Etiket sosial dalam interaksi sehari-sehari brosis

Etiket sosial dalam interaksi sehari-sehari brosis. Sebagai makhluk sosial tentu kita dibatasi dengan aturan dan norma sosial dalam kehidupan bermasyarakat. Ada etika dan etiket yang mesti dijaga agar tumbuh harmoni, toleransi dan solidarity. Nah berikut beberapa Etiket sosial dalam interaksi sehari-sehari brosis. 7 Etika Menghubungi Dosen Melalui Telepon Genggam versi kampus UIETIKET SOSIAL :

1. Jangan menelepon seseorang lebih dari dua kali secara terus menerus. Jika mereka tidak mengangkat telepon Anda, itu berarti mereka memiliki sesuatu yang lebih penting untuk diperhatikan.

2. Ketika seseorang menjatuhkan sesuatu di lantai secara tidak sengaja atau menjatuhkan makanan dari piring atau tidak tahu bagaimana menggunakan pisau/garpu jangan menatap mereka. Hal yang sama berlaku untuk orang yang bersin, batuk, atau bahkan kentut yang tidak terkendali. Ini adalah reaksi yang tidak disengaja.

3. Selalu lewati wastafel yang sedang digunakan dan jangan berdiri di sampingnya. Itu membuat gelisah bagi orang yg ada di situ.

4. Kembalikan uang yang telah Anda pinjam bahkan sebelum orang lain ingat meminjamkannya kepada Anda. Baik itu 1 rupiah atau 100,000 Rupiah. Ini menunjukkan integritas dan karakter Anda. Sama halnya dengan payung, pena, dan buku.

5. Jangan pernah memesan hidangan mahal di menu ketika seseorang mentraktir Anda untuk makan siang/malam. Jika mungkin minta mereka untuk memesan makanan pilihan mereka untuk Anda.

6. Jangan mengajukan pertanyaan canggung seperti ‘Oh jadi kamu belum menikah?’ Atau ‘Apakah kamu tidak punya anak’ atau ‘Mengapa kamu tidak membeli rumah?’ Karena itu membuat yang ditanya merasa tidak nyaman.

7. Selalu buka pintu untuk orang yang berjalan di belakang Anda. Tidak masalah apakah itu laki-laki atau perempuan. Anda tidak menjadi kecil dengan memperlakukan seseorang dengan baik.

8. Jika Anda naik taksi dengan seorang teman, dan ia membayar sekarang, Anda harus berusaha untuk membayar di lain kali.

9. Jangan pernah menyela pembicaraan orang.

10. Jika Anda menggoda seseorang, dan mereka sepertinya tidak menikmatinya, hentikan dan jangan pernah melakukannya lagi.

11. Ucapkan “terima kasih” ketika seseorang membantu Anda.

12. Puji di depan umum. Mengkritik secara pribadi (jangan di depan umum).

13. Hampir tidak pernah ada alasan untuk mengomentari berat badan seseorang. Katakan saja, “Kamu terlihat luar biasa.” Jika mereka ingin berbicara tentang menurunkan berat badan, mereka akan melakukannya.

14. Jika Anda mendapatkan penerbangan panjang atau naik kereta api, mandilah sebelumnya dan pakai baju yang baru dicuci agar tidak tercium bau badan Anda. Orang di sebelah Anda akan menghargainya.

15. Jika seorang kolega memberi tahu Anda bahwa mereka memiliki janji temu dokter, jangan tanya untuk apa, katakan saja harap Anda baik-baik saja. Jika mereka ingin membicarakannya, mereka akan melakukannya dan Anda tidak menempatkan mereka pada posisi yang tidak nyaman karena harus memberi tahu Anda tentang penyakit mereka.

16. Perlakukan cleaning service/OB dengan rasa hormat*yang sama seperti CEO/pimpinan. Tidak ada yang terkesan betapa kasarnya Anda memperlakukan seseorang di bawah Anda, tetapi orang-orang akan memperhatikan jika Anda memperlakukan mereka dengan hormat.

17. Jika seseorang berbicara langsung kepada Anda dan anda menatap HP Anda, maka Anda tidak sopan.

18. Jangan pernah memberi saran sampai Anda diminta.

19. Jangan berbicara dengan seseorang jika mereka sedang menggunakan headphone.

20. Ketika bertemu seseorang setelah waktu yang lama, kecuali mereka ingin membicarakannya, jangan tanya umur dan gajinya.

21. Saat seseorang yang Anda kenal memiliki perubahan penampilan yang jelas, misal : Kenaikan / penurunan berat badan, titik botak, jerawat, jangan pernah mengomentarinya sampai mereka membicarakannya dengan Anda, mereka sudah tahu apa yang terjadi pada mereka.

22. Jangan melihat setiap posting di Facebook sebagai peluang untuk berdebat, bahkan jika tidak sesuai dengan pandangan atau keyakinan Anda.

Sumber : Satria Hadilubis

maturnuwun

baca juga :

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 12 April 2020, in caricara and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: