Skip to main content

Tiga Waktu Terkabulnya Doa Spesial di Bulan Ramadhan

KHSblog.netTiga Waktu Terkabulnya Doa Spesial di Bulan Ramadhan. Musibah tak pernah ada yang tau kapan datangnya. Tapi insya Allah bisa kita bentengi dengan sedekah.

Tiga Waktu Terkabulnya Doa Spesial di Bulan Ramadhan

Karena salah satu pahala sedekah adalah menghindarkan diri kita dari bencana atau musibah (sedekah menolak bencana), sebagaimana sabda Nabi Muhammad  :

Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah. Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah. Obatilah penyakitmu dengan sedekah. Sedekah itu sesuatu yang ajaib. Sedekah menolak 70 macam bala dan bencana, dan yang paling ringan adalah penyakit kusta dan sopak (vitiligo).” (HR. Baihaqi & Thabrani).

Musibah, ketika datang menerpa. Yang kita lakukan hanya bisa berdoa dan mohon kekuatan diri kepada yang Maha Pemberi Kekuatan, Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Ada tiga waktu terkabulnya doa spesial di bulan Ramadhan :

1. Waktu Sahur

Rabb kita turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari dan Muslim).

2. Saat Berpuasa 

Ada tiga golongan yang doa mereka tidak ditolak: (1) orang yang berpuasa hingga ia berbuka, (2) imam yang adil dan (3) doa orang yang dizalimi.” (HR Tirmidzi)

3. Ketika Berbuka Puasa

“Sesungguhnya orang yang berpuasa memiliki doa yang tidak tertolak pada saat berbuka.” (HR Ibnu Majah)

Sahabat….
Yuk manfaatkan momen berharga di waktu-waktu mustajab untuk berdoa apalagi di bulan Ramadhan penuh berkah.

Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah Subhanahu wa Ta’ala dan dihindarkan dari musibah. Aamiin allahumma aamiin ya Rabb 🤲

Baca juga:

Tinggalkan Balasan