Skip to main content

Tata cara sholat gerhana brosis

Tata cara sholat gerhana brosis. Nanti malam ada Gerhana Bulan brosis.. Bagi mantemans yang muslim jangan lupa Sholat Gerhana (khusuf al-qomar)  ya gans. Gerhana bulan nanti malam yakni gerhana bulan parsial atau gerhana bulan sebagian. Gerhana bulan tersebut akan terjadi nanti malam, Senin (7/8/2017) hingga Selasa (8/8/2017). Menurut BMKG, Gerhana Bulan Sebagian ini berdurasi sekitar 5 jam 4,9 menit. Bermula dari pukul 22.50 WIB dan puncaknya akan terjadi pukul 01.20 pada 8 Agustus 2017.
Gerhana Bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Gerhana bulan sebagaiaman gerhana matahari merupakan fenomena alam. Bagi kaum muslim disunnahkan untuk melakukan sholat Sholat Gerhana (khusuf al-qomar). Sekilas sholat gerhana ini sebanyak 2 rakaat dengan 2 kali bacaan alfatihah dan surat al-qur’an sebelum sujud.

Dari Mughirah bin Syu’bah, ia berkata,”Telah terjadi gerhana matahari pada zaman Rasulullah Saw (yaitu) pada hari wafatnya Ibrahim (putra Nabi). Kemudian orang-orang berkata,’Terjadinya gerhana matahari itu karena wafatnya Ibrahim. Lalu Rasulullah Saw bersabda,’Sesungguhnya matahari dan bulan itu tidak gerhana karena wafatnya seseorang dan tidak karena hidupnya seseorang. Apabila kalian melihat (kejadian gerhana), maka
shalatlah dan berdoalah kepada Allah. (Shahih Al-Bukhari, I:228 No.1043).

TUNTUNAN SHALAT GERHANA

Nabi Muhammad Saw mengajarkan kepada kita tuntunan syariat yang mulia ketika terjadi gerhana matahari maupun gerhana bulan, antara lain yaitu:

  1. Menghadirkan rasa takut kepada Allah saat terjadinya gerhana matahari dan bulan, karena peristiwa tersebut mengingatkan kita akan tanda-tanda kejadian hari kiamat, atau karena takut azab Allah diturunkan akibat dosa-dosa yang dilakukan.
  2. Mengingat apa yang pernah disaksikan Nabi Muhammad Saw dalam shalat Kusuf. Diriwayatkan bahwa dalam shalat kusuf, Rasulullah Saw diperlihatkan oleh Allah surga dan neraka, bahkan beliau ingin mengambil setangkai dahan dari surga untuk diperlihatkan kepada mereka. Beliau juga diperlihatkan berbagai bentuk azab yang ditimpakan kepada ahli neraka. Karena itu, dalam salah satu khutbahnya selesai shalat gerhana, beliau bersabda, “Wahai umat Muhammad, demi Allah, jika kalian mengetahui apa yang aku ketahui, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis.” (HR. Muttafa alaih).
  3. Menyeru dengan panggilan “Asshalaatu Jaami’ah“. Maksudnya adalah panggilan untuk melakukan shalat secara berjamaah. Aisyah meriwayatkan bahwa saat terjadi gerhana, Rasulullah Saw memerintahkan untuk menyerukan “Ashshalaatu Jaami’ah” (HR. Abu
    Daud dan Nasa’i) Tidak ada azan dan iqamah dalam pelaksanaan shalat gerhana. Karena azan dan iqamah hanya berlaku pada shalat fardhu yang lima.
  4. Disunahkan mengeraskan bacaan surat, baik shalatnya dilakukan pada siang atau malam hari. Hal ini dilakukan Rasulullah Saw dalam shalat gerhana (HR. Muttafaq alaih).
  5.  Shalat gerhana sunah dilakukan di masjid secara berjamaah. Rasulullah Saw selalu melaksanakannya di masjid sebagaimana disebutkan dalam beberapa riwayat, akan tetapi boleh juga dilakukan seorang diri. (Lihat: Al-Mughni, Ibnu Qudamah, 3/323).
  6. Wanita boleh ikut shalat berjamaah di belakang barisan laki-laki. Diriwayatkan bahwa Aisyah dan Asma ikut shalat gerhana bersama Rasulullah Saw. (HR. Bukhari).
  7. Disunahkan memanjangkan bacaan surat. Diriwayatkan bahwa Rasulullah Saw dalam shalat gerhana memanjangkan bacaannya. (HR. Muttafaq alaih). Namun hendaknya tetap mempertimbangkan kemampuan dan kondisi jamaah.
  8. Disunahkan menyampaikan khutbah setelah selesai shalat, berdasarkan perbuatan Nabi Muhammad Saw bahwa beliau setelah selesai shalat naik ke mimbar dan menyampaikan khutbah (HR. Nasa’i). Sejumlah ulama menguatkan bahwa khutbah yang disampaikan hanya sekali saja, tidak dua kali seperti shalat Jumat. Sebagian ulama menganggap tidak
    ada sunah khutbah selesai shalat, akan tetapi petunjuk hadits lebih menguatkan disunahkannya khutbah setelah shalat gerhana.
  9. Dianjurkan memperbanyak istighfar, berzikir dan berdoa, bertakbir, serta berlindung kepada Allah dari azab neraka dan azab kubur.

Tatacara shalat Gerhana sebagai berikut :

  1. Berniat di dalam hati;
  2. Takbiratul ihram yaitu bertakbir sebagaimana shalat biasa;
  3. Membaca do’a iftitah dan berta’awudz, kemudian membaca surat Al Fatihah dilanjutkan membaca surat yang panjang (seperti surat Al Baqarah) sambil dijahrkan (dikeraskan suaranya, bukan lirih) sebagaimana terdapat dalam hadits Aisyah: “Nabi Saw. menjaharkan (mengeraskan) bacaannya ketika shalat gerhana.”(HR. Bukhari no. 1065 dan Muslim no. 901);
  4. Kemudian ruku’ sambil memanjangkannya;
  5. Kemudian bangkit dari ruku’ (i’tidal) sambil mengucapkan “Sami’allahu Liman Hamidah, Rabbana Wa Lakal Hamd”;
  6. Setelah i’tidal ini tidak langsung sujud, namun dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah dan surat yang panjang. Berdiri yang kedua ini lebih singkat dari yang pertama;
  7. Kemudian ruku’ kembali (ruku’ kedua) yang panjangnya lebih pendek dari ruku’ sebelumnya;
  8. Kemudian bangkit dari ruku’ (i’tidal);
  9. Kemudian sujud yang panjangnya sebagaimana ruku’, lalu duduk di antara dua sujud kemudian sujud kembali;
  10. Kemudian bangkit dari sujud lalu mengerjakan raka’at kedua sebagaimana raka’at pertama hanya saja bacaan dan gerakan-gerakannya lebih singkat dari sebelumnya;
  11.  Salam.

Setelah itu imam menyampaikan khutbah kepada para jama’ah yang berisi anjuran untuk berdzikir, berdo’a, beristighfar, sedekah

sumber : TUNTUNAN SHALAT GERHANA oleh Kemenag RI

Well, demikianlah mantemans fenomena gerhana dan tata cara sholat gerhana bagi shobat muslim.

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

 

 

One thought to “Tata cara sholat gerhana brosis”

Tinggalkan Balasan