Advertisements

13 fitur tersembunyi dari aplikasi WhatsApp

13 fitur tersembunyi dari aplikasi WhatsApp. Aplikasi WA sudah menjadi hal yang jamak dalam komunikasi saat ini baik untuk urusan kerja, keluarga, hobby maupun reuni. Hampir setiap saat Whatsapp selalu melakukan pembaruan platform dengan segala fiturnya. Nah terbaru terdapat 13 fitur tersembunyi dari aplikasi WhatsApp yang bisa kita coba brosis. Monggo disimak …

Mengutip tribunstyle.com (23/6), berikut 13 fitur tersembunyi dari aplikasi WhatsApp

1. Membatalkan Pesan Terkirim

Kita dapat membatalkan pesan yang tidak dikehendaki namun sudah terlanjur terkirim. Caranya cukup gampang : Ketuk pesan yang terkirim, kemudian tahan. Lalu, pilih hapus dan pilih ‘Hapus untuk Semua Orang’. Ingat, Fitur ini hanya berlaku kurang tujuh menit setelah pengiriman.

2. Menghilangkan Tanda Centang Biru

Tanda centang biru WhatsApp muncul ketika pesan yang dikirim telah dibaca, tetapi pengguna dapat menonaktifkannya. Hal ini bisa berguna jika pengguna tak ingin diketahui orang lain jika sudah membaca pesannya. Caranya: pergi ke Pengaturan> Akun> Privasi> Baca Tanda Terima.

Namun, perlu diingat, pengguna akan kehilangan kemampuan untuk melihat kapan pesan yang pengguna kirim sendiri telah dibaca. Cara lain yang lebih fiddly untuk membaca pesan Anda tanpa menghilangkan centang biru, adalah mengaktifkan Mode Pesawat sebelum membuka pesan Anda.  Catatan : ingatlah untuk menutup aplikasi sebelum mematikan Mode Pesawat.

3. Sembunyikan Status Online Terakhir (Last Seen)

WhatsApp mengizinkan pengguna saling melihat waktu online terakhir masing-masing. Namun bila hal ini dirasa mengganggu privasi, Anda bisa menyembunyikan tanda “last seen” tersebut. Caranya, pilih menu Setting, kemudian pilih tab Account dan Privacy. Pengguna akan menemukan bila bertuliskan “Last Seen”. Pilihlah tab tersebut, maka akan muncul pilihan lain secara pop-up.

Pengguna tinggal memilih Everybody agar semua orang bisa melihat “Last Seen” tersebut, pilih My Contact supaya hanya orang dalam buku kontak saja yang bisa melihat, atau pilih Nobody agar tidak ada satu pun yang bisa melihat informasi tersebut.

4. Menghentikan Download Otomatis

Biasanya berbagai foto dan media yang dikirimkan melalui WhatsApp akan otomatis terunduh. Hal ini mengakibatkan konsumsi daya yang cukup besar, selain juga menghabiskan paket data. Pengguna bisa mengubah pengaturan agar semua media yang diterima nomor WhatsApp Anda tidak otomatis terunduh. Caranya, masuk ke menu Setting, dan pilih Data Usage.

Di dalamnya ada tab bertuliskan Media Auto Download yang berisi pengaturan untuk unduhan otomatis tersebut. Ada tiga tab, yaitu When using mobile data, When connected on WiFi, atau When roaming. Pada masing-masing tab bisa dipilih media apa saja yang akan diunduh otomatis atau tidak diunduh sama sekali.

5. Pemberitahuan Khusus

Jika Anda mengharapkan pesan WhatsApp penting dari seseorang, tetapkan pemberitahuan khusus untuk mereka dengan membuka obrolan, ketuk nama mereka di bagian atas dan tekan Pemberitahuan Khusus.

6. Berikan Tanda Bintang

Pengguna bisa memberikan tanda bintang pada setiap percakapan yang ada pada WhatsApp. Tanda ini berguna untuk mencatat berbagai informasi penting, seperti alamat rumah atau nomor telepon. Caranya, pilih pesan yang ingin ditandai, sentuh dan tahan selama beberapa detik.

Akan muncul tanda bintang pada header WhatsApp, tepat disamping ikon “delete”. Pilihlah tanda bintang tersebut. Bila ingin melihat berbagai pesan yang sudah ditandai bintang, Anda cukup sentuh menu titik tiga di sudut kanan atas. Selanjutnya pilih tab bertuliskan “Starred messages”.

7. Beri Tanda Pin

Pengguna dapat menandai obrolan dari kontak dan grup untuk ditempatkan paling atas. Caranya: mengetuk dan menahan obrolan, lalu menekan ikon pin.

8. Mute Percakapan

Mute sangat bermanfaat untuk membungkam bunyi notifikasi pesan masuk dari seorang teman atau percakapan grup yang sering berisik. Caranya: Untuk me-mute, pengguna Android bisa menekan chat agak lama, lalu ketuk ikon speaker silang di bagian atas layar. Sementara pengguna iPhone harus membuka percakapan, kemudian menekan nama kontak atau kelompok di bagian atas layar diikuti dengan memilih opsi Mute.

9. Gunakan WhatsApp di komputer

Untuk menggunakan WhatsApp memang diperlukan nomor kartu selular, yang otomatis penggunaannya adalah pada smartphone. Namun pengguna juga bisa bertukar pesan melalui komputer, terlebih ketika ingin mengirim file yang keberadaannya di memori laptop atau PC.

Caranya, pilih opsi WhatsApp Web pada aplikasi mobile, lalu kunjungi laman web.whatsapp.com pada komputer, dan scan kode QR di PC melalui ponsel pengguna. Selesai. Setelah login di PC, Pengguna tetap bisa berkirim pesan darismartphone maupun dari PC.

10. Huruf Tebal dan Miring

WhatsApp kini bisa menampilkan huruf dalam format tebal (bold), miring (italic), dan dicoret (strike through). Anda bisa melakukannya dengan cara memasukkan karakter khusus sebelum dan setelah kata yang ingin diformat. Agar menjadi tebal, gunakan tanda bintang (*) di antara *kata yang diinginkan*.

Bila ingin membuatnya miring, gunakan tanda underscore (_) di antara _kata yang diinginkan_, dan bila ingin membuat kalimat dicoret (strike through), gunakan tanda ~ di antara ~kata yang diinginkan~.

11. Ekspor Percakapan Melalui e-Mail

Jika pengguna pernah merasa suatu pesan WhatsApp sangat penting, pengguna bisa menyimpan dan mengirimnya via email.  Caranya, dalam percakapan di Android, tekan tombol Menu diikuti More> Email Chat.

Pada iPhone, dalam rangkaian chat, tekan kontak di bagian atas layar, kemudian bergulir ke bagian bawah halaman kontak dan pilih Ekspor Chat.

Tidak harus semua pesan, baik di Android maupun iOS, WhatsApp memberi pilihan untuk mengekspor pesan, dengan atau tanpa file media yang ada di dalam rangkaian chat.

12. Colek Teman dalam Grup

WhatsApp mempunyai fitur mention atau “mencolek” teman di grup percakapan. Menggunakan fitur yang satu ini, pengguna yang tergabung dalam grup dijamin bakal menjadi lebih awas saat di-mention.

Pasalnya, fitur tersebut akan tetap memaksa sistem mengeluarkan bunyi notifikasi saat pengguna di-mention, meski grup percakapan itu sudah dibuat dalam dalam mode senyap (mute).

Sebelumnya, jika pengguna mute sebuah grup, sistem tidak akan mengeluarkan bunyi notifikasi apa pun. Sehingga pengguna seringkali tidak menyadari sedang diajak berbicara dalam sebuah grup WhatsApp. Fitur mention bisa dipakai dengan membubuhkan atau menekan karakter “@” (tanpa tanda petik).

Setelah mengetik simbol “@” di kolom percakapan, deretan nama kontak yang ada dalam grup akan dimunculkan. Pengguna bisa mengetik nama kontak yang diinginkan atau memilih salah satu dari daftar kontak yang dimunculkan oleh WhatsApp.

13. Mengetahui Siapa Saja yang Paling Dihubungi

Tidak semua orang, tapi mungkin sebagian pengguna WhatsApp penasaran dengan siapa ia paling banyak bertukar pesan di WhatsApp?. Jika pengguna menggunakan aplikasi di iPhone, sangat mudah untuk mencari tahu.

Buka Pengaturan> Data dan Penggunaan Penyimpanan> Penggunaan Penyimpanan. Kemudian daftar kontak akan tampil dengan urutan teratas adalah kontak yang paling sering bercengkerama, alias yang menggunakan storage Anda paling besar.

Untuk mengetahui laporan lebih rinci, tekan pada setiap kontak untuk melihat statistik seperti jumlah pesan yang dipertukarkan, gambar, GIF dan sebagainya. Sementara untuk melihat info yang sama pada pengguna Android bisa masuk ke Settings> Chat> Chat History> Email Chat.(*)

Sumber : http://www.surabaya.tribunnews.com/2018/06/23/tak-semua-pengguna-whatsapp-tahu-13-fitur-ini-bikin-makin-nyaman-pakai-wa.

Demikianlah mantemans 13 fitur tersembunyi dari aplikasi WhatsApp yang terbaru. Moonggo dicoba saja bagi yang penasaran gans…

Maturnuwun

baca juga :

 

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 28 June 2018, in caricara and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: