Skip to main content

Rahasia Penentu Kenyamanan Rumah

KHSblog.net-Rahasia Penentu Kenyamanan Rumah. Rumah adalah sumber inspirasi bagi setiap anggota keluarga. Rumah adalah tempat kembali bagi setiap anggota keluarga untuk saling melepas rindu pasca beraktivitas sehari penuh. Rumah sebagai sumber energi baru untuk menguatkan semua anggota keluarga.

 

Rahasia Penentu Kenyamanan Rumah
pradipta setyana maulida

Nah, agar rumah kita nyaman bagi semua anggota keluarga berikut ini adalah rahasia yang sangat menentukan kenyamanan rumah.

Menurut ustad Aunur Rafiq Saleh Tamhid faktor yang sangat menentukan kenyamanan tempat tinggal adalah tersebarnya rahmat Allah di dalamnya.

Sekalipun gua itu sempit, tetapi tersebarnya rahmat Allah di dalamnya membuatnya menjadi nyaman hingga mereka bisa tidur ratusan tahun. (kisah ashabul kahfi).

Tersebarnya rahmat Allah ini membuat semua urusan menjadi mudah dan berdayaguna. “Dan menyediakan sesuatu yang berguna bagimu dalam urusanmu”

Agar tersebar rahmat Allah di dalam rumah, bacalah Al-Qur’an di dalamnya setiap hari karena Al-Qur’an adalah rahmat Allah.

QS. Al-Isra ayat 82:

وَنُنَزِّلُ مِنَ الۡـقُرۡاٰنِ مَا هُوَ شِفَآءٌ وَّرَحۡمَةٌ لِّـلۡمُؤۡمِنِيۡنَ‌ۙ وَلَا يَزِيۡدُ الظّٰلِمِيۡنَ اِلَّا خَسَارًا‏
Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zhalim (Al-Qur’an itu) hanya akan menambah kerugian.

Mengadakan majelis ilmu dan zikir di rumah karena bisa mengundang datangnya para malaikat rahmat. (HR. Bukhari 6408)

Lakukan shalat-shalat sunah di rumah karena bisa menghilangkan keangkeran rumah.

Laksanakan sebagain shalatmu di rumah dan janganlah kamu membuat rumahmu seperti kuburan” (HR. Muslim 777)

Shalat sunah di rumah juga bisa mendatangkan kebaikan dan keberkahan bagi rumah.

Apabila salah seorang telah menunaikan shalatnya di masjid, hendaklah ia melaksanakan sebagian shalatnya (shalat sunah) di rumahnya karena Allah menjadikan kebaikan dari shalat di rumahnya tersebut.” (HR. Ahmad 11567)

Ucapkan salam secara lengkap ketika memasukinya karena di dalam ucapan salam ini ada permohonan rahmat dan berkah di dalamnya.

Jauhkan rumah dari segala bentuk kemungkaran agar tidak menghalangi masuknya rahmat Allah. Bebaskan rumah dari patung dan anjing karena bisa menghalangi masuknya malaikat Rahmat ke dalam rumah. (HR. Muslim 2106).

baca juga :

Tinggalkan Balasan