Skip to main content

Manfaaat Zikir Pagi dan Sore

KHSBlog,net- Manfaat Zikir Pagi dan Sore. Hiruk pikuk manusia setiap harinya menyelesaikan urusan dunia, seringkali menjadikan terlupa bahkan melewatkan untuk mengingat Allah dalam setiap urusannya. Sejak mata terbuka di pagi hari hingga mata dipejamkan untuk beristirahat setelah lelah seharian jangan sampai terlepas dari mengingat Allah.

وَاذۡكُرْ رَّبَّكَ فِىۡ نَفۡسِكَ تَضَرُّعًا وَّخِيۡفَةً وَّدُوۡنَ الۡجَـهۡرِ مِنَ الۡقَوۡلِ بِالۡغُدُوِّ وَالۡاٰصَالِ وَلَا تَكُنۡ مِّنَ الۡغٰفِلِيۡنَ
“Dan ingatlah Tuhanmu dalam hatimu dengan rendah hati dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, pada waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lengah”
Manfaaat Zikir Pagi dan Sore
Ustad Aunur Rafiq Saleh Tamhid dalam karya bukunya Ta’ammulat Qur’aniyah (Motivasi Kehidupan Berbasis Ayat-Ayat Al-Qur’an) agar senantiasa menjaga zikir-zikir di waktu pagi dan sore.
Jika ingin terbebas dari daftar “orang-orang yang lalai”, jagalah selalu dengan zikir-zikir di waktu pagi dan sore yang telah diajarkan Nabi saw. yaitu zikir Al-Ma’tsurat. Bisa jadi seseorang sudah melaksanakan zikir-zikir dan wiridnya, tetapi belum merasakan manfaatnya. Mungkin bisa karena kurang kuat dalam meyakininya dan kurang menafakkuri artinya. Di dalam hadirs tentang sayyidul istighfar, Nabi  saw. menyebutkan, “Ia mengucapkannya di waktu sore dengan penuh keyakinan kepadanya.” (An-Nasa’i 5427)

Termasuk pula meyakini manfaat atau “khasiat” yang juga disebutkan Nabi saw. Hampir setiap doa dan zikir, terutama zikir pagi dan sore, selalu disebutkan manfaat dan khasiatnya oleh Nabi saw. Ini merupakan rahmat Allah kepada orang yang selalu menjaga doa dan zikirnya, di samping untuk memotivasinya.

Adapun manfaat dan khasiat utama zikir dan wirid pagi-sore adalah mendapat perlindungan Allah. Allah ingin agar hamba-nya selalu mendekatkan diri dan hanya bergantung kepada-Nya di setiap saat dan keadaan.

Selain itu manfaat zikir dan doa pagi-sore adalah pengondisian, titik tolak dan langkah dasar menuju target utama, yaitu menjadikan “zikir” dan “tafakur” sebagai ibadah yang selalu mewarnai seluruh kehidupan seorang muslim, di setiap waktu, dalam setiap keadaan dan di setiap tempat.

Sebagaimana firman Allah Q.S Ali Imran: ayat 191,

الَّذِيۡنَ يَذۡكُرُوۡنَ اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوۡدًا وَّعَلٰى جُنُوۡبِهِمۡ وَيَتَفَكَّرُوۡنَ فِىۡ خَلۡقِ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ رَبَّنَا مَا خَلَقۡتَ هٰذَا بَاطِلًا ۚ سُبۡحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
“(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka.”
Dengan demikian tercapailah tujuan penciptaan manusia di muka bumi, yaitu beribadah kepada Allah dalam setiap nafas, waktu, keadaan dan aktivitasnya. Tidak ada yang tidak bernilai ibadah dalam hidup seorang muslim.
Firman Allah Q.S. Adz- Dzariyat ayat 56:
وَمَا خَلَقۡتُ الۡجِنَّ وَالۡاِنۡسَ اِلَّا لِيَعۡبُدُوۡنِ
“Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.”
Dan Q.S Al-An’am ayat 162:
قُلۡ اِنَّ صَلَاتِىۡ وَنُسُكِىۡ وَ مَحۡيَاىَ وَمَمَاتِىۡ لِلّٰهِ رَبِّ الۡعٰلَمِيۡنَۙ
Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan seluruh alam
Demikian manfaat zikir pagi dan sore, semoga kita selalu dijaga Allah agar istiqamah merutinkan zikir pagi dan sore.
Maturnuwun
baca juga :

Tinggalkan Balasan