Wakaf Istimewa

Wakaf Istimewa

“Apabila seorang muslim meninggal, maka amalannya terputus kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak sholih yang mendoakannya,” (hadist yang diceritakan oleh Imam Muslim dari Abu Hurairah)

Belajar ilmu pengetahuan apapun haruslah. Tapi belajar imu agama adalah utama. Kali ini saya berbagi tentang wakaf. Kebayang ga sih kalo wakaf itu sangat membantu kondisi ummat. Apalagi saat situasi dan kondisi pandemi kayak gini. Manfaat wakaf begitu dahsyat apabila dioptimalkan pengelolaannya.

Wakaf menjadi solusi atas berbagai masalah ummat. Sobat sudah pada ngerti apa itu wakaf? Wakaf adalah sedekah jariyah, yakni menyedekahkan harta kita untuk kepentingan ummat. Harta wakaf tidak boleh berkurang nilainya, tidak boleh dijual dan tidak boleh diwariskan. Karena wakaf pada hakikatnya adalah menyerahkan kepemilikan harta manusia menjadi milik Allah atas nama ummat.

Wakaf istimewa. Mengapa? Karena Allah telah mensyariatkan dan menganjurkan wakaf, dan menjadikannya sebagai salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah. Keistimewaan selanjutnya adalah pahala terus mengalir dari wakaf ( sedekah jariyah) meski telah meninggal dunia. Keistimewaan yang lain, pahala wakaf bisa diatasnamakan orang lain (bapak/ibu yang sudah meninggal).

Diterangkan Ibnu Taimiyyah mengatakan, “Harta yang tersisa dari keuntungan wakaf, dan tidak digunakan, harus disalurkan kepada hal yang serupa dengan tempat penyaluran pertama. Misalnya, jika sebuah wakaf menghasilkan hal yang banyak dan melebihi kebutuhan masjid, tempat penyaluran wakaf tersebut, maka sisa tersebut harus disalurkan kepada masjid lain. Sebab, hal yang dimaksud oleh seorang pemberi wakaf adalah jenisnya, dan jenis itu satu macam.” (Buku Fiqih Sunnah, Sayyid Sabiq hal:600)

Wakaf kini pun diminati oleh banyak kalangan. Semua lapisan masyarakat begitu kepo dan ingin meraih manfaat wakaf. Karena istimewanya pahala jariyah sesudah meninggal. Wakaf buku siroh Nabi dan para sahabat salah satunya menjadi program keren di gerbong Spirit Nabawiyah Community #SNC.

Wakaf buku siroh ini bertujuan untuk membumikan siroh di penjuru ibu pertiwi. Agar anak bangsa tercerahkan dan terlepas dari buta siroh Sang Nabi penuh teladan. Anak negeri butuh dibantu dengan wakaf buku bergizi. Karena tantangan zaman kian ngeri. Teladan dan pahlawan sesungguhnya sudah seharusnya dikenal dan dicintai anak negeri. Dengan wakaf buku siroh membaca untuk negeri.

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 3 June 2020, in inspiring and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: