Skip to main content

Amazing Sedekah

KHSblog.net- Amazing Sedekah. Sedekah itu bahagia. Membahagiakan diri sendiri juga membahagiakan orang lain. Membuat hati plong. Mengusir kegelisahan. Menambah ketenangan.

Amazing Sedekah

Sedekah itu menumbuhkan sejuta senyum. Senyum bangkit dari kesedihan dan tangis. Senyum menyingkirkan pesimis beralih optimis. Senyuman otomatis karena hati tak lagi gerimis.

Sedekah memudahkan urusan. Apabila kamu merasa sempit dengan dunia ini maka bersedekahlah dan bertakwalah kepada Allah.

 

فَاَمَّا مَنۡ اَعۡطٰى وَاتَّقٰىۙ‏
Artinya: “maka barangsiapa memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa.” (Al- Lail ayat 5)
فَسَنُيَسِّرُهٗ لِلۡيُسۡرٰىؕ
Artinya: “maka akan Kami mudahkan baginya jalan menuju kemudahan (kebahagiaan)”. (Al-Lail ayat 7)
Sesungguhnya ketakwaan juga memudahkan urusan dan rezeki, sebagaimana Allah berfirman:
  وَمَنۡ يَّـتَّـقِ اللّٰهَ يَجۡعَلْ لَّهٗ مَخۡرَجًاوَّيَرۡزُقۡهُ مِنۡ حَيۡثُ لَا يَحۡتَسِبُ‌
Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. (At-Thalaq ayat 2-3)

Sedekah beragam bentuknya. Dari yang paling mudah yaitu senyummu terindah. Juga bisa berupa menyingkirkan duri di jalan. Sedekah pun bisa berupa nasi bungkus. Nasi bungkus untuk dhuafa. Bisa pula kebutuhan musholla atau masjid. Alas kaki sandal untuk berwudhu.

Kini sedekah sudah kian meluas. Sedekah Jum’at dilakukan oleh siapa saja. Di media sosial banyak kita jumpai program sedekah Jum’at berkah. Alhamdulillah sedekah sudah menjadi bagian penting setiap pekan bagi sahabat medsos.

Sedekah subuh di hari Jum’at berlimpah berkah. Sedekah pun tak melulu berupa nasi bungkus, nominal uang untuk ke masjid. Sedekah jariyah dengan wakaf juga menjadi primadona akhir-akhir ini. Wakaf pembangunan masjid, wakaf tanah pesantren, wakaf buku, wakaf sumur bor, dll. Berikan sedekah terbaikmu dari yang Anda miliki.

Jadi teringat pesan Rasulullah. Berikan sedekahmu yang terbaik dari yang engkau punya. Bukan sedekah yang pada akhirnya membuat tak berkah. Semisal membelikan mukena untuk diberikan ke masjid yang bahannya panas dan tak nyaman dipakai.

Kita saja tak mau memakainya. Membelikan kue untuk persiapan lebaran kepada dhuafa dengan harga miring agar dapat banyak saat dibagikan. Namun saat dimakan malah membuat tenggorokan sakit usai memakannya. Hingga akhirnya tak dimakan justru terbuang.

Sedekahkan yang terbaik milikmu. Sedekah seperti yang engkau makan sehari-hari. Sedekah seperti pakaian yang engkau kenakan biasanya. Bukan sedekah asal-asalan. Yuk sedekah terbaik dari apa yang kita miliki. Insyaallah akan digantikan oleh Allah dengan ganti terbaik.

Sedekah sekarang. Sebelum ajal datang. Sedekah tak membuat harta berkurang. Tak perlu lama untuk menimbang-nimbang. Segera sedekah agar orang-orang sekitarmu menajdi senang.

Maturnuwun

baca juga :

One thought to “Amazing Sedekah”

Tinggalkan Balasan