Skip to main content

Tips untuk Selalu Bisa Sholat Tahajjud

KHSblog.net- Tips Untuk Selalu Bisa Sholat Tahajjud. Salah satu amalan istimewa dalam agama Islam adalah ibadah sholat Sunnah. Sholat Sunnah bisa dipilih untuk ditunaikan dengan konsisten diantaranya ada sholat Sunnah rawatib, sholat sunnah duha, sholat Sunnah tahiyatul masjid serta ada juga sholat Sunnah tahajjud.

Tips untuk Selalu Bisa Sholat Tahajjud

Amalan istimewa melalui ibadah sholat Sunnah ini tak hanya berbuah ganjaran Surga bagi muslim yang menunaikannya, namun menjadikan pribadi yang kian dicintai oleh orang-orang di sekitarnya. Tersebab sholat tahajjud yang sudah biasa ditunaikannya setiap malamnya, kedekatannya dengan Sang Pencipta menjadikan semakin bijak, tenang  dalam menyelesaikan urusan dunianya.

Nah, bagi Anda yang berkeinginan menunaikan sholat Sunnah tahajjud namun selalu terhenti hanya pada niat dan belum bisa merealisasikannya, berikut ini ada tips bagaimana agar Anda selalu bisa sholat Sunnah tahajjud.

Tips ini ditulis oleh Satria Hadi Lubis.

Yuk simak sampai tuntas di akhir tulisan.

“Dan pada sebagian malam hari bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji” (QS. Al Israa’ ayat 79).

SHOLAT tahajud memiki banyak sekali manfaat, juga keutamaan. Diantara manfaat dan keutamaan sholat tahajud adalah ditempatkan ke tempat yang terpuji dalam urusan dunia dan akhirat, jalan meraih ridha Allah, dikabulkannya doa-doa dan juga pencegah dari berbuat dosa. Bahkan, saking banyaknya keutamaan dan manfaat sholat tahajud ini, Rasulullah saw hampir tidak pernah meninggalkan sholat tahajud.

Lantas bagaimana tips agar bisa selalu melaksanakan sholat tahajud setiap malam?

1. Niatkan dengan sungguh-sungguh sebelum tidur bahwa nanti di sepertiga malam akan bangun untuk sholat tahajud. Hal ini untuk mengaktifkan alam bawah sadar kita agar siap terjaga di sepertiga malam.

2. Tidur jangan terlalu malam. Idealnya tidur paling lambat jam 10 malam. Insya Allah di sepertiga malam akan bangun dengan sendirinya, mungkin karena ingin buang air kecil, minum atau alasan lainnya.

3. Setel alarm sesuai dengan waktu yang kita kehendaki untuk tahajud. Kalau bisa setel dalam tiga waktu berbeda, sehingga jika tidak terbangun pada bunyi alarm pertama, kita masih bisa terbangun karena bunyi alarm kedua atau ketiga.

4. Lebih baik lagi tidur dalam kondisi suci karena berwudhu dulu dan membaca doa sebelum tidur.

5. Jika sangat mengantuk, tidak mengapa jika sholat tahajud hanya 2 rakaat lalu ditutup 1 rakaat witir, bahkan 1 rakaat witir juga tidak mengapa.

Atau jika kuatir sulit terbangun karena tidur terlalu malam atau sangat lelah bisa juga sholat tahajud dilakukan sebelum tidur seperti yang dilakukan sahabat Abu Bakar shiddiq ra (namanya sholat qiyamul lail).

Jika tidak mempan juga lima tips di atas, maka menangislah dan minta ampun kepada Allah karena dosamu terlalu banyak, sehingga memberati matamu.

Juga karena engkau belum dipilih Allah sebagai ibadurrohman (hamba dari Tuhan yang Maha Pengasih) :

وَعِبَادُ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلَّذِينَ يَمۡشُونَ عَلَى ٱلۡأَرۡضِ هَوۡنٗا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ ٱلۡجَٰهِلُونَ قَالُواْ سَلَٰمٗا

وَٱلَّذِينَ يَبِيتُونَ لِرَبِّهِمۡ سُجَّدٗا وَقِيَٰمٗا

Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan “salam,” dan orang-orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah kepada Tuhan mereka dengan bersujud dan berdiri (TAHAJUD)” (Q.S. al Furqon ayat 63-64).

Catatan:
Sebagian orang ada yang caranya dengan menunda waktu sholat Isya sampai sepertiga malam dan digabung dengan sholat tahajjud. Cara ini tidak disarankan karena kuatir sholat isyanya bisa kebablasan karena tak terbangun. Selain itu juga ada ikhtilaf tentang kapan akhir sholat isya. Ada ulama yang mengatakan tengah malam (sekitar jam 24.00) dan ada juga yang mengatakan sampai terbit fajar.

Maturnuwun

baca juga :

2 thoughts to “Tips untuk Selalu Bisa Sholat Tahajjud”

Tinggalkan Balasan