Advertisements

Analisa ini meragukan kebenaran tangan robot punya Tawan….Entahlah….

Analisa ini meragukan kebenaran tangan robot punya Tawan….Entahlah….

Namanya I Wayan Sumardana atau lebih dikenal dengan Tawan begitu populer dalam minggu-minggu ini. Orang sekitar menjulukinya dengan Manusia Robot dari Bali. Liputan beberapa media baik dalam maupun luar negeri menyebut dengan sebutan Cyborg, Iron Man, Tangan Robot dan beragam sebutan lain. Yah…dia berhasil membuat tangan robot menggantikan tangan kirinya yang lumpuh. Dia mengklaim membuat tangan robot itu dari barang-barang bekas yang ada disekitar nya. Namun ternyata ada netizen yang meragukan kebenaran dari tangan robot yang terinspirasi dari tokoh Astroboy tersebut.Tangan Robot Tawan disangsikan oleh M. Asad Abdurrahman

Adalah M Asad Abdurrahman, yang menyangsikan kebenaran tangan robot buatan Tawan asal Desa Nyuhtebel, Karangasem, Bali. Dalam akun facebook nya dia menganalisa beberapa part alias komponen yang dijadikan bahan Tangan Robot ini.

“Inilah foto mesin dari pencipta tangan robot yang dijuluki Iron Man itu.. ” ujar M. Asad.

“Sangat jelas kelihatan kalau itu hanya perangkat palsu untuk membuat hoax.. Di kanan bawah ada USB port, untuk apa pakai port begituan? lalu disamping USB port itu ada port audio pink dan hijau.. Ngapain ada port audio? buat denger mp3 dari tangannya? Ini sudah kelihatan kalau dia hanya ambil bagian dari motherboard komputer.. Lalu port itu berdiri sendiri tanpa koneksi ke sirkuit apapun..  ” lanjutnya .

“Juga perhatikan papan sirkuit (PCB) di kiri atas.. PCB itu sudah butek minta ampun, artinya itu rongsokan yang dia ambil dari tempat sampah, bukan buatannya sendiri.. Dari PCB itu kelihatan ada port PS/2 berwarna putih, jadi teridentifikasi PCB itu dari suatu device yang terkoneksi ke PC..” terangnya kembali.

“Yang jelas.. saya salut pada orang ini… dia berhasil membual dan banyak yang percaya…” ujar memungkasi analisa singkatnya.

komponen robot tangan punya Tawan asal BaliTawan, saat ini sedang menjadi buah bibir rakyat Indonesia dengan kemampuan dibidang robotika. Pria lulusan SMK ini mengklaim bahwa tangan robotnya masih dalam taraf uji coba dan dia siap membantu orang lain bila menginginkan tangan robot serupa.

Well semoga ada klarifikasi dari Tawan atau pihak-pihak lain yang paham terkait robotika.

Mengutip dari detik.com (21/1), berikut beberapa komponen yang digunakan oleh alumni  SMK Rekayasa Denpasar beserta cara kerja tangan robotnya :

Komponen alat buatan Tawan mulai dari besi penopang, tabung hidrolis, hingga beberapa kabel terlihat bekas. Tawan merancang, merakit dan menyambung sendiri seluruh item tersebut. Tak hanya itu, dia juga menggunakan CPU komputer, dinamo, tuning potensio, sensor ultasonik, sensor infra merah dan sensor jumlah putaran dinamo.

Satu komponen kunci, yakni sensor EEG (Electro Encephalo Graphi) dibeli secara online dari Amerika Serikat (AS) senilai Rp 4,7 juta. Ia menjelaskan, alat ini berfungsi melalui sensor otak yang dipasang di kepala yang mengendalikan arah gerak ke tangan kirinya melalui alat yang dipasang di punggung dan tangan kirinya.

Untuk memuluskan gerak alat tersebut, Tawan memasang satu unit CPU komputer pun dipasang di bagian belakang tubuhnya. Fungsinya sebagai penggerak dari sensor di kepala. Tuning potensio merupakan rangkaian pengolah input dan output mikro kontroler.

“Infra merah, sensor ultrasonik, dan sensor jumlah putaran dinamo ini adalah rangkaian penguat power. Ada pula EEG. Semuanya tersambung ke dinamo agar dapat bekerja secara maksimal,” jelasnya.

“Lalu ada drone, elektroda dan lainnya. Posisinya ditempel di kepala sebagai penangkap sinyal, alpa, delta, beta dan teta,” tambahnya.

Berhubung KHS awam terkait hal robotik, microcontroler dan pernak-pernik yang lain maka diserahkan pada ahlinya saja. Yang jelas alat ini sangat membantu kerja Tawan sebagai tukang las ditengah tangan kirinya yang mengalami kelumpuhan akibat stoke 6 bulan silam.

Maturnuwun


———————-
Contact KHS :
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 584929B8

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 21 January 2016, in justinpoh and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 30 Comments.

  1. kalo deretan usb sama port ijo-merah, positif emang punya mainboard pc..embuh liyane 😉

    Like

  2. PCB sebelah atas warna ijo itu board TV tuner (internal) versi lama, PCB bawahnya itu board punya mouse, PCB dibelakang benda bunder logam itu front panel board buat output audio, mic ama USB (kalo di pc kita bisa colok flashdisk dari depan, lebih praktis).
    sebagai orang bodoh saya berkesimpulan bahwa rangkaian tersebut hoax

    Like

  3. sebenernya aku dr awal ragu juga.. tapi biasa orang sini lgsg heboh aja wkwl

    Like

  4. siap siap di bully :V

    Like

  5. Heran ya, ada orang nemuin sesuatu kok banyak yang sirik, bangsa sendiri lagi. kalian tau nggak penemu lampu Thomas Alpha Edison dulu waktu masa sekolah juga gak pinter (bahkan ada yang bilang ediot malah) tapi nyatanya lampu temuannya bisa nerangi rumah lu pada. Dasar sirik!!!

    Like

  6. ane lebih percaya orang yang sudah mengeceknya langsung dari pada analisa2 atau kita sebut saja teori tanpa dasar ini :v mau jadi detektif yaa kalo berani sekalian temui si “robot” sana hihihi

    Like

  7. ini sih gara2 wartawan sedabg cari2 sensasi bukan prestasi…..sudah banyak contohnya di masa lalu (contoh wartawan bukan si Tawan)

    Like

  8. ntar ane lait2 lagi mas bro…kalaupun hoax berarti dia sukses bikin heboh orang2 dan media. Dan kalaupun benar, berarti dia sudah membantu dirinya dan nggak merugikan orang lain sih kalau dia bohonh, kan nggak ada yang bayar dia…

    Bhong itu dosa, berarti dia yang nanggung, dan kalau benar juga dia yang dapat pahalanya…

    Dari pada heboh, kita tunggu aja klarifikasi di TV swaswa atau pihak yang lebih kompeten dan sumber aslinya

    Like

  9. 1. Persendian lengannya masih bisa dibilang longgar, keliatan waktu dia lagi masang lengannya. tapi lucu nya respon ke pergerakan tangannya cepat + pasti (ga salah2 gerak). Ini ga mungkin. Ibarat tarikan motor yang rantainya kendor sama yang pas. Pasti ngerti lah maksud saya.

    2. Gear nya banyak di luar, bisa dibongkar pasang. Ajaib, gerakannya cepat + leluasa. Yang lebih ajaib lagi, gear nya ga lepas…

    3. Pergerakan tangannya terlalu biologis. Sedangkan dimana2 yang namanya benda mekanis itu gerakannya masih kaku. Banyak jeda pergerakan walaupun cuma beberapa milidetik. Bahkan asimo yang didevelop langsung oleh orang2 ahli dengan sarana mendukung pun, gerakannya juga masih bener2 terasa kayak robot kan? Nah dia saya lihat di bagian2 akhir video, gerakannya leluasa banget persis tangan asli.

    4. Sensor otak? HAHAHA bahkan perusahaan2 teknologi besar aja, dengan sarana yang benar2 mendukung untuk riset ke teknologi ini, masih belum mampu. Bahkan untuk teknologi sensor-sensoran kaya gini ini ruang lingkupnya udah nanotech. Ga bakalan bisa dibikin secara DIY. Gak akan pernah bisa… Apalagi pake rongsokan.

    5. Dan ngomong masalah sensor, sensor yang udah ada di seluruh smartphone sekarang: accelerometer, masih butuh waktu untuk baca sinyal bhwa hpnya dipake secara landscape (dari sebelumnya: portrait). Padagal ini sensor sederhana, ga pake sinyal2 frekuensi tertentu. Asli sensor untuk baca fenomena alam, masih butuh waktu beberapa mili detik untuk ganti mode ke landscape setelah hapenya diputar. Bahkan teknologi ini pun udah dikembangkan langsung sama ahlinya, sarananya mendukung, duitnya mendukung. Lah ini duit ga ada, sarana ga ada, pengetahuan mendalam tentang ini juga ga ada. Eh udah bisa nangkep “sinyal otak” tanpa lag?

    barusan liat lagi videonya dan makin kesini makin yakin kalo ini 100% HOAX hahaha

    6. Itu katanya tangannya lumpuh dari lengan atas. Berarti seharusnya gear2 nya udah dimulai dari bahu. Dan disana kayanya hampir ga ada gear persendian sama sekali. Padahal disana bagian paling vital. Persendian di bahu ke lengan atas itu perputarannya hampir 180 derjat secara 3D (ga cuma 2 arah). Lah, kok dia di bagian sana kosong? Ga keliatan ada susunan gear yang rumit? Padahal lengan atasnya leluasa banget lho itu…

    7. Ini bisa dibilang exoskeleton. Tapi ga ada batang besi/logam bener kuat yang menopang lengan atas + lengan bawah dengan kuat yang berfungsi sebagai tulang seperti namanya.

    8. Ternyata jarinya juga bisa gerak! Bisa genggam batang logam! Tapi masih ga ditemukan tulang2 mekanis buat diikat ke jari2nya. Malah cuma ada sarung tangan longgar yang ga tau itu dalamnya kayak apa.

    9. Kayaknya ga ada baterai atau semacamnya. Anggap deh “sinyal otak” ini beneran berfungsi, tapi itu cuma buat kontrol, bukan sebagai power supply. Nah itu kok bisa hidup? Bisa gerak? Dispenser yang fungsi nya buat panasin air aja masih harus dicolok ke listrik kan?

    Saya bukannya gak mendukung kreatifitas, saya cuma nggak mau terbawa eforia tapi ternyata semu. Ini beda sama mobil listrik kmrn, yang itu dia emang punya ilmu di bidang itu, karya nya pun sesuai sama siapa dia sebenernya. Tapi ini terlalu banyak kejanggalan. Lagian teknologi kayak gini udah banyak di luar negeri kok. Tapi kalo ga salah sumber sensornya ke saraf, bukan ke otak.

    Gimanapun juga, lengan “robot” ini terlalu fantasi untuk jadi realita. Bahkan kalo boleh jujur, JARVIS nya Iron Man terasa jauh lebih masuk akal, karena JARVIS itu basic teknologinya AI, armor ironman pun berfungsi berdasarkan gerakan tangan si Stark, sensor gerakan di setiap kaki sama tangan untuk nambah kekuatan + daya tahan, tapi roket laser, missile dan segalanya itu emang masih jauh dari logika hahaha (LOL)

    Like

  1. Pingback: Diskusi Hangat tentang Tangan Robot Tawan : Ilmiah atau Seni Instalasi? | khsblog :-D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: