Advertisements

Begini tata cara naik Suroboyo Bus brosis…biar bisa keliling Surabaya gratis

Begini tata cara naik Suroboyo Bus brosis…biar bisa keliling Surabaya gratis. Bus Suroboyo atau Suroboyo Bus resmi di-launching untuk publik oleh Walikota Surabaya pada Sabtu, 7 April 2018 di depan Gedung Siola. Bus dengan desain elegan ini diklaim lebih aman dan nyaman bila dibanding angkutan lain. Menariknya untuk naik cuma bayar dengan sampah plastik dan ini pertama di Indonesia lho ya…hehehe. Begini mekanisme mantemans biar bisa keliling kota Surabaya…

Suroboyo Bus memiliki lebar 2,4 meter dan panjang 12 meter. Dominasi warna merah pada sekujur bodinya. Berkapasitas 67 orang dengan warna kursi yang dikhususkan baik untuk perempuan, ibu hamil, difable, lansia dan umum. Warna merah muda untuk wanita dibagian depan sedangkan warna orange dibagian belakang untuk laki-laki. Pemisahan area tersebut untuk meminimalisir tindak pelecehan seksual di dalam bus. Suroboyo Bus memiliki armada sebanyak 8 unit.

Bus ini dilengkapi dengan 12 kamrea cctv didalam dan 3 kamera cctv dibagian luar. beroperasi mulai dari jam 06.00 WIB hingga 22.00 WIB dengan rute Hal Rajawali (JMP) menuju Terminal Purabaya dan sebaliknya. Menariknya transportasi massal ini juga terintegrasi dengan sistem pengaturan lalu lintas jalan. Lampu lalu lintas secara otomatis akan berubah menjadi hijau jika bus ini melintas.

Sekali lagi untuk naik Suroboyo Bus ini hanya perlu menggunakan sampah plastik. “Bagi penumpang yang akan naik harus membawa 5 botol ukuran tanggung, 3 botol besar, 10 gelas air mineral, kantong plastik (kresek) dan kemasan plastik,” tutur Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Dengan keberadaan cctv didalam bus maka keamanan penumpang lebih terjamin dan tentu terhindar dari copet. “Bagi pencopet, jangan coba – coba beraksi di dalam bus ini. Karena di dalam bus ada 12 CCTV yang terhubung dengan CC Room 112. Sehingga akan bisa segera ditangkap,” kata perempuan pertama Walikota Surabaya ini

Tata Cara Naik Suroboyo Bus

Caranya yakni cukup tukarkan 10 platik gelas, atau botol kecil – sedang sebanyak 5 botol, atau 3 botol ukuran besarPastikan sampah dalam konsisi bersih dan tidak berbau ya brosis. Nantinya, ada petugas yang akan verifikasi dan akan menukarkan dengan tiket.

Selain itu, Bisa menukarkan sampah tsb ke bank sampah untuk mendapatkan kartu khusus Bus Suroboyo, semacam kartu e-payment. Lalu kartu tsb bisa di-tap ke dalam bus tsb. Sementara ada 3 bank sampah yakni bank sampah Induk surabaya, Bintang mangrove dan Pitoe.

Gak cuma itu aja, yang lebih kerennya lagi, nantinya akan ada aplikasi bernama GoBis yang bisa digunakan untuk memantau bus ini. Dari aplikasi ini, kamu bisa tahu jadwal kedatangan bus di tiap haltenya, asal dan tujuan, hingga posisi bus berada.

Jadi kalau mau naik Suroboyo Bus secara gratis ini maka siapkan dulu sampah diatas ya brosis. Pastikan sampah dalam keadaan bersih dan tidak berbau.

 

maturnuwun

Foto : humas.surabaya.go.id

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 12 April 2018, in soerabaia and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: