Skip to main content
mitos pisang anomali yang brojol dari batangnya

Inikah mitos tak boleh makan jantung pisang?

khsblog.net – Inikah mitos tak boleh makan jantung pisang?. Jantung pisang? Ini semacam anomali dalam pertumbuhan pohon pisang. Jantung Pisang yang semestinya muncul diatas pohon namun karena suatu hal ‘brojol’ alias keluar dari Batang tengah pohon pisang. Bagi mantemans yang pernah hidup di desa tentu pernah menjumpai fenomena semacam ini. Orang Jawa atau Orang Tua dulu hanya bilang ora apik alias tidak baik. Benarkah ini ?mitos pisang anomali yang brojol dari batangnya

Seorang netizen bernama To’ink mencoba bertanya pada grup facebook Media Informasi Orang Tuban pada hari Senin, 16 Mei 2016. “Dulur MIOT,apa ada yg tau tentang mitos jantung pisang ini, kata orang tua klo berbuah jadi pisang seperti ini gak boleh di makan atau di kosumsi, ada yang tau mitos ini?? ” Tanyanya pada anggota Group sambil melampirkan foto tersebut.

Netizen lain mencoba menjawab bahwa mitos tersebut memang ada.”eah mas didesaku juga ada mitos itu katane kalao perawan memakan jantung pisang maka wajahnya akan terlihat seperti berubah menjadi warna hijau klo sedang berkumpul dengan org” jadi gak terlihat cantik ” ujar akun Sity PemilikhatixArifkuswanto.

Rencananya To’ink mau sengaja memelihara hingga berbuah pohon pisang ini namun dicegah oleh para orang tua. “Tadinya mau tak pelihara, so’ale unik jntung pisang kok keluar dari tengah2 badannya, tapi kata orang2 tua di suruh motong aja, tapi tak tanya alasanya…. ee gak ada yang tau, cma bilang Gak Apik gitu” jelasnya.

Netizen lain mencoba menjelaskan bahwa Ontong pisang tersebut dapat juga bermanfaat bila tahu cara mengolahnya. “Iku namane pisang brojol mas….? Klo tau carane mas(………..) lha itu ada manfaat nya di dalem nya ontong tdi suwun ” terang Moh Mustofa Sukses. Entahlah KHS sendiri juga tidak paham mengenai kearifan Jawa mengenai anomali pohon pisang ini.

Monggo mantemans yang punya informasi lebih lanjut bisa dishare dimari.

Maturnuwun

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri

7 thoughts to “Inikah mitos tak boleh makan jantung pisang?”

Tinggalkan Balasan