Advertisements

Padanan kata bully pada Kamus Besar Bahasa Indonesia

Padanan kata bully pada Kamus Besar Bahasa Indonesia. Bully alias bullying merupakan kosa kata yang sering kita dengar terutama dikalangan anak-anak. Tidak sedikit korban bullying ini hingga meregang nyawa baik bullying secara verbal maupun lewat dunia maya. Nah kira-kira padanan kata yang tepat untuk bullying pada KBBI apa ?

Beberapa media seperti Kompas sering memakai kata rundung untuk mendefinisikan kata bullying ini. Sementara Anton M Moeliono, Pereksa Bahasa, Guru Besar Emeritus UI lebih mengusulkan memakai kata risak terkait kata yang lebih dekat dengan bullying. Berikut hasil penelusuran via KBBI online mengenai 2 kata tersebut diatas.

  • risak, merisak: mengusik; mengganggu: mereka tidak putus-putusnya ~ ku dng berbagai-bagai olok-olokan

 

  • rundung, merundung: (1) mengganggu; mengusik terus-menerus; menyusahkan: anak itu ~ ayahnya, meminta dibelikan sepeda baru; (2) menimpa (tt kecelakaan, bencana, kesusahan, dsb): ia tabah atas kemalangan yg telah ~ nya

Sementara itu mengutip wikipedia.org, Penindasan (bahasa Inggris: Bullying) adalah penggunaan kekerasan, ancaman, atau paksaan untuk menyalahgunakan atau mengintimidasi orang lain. Perilaku ini dapat menjadi suatu kebiasaan dan melibatkan ketidakseimbangan kekuasaan sosial atau fisik.

Hal ini dapat mencakup pelecehan secara lisan atau ancaman, kekerasan fisik atau paksaan dan dapat diarahkan berulang kali terhadap korban tertentu, mungkin atas dasar ras, agama, gender, seksualitas, atau kemampuan.

Tindakan penindasan terdiri atas empat jenis, yaitu secara emosional, fisik, verbal, dan cyber. Budaya penindasan dapat berkembang di mana saja selagi terjadi interaksi antar manusia, dari mulai di sekolah, tempat kerja, rumah tangga, dan lingkungan

Sedangkan Menurut Olweus (1993; dalam Anesty, 2009) memberikan contoh tindakan negatif yang termasuk dalam bullying antara lain:

  •  Mengatakan hal yang tak menyenangkan ataupun memanggil seseorang dengan julukan yang buruk;
  • Mengabaikan atau mengucilkan seseorang dari suatu kelompok karena sebuah tujuan;
  • Memukul, menendang, menjegal atau menyakiti orang lain secara fisik;
  • Mengatakan kebohongan atau rumor yang tidak benar mengenai seseorang atau membuat orang lain tidak menyukai seseorang dan hal-hal semacamnya.

Well, terkait padanan kata bullying ini memang ada 2 pilihan diatas yakni risak dan rundung. 2 kata ini memiliki kemiripan makna dengan bullying meskipun bisa jadi 2 kata tersebut terdengar asing bagi telinga kita sendiri..hehehe.

maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

 

 

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 2 August 2017, in caricara and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Comments.

  1. harusnya media membuat berita dengan kata baku berdasarkan KBBI, jangan menunggu istilah asing melekat terlebih dahulu. dan harus ada pihak yg mengawasi.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: