Advertisements

Ada Kunci Sukses Dunia Akhirat dalam 8 Nama Ramadhan

Ada Kunci Sukses Dunia Akhirat dalam 8 Nama Ramadhan. Catatan ini diambil dari materi kajian setiap ahad pagi yang diselenggarakan oleh tim IKADI Cabang Gresik. Kali ini penyelenggara menyuguhkan materi seputar bagaimana kita sebagai mukmin bisa menggapai sukses dunia akhirat dengan mengoptimalkan ramadhan yang memiliki banyak nama, dengan narasumber ustadz Muchlisin S.Pd.I. Mari disimak brosis…


Ramadhan secara bahasa berarti panas, membakar. Makna tersebut dipahami sebagai pembakaran atas dosa-dosa kita sebelumnya di masa lalu. Setidakya ada sekitar 16 nama Ramadhan, namun karena keterbatasan waktu pembahasan kali ini hanya disampaikan delapan nama ramadhan yang dapat memberikan kunci kesuksesan baik di dunia dan di akhirat. Kesuksesan di dunia dan akhirat ini mengacu pada bagaimana kita berinteraksi dan melaksanakan amal perbuatan sesuai dengan petunjuk Allah SWT di dalam Al-Qur’an.

Berikut ini 8 nama bulan Ramadhan :

Syahrush-shiyam (bulan puasa)

Pada mulanya ada puasa As-Syuro yaitu pada zaman Nabi Nuh, lalu Allah menurunkan perintah puasa sebagaimana di dalam surat Al Baqarah 183.

“Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa”.

Di dalam firman Allah tersebut terdapat kunci bagaimana kita mampu meraih kesuksesan dunia dan akhirat, yaitu melalui shaum Ramadhan. Jelaslah di firmanNya ketika kita berpuasa tidak lain adalah tujuannya untuk mencapai derajat ketaqwaan. Di dalam surat An-Naba’ ayat 31 :” Sungguh, orang-orang yang bertaqwa mendapatkan kemenangan”

Allah juga menyampaikan bahwa kunci dari sukses adalah taqwa.

Ibadah puasa tidak semua orang bisa melakukannya, karena hanya orang yang beriman saja yang bisa menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Banyak juga orang ber KTP Islam namun, belum bisa menjalankan puasanya.Kenyataan yang bisa kita jumpai masih ada diantara mereka yang ber KTP islam tersebut membuka warung-warung nya pada bulan Ramdhan. Oleh karena itu tidak semua orang yang berpuasa mendapatkan gelar taqwa.

Seperti yang disampaikan di dalam hadits:

“Betapa banyak orang yang berpuasa namun tidak mendapatkan apa-apa, hanya lapar dan dahaga, pahala tidak dia dapatkan.puasanya sia-sia”

Bagaimana puasa yang berkualitas? Pertama, puasa berkualitas adalah puasa yang didalamnya ada keikhlasan, dengan keikhlasan karena Allah, sesungguhnya maghfiroh (ampunan) Allah akan kita dapatkan. Memang ibadah puasa ini tidak bisa dipantau oleh orang lain karena hanya Allah dan yang berpuasalah yang tau. Sehingga memang ibdah puasa ramadhan ini ibadah yang langsung dipantau oleh Nya.

Kedua, menghindari hal-hal yang membatalkan puasa.Puasa itu adalah perisai, kita sudah seharusnya menghindari hal-hal yang dapat merusak puasa, misalnya: berkata jorok, mengumpat, mencemooh. Di era medsos ini banyak kita jumpai mereka yang saling mencemooh dan menjelek-jelekkan satu sama lain. Padahal apabila kita mengetahui bahwa hal-hal demikian merusak dan menghilangkan pahala puasa. Allah tidak membutuhkan puasanya orang-orang yang berdusta.

“Barangsiapa yang tidak bisa mencegah perkataan dusta, maka Allah tidak membutuhkan apa yang dia sudah mencegah makan dan minum (berpuasa)”

Ketiga, meninggalkan sesuatu yang tidak bermanfaat. Dan keempat yaitu mempuasakan seluruh anggota badan kita.

Hikmah dari ibadah puasa yang bisa mengantarkan kita sukses dunia akhirat diantaranya:

  • Melatih kita untuk yakin bahwa ada pengawasan Allah
  • Melatih meredam, menahan syahwat
  • Melatih kepekaan dan empati kita

Dengan berpuasa, kita akan mendapatkan pelajaran kesabaran, empati, kasih sayang, hati yang tenang hingga kita dipanjangkan keberkahan atas hikmah berpuasa dan pada akhiirnya Allah berikan tempat bagi kita di surgaNya

Syahru Qiyam

Berbeda dengan bulan-bulan yang lain di dalam ramadhan ada sholat tarawih yang merupakan ibadah qiyamul lail (sholat malam). Rasulullah melakukan 8 rakaat shalat tarawih dan tiga rakaat witir, ketika itu Rasulullah melakukan sholat tersebut dengan waktu yang panjang, hingga pada waktu itu sahabat khawatir tidak makan sahur. Betapa banyak orang-orang yang sholat malam tetapi yang dia dapatkan hanyalah bergadang saja.

Ada anekdot, orang Arab badui ketika akan sholat tarawih, dia bertanya manakah masjid yang paling cepat diantara masjid utara dan masjid selatan? Lalu dijawab: masjid utara. Pergilah orang Arab Badui ke masjid utara.Begitu sholat dimulai imam membaca “ Alilammim” ditanyakan olehnya itu tadi yang dibaca surat apa? Dijawab: surat Al Baqarah. Lalu dia bergegas pulang. Esoknya dia pergi ke masjid selatan dan sebelum dia mulai sholat, bertanyalah dia kepada imam nanti surat apa yang akan dibaca? Al-Fiil jawab imam. Masjid yang di utara saja saat dia ikut sholat tarawih bacaannya begitu panjang (Al Baqarah: sapi betina), pasti surat ini Al Fiil: Gajah, pasti akan lebih panjang lagi. Kunci suksesnya agar kita sukses di dunia dan akhirat adalah membiasakan qiyamul lail, karena dengan inilah sebagai ibadah yang mendekatkan diri kita kepadaNya.

Syahrul Qur’an (Bulan Al-Qur’an)

Bulan ramadhan didalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai pembeda (Al-Furqon). Mukmin yang dekat dengan Al-Qur’an dimuliakan Allah SWT. Dekat dengan Al-Qur’an dengan cara: tilawah (membaca) minimal di tiap ramadhan bisa sekali mengkhatamkannya, mentadaburi isi Al-Qur’an, belajar tafsir Al-Qur’an, menghafalnya dan mengamalkannya.

Syahru Infaq (Bulan Berinfaq)

Rasulullah paling banyak berinfaq di bulan ramadhan. Rasulullah paling dermawan. Kedermawanan Rasulullah bagaikan angin bertiup. Sudah semestinyalah kita juga meningkatkan infaq kita di bulan mulia ini

Syahrud Du’a

Kunci sukses dunia dan akhirat adalah do’a, sebagaimana yang ada di dalam surat Al-Baqarah ayat 186:

Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdo’a apabila dia berdo’a kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka memperoleh kebenaran”

Ayat ini diletakkan Allah berdekatan dengan ayat-ayat ramadhan. Apabila kita sebagai hamba yang beriman punya kebutuhan dan permohonan apapun, mintalah hanya kepada Allah. Tiga waktu yang mustajabah untuk berdo’a:

  • Sepertiga malam teratuhir
  • Menjelang berbuka→ waktu yang luar biasa, orang-orang di Makkah dan Madinah satu jam sebelum berbuka sudah menengadahkan kedua tangannya memohon kepadaNya.
  • Mulai terbit fajar hingga terbenam matahari

Syahrush Shabri (Bulan Kesabaran)

Puasa itu separuh kesabaran. Melatih kesabaran di bulan ramdhan sangat efektif.

Syahrul Jihad

Kata-kata jihad ini sekarang dipahami secara negatif, padahal jihad yang sesungguhnya tidak dimaknai demikian. Perjuangan Rasulullah dan para sahabat dipahami sebagai jihad. Jadi secara luas jihad adalah perjuangan. Ibnu Qayyim menyampaikan bahwa amar ma’ruf nahi munkar itu adalah jihad, bahkan kepala keluarga yang memcari nafkah itu juga disebut jihad.Begitu banyak kisah kemenangan pada masa Rasulullah dan ada di bulan ramadhan. Seperti halnya juga kemerdekaan Indonesia juga diberikan Allah di bulan ramadhan.

Syahrud Tarbiyah

Bulan ramadhan ini mampu mengantarkan kita pada kesuksesan dunia akhirat, karena di dalam ramadhan kita ditempa dengan banyak amal-amal kebaikan yang memberikan pengaruh positif, diantaranya adalah membuat kita lebih disiplin, kapan kita makan sahur kapan kita waktunya berbuka meskipun makanan yang dihidangkan adalah milik kita sendiri.

Selain kedispilinan puasa juga memberikan hikmah secara medis membuat tubuh lebih sehat, Buya Hamka di dalam tafsir Al-Azhar menyampaikan perihal ini. Hal senada juga diamalkan oleh KH Hasyim Ash’ari beliau mengamalkan puasa-puasa sunnah hingga kadar gulanya normal, meskipun usia beliau sudah sepuh. Syahrud tarbiyah inilah yang begitu penting didalam kehidupan kita sebagai mukmin, kerana pendidikan, pembinaan diri tak dapat dipisahkan dari kunci sukses meraih kebahagiaan dunia dan akhirat. Hingga ada slogan tarbiyah madal hayah(pembinaan diri sepanjang hidup kita). Wallahu a’lam bishowaf.(NRA)

#RamadhanBerbagiInspirasi
#FLPGresik
#Day4

Baca juga:

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 20 May 2018, in inspiring and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. Wah banyak belajar nih saya..
    Terima kasih share ilmunya yg sangat amat bermanfaat..👍👍

    Like

  2. Sangat bermanfaat..baca gini pas sahur memang tepat..

    Like

  3. jadikan ramadan sebagai momen untuk memperbaiki diri dan seallu diaplikasikan di bulan2 berikutnya hiongga ramadan berikutnya dan perbaikilagi apa2 yang baru disadarai, begitu seterusnya.

    bukan perbaiki,rusak lagi, perbaiki lagi,rusak lagi

    Like

  1. Pingback: Sejarah dan filosofi kupat atau ketupat brosis | khsblog :-D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: