Skip to main content

Merawat Blog

Merawat Blog. Tulisan yang disajikan setiap hari, atau dua hari, tiga hari, atau seminggu sekali di ruang menulismu bukanlah hal yang sulit. Dengan syarat niat dan mau untuk disiplin. Salah satunya adalah menulis di ruang kesukaan kita blog misalnya. Perlu tekad, komitmen serta mau untuk menjaga keteraturan kapan untuk memosting tulisan di blog.

Beragam tampilan blog yang ada di era serba canggih ini. Blog yang diisi mingguan, atau juga blog yang konsisten menyajikan tulisan setiap harinya kepada warganet. Varian blog bisa kita lihat di dunia maya. Mulai dari blog khusus otomotif, blog membahas olahraga, blog tentang politik, blog perenting, dst. Semua varian blog tersebut oleh si empunya pasti bertujuan sesuai dengan selera blogernya.

Salah satu blog suami yang kini diamanatkan ke saya menjadi ruang menulis yang menyenangkan. Namun punya blog itu ibarat merawat anak. “Kudu telaten”. Sabar. Mempunyai waktu khusus untuk menyajikan tulisan. Karena pastinya pengunjung blog langganan sudah ingin membaca kebaikan dari berbagi tulisan kita. Meskipun pengunjungnya belum seramai blog ternama. Tapi kita terus berupaya konsisten menyajikan tulisan. Dengan niat mulia memperbanyak tulisan positif di dunia maya. Agar berbuah pahala.

Ada saat-saat kita merasa tak da ide sama sekali untuk mengisi blog. Tulisan apa lagi ya kira-kira. Namun Alhamdulillah meski kadang ada satu hari luput belum ngisi blog, esok harinya anak sulung kami mulai ikutan tertular mengisi blog gado-gado kami. Memang belum bisa rutin si sulung mengisi blognya. Namun bersyukur ada kemauan yang mulai tumbuh dari dirinya.

Tak perlu pusing dan beralasan tak ada ide untuk mengisi blog. Karena ide tulisan itu bisa datang dari mana saja. Bahkan yang sederhana sekalipun. Yang terdekat dengan kita. Yang kita tekuni/senangi sehari-hari bisa menjadi bahan ide tulisan. Dan ternyata setelah tulisan disajikan di postingan blog kita menjadi hal yang bermanfaat untuk pembaca. Bahkan membuat pembaca tersenyum riang yang semula pembaca lagi cemberut misalnya. Memberi senyum untuk orang lain kan juga sedekah. Sedekah lewat tulisan berpetuah.

Suka duka merawat blog pasti ada saja. Tinggal bagaimana kita merespon dan mengelola dengan positif apa yang menjadi kendalanya. Tetap nge blog dengan tulisan-tulisan positif ya. Karena tulisanmu yang diposting akan menemukan pembacanya sendiri. (nra)

5 thoughts to “Merawat Blog”

Tinggalkan Balasan