempuan di dalam keluarga, maka peran sang ayah untuk berikhtiar. Jodoh yang baik itu merupakan bagian rizki yang diberikan dari Allah SWT. Sebagaimana upaya kita mencari rizki materiil, maka demikian halnya dengan pasangan hidup yang juga harus terus diupayakan. Maka dari itu dibutuhkan penyemangat menuju upaya yang sungguh-sungguh itu. Kesungguhan untuk berganti status pun dibutuhkan kiat-kiat yang tidak bertentangan dengan syariat yang Allah tetapkan.

Ada yang ketika berumah tangga kesekian tahun terjadi keretakan. Ternyata ketika ditelisik ada kekurangpahaman ketika proses di awal. Konflik yang muncul meskipun sederhana ketika dibiarkan menjadi hal yang rumit. Termasuk juga ketika ada hal-hal yg mis.

Bagaimana ikhtiarnya agar segera berganti status jomblonya? Perlu ikhtiar yang simultan. Berupaya yang diiringi dengan do’a. Mendekat kepadaNya.

Nasehat ulama;

Kalo kita dekat dengan yang memiliki dunia, maka kita akan mendapatkan semua. Tentu itu bukan tanpa ikhtiar. Lebih mendekat kepada Allah. Selepas ramadhan jombo lebih intens amaliyahnya. Infaqnya, sholat malamnya, dll. Ikhtiar simultan. Kalo memang belum berhasil, dan belum jodohnya,maka serahkan hasilnya kepada Allah.Yang pasti harus tetap ikhtiar.Melalui broker jomblo sebagai mediator.

Dalam hal berikhtiar berhati-hati dengan prosesnya. Dibiarkan komunikasi sendiri. Tanpa mediator lagi. Dengan adanya mediator ada yang mengawal proses . Jangan bergerak sendiri. Ada pengarahan. Ibaratnya seperti mengerjakan skripsi, harus ada dosen pembimbing.

Ketika tidak berhasil jangan baper, jangan berhenti, tak berputus asa. move on. Ada yang sampai puluhan kali Allah baru pertemukan jodohnya. Proses di jangka waktu yang panjang karena Allah menguji dan memberikan yang terbaik.

PHP, kenapa kok demikian? Ini berarti tidak ada mediator, tidak ada yg mengawal. Mediator harus tegas tapi penuh dengan kelembutan. Agar komunikasinya tidak terlalu jauh diantara keduanya. Main perasaan dan semakin jauh. Akhirnya merasa disakiti. Jadi prosesnya dikoreksi kembali.

Dibalik ikhtiar itu ada pelajaran: kesabaran, istiqomah dan ada ikhlas

Bentuk ikhtiar  itu luas, tawakal itu bagian dari ikhtiar. Ganti status jomblo dengan bersungguh-sungguh ikhtiar, baik itu ikhitiar vertikal :tawakal, tahajud, infaq, dst dan ini hanya berharap ridhoNya, efek sampingnya mendapat jodoh terbaik. Lantas perlu ikhtiar horizontal yaitu silaturrahim.

Tema ini sengaja diangkat (tema #2018 ganti status) harapannya adalah mampu memberikan motivasi jomblo-an agar tetap yakin dengan terus berikhtiar untuk menjemput jodohnya. Jodoh dunia akhirat.(NRA)

#2018gantistatus

#jombloikhtiar

#Jodohduniaakhirat

Maturnuwun

baca juga :

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 9 July 2018, in inspiring and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: