Skip to main content

Ramadhan Istimewa, Bingung Target Apa Menyambut Tamu Mulia?

KHSblog.net-Ramadhan Istimewa, Bingung Target Apa Menyambut Tamu Mulia? Alhamdulilah, segala puja puji kita kembalikan pada Allah, Rabb penggenggam segala apa yang ada di langit dan bumi. Ia berikan kita kenikmatan menghirup udara Ramadhan, beribadah di dalamnya dan belajar melatih ketaatan.

Ramadhan Istimewa, Bingung Target Apa Menyambut Tamu Mulia?

Bulan Ramadhan melatih kita terbiasa bangun di sepertiga malam terakhir. Bulan Ramadhan melatih kita untuk senantiasa berdekatan dengan Al Qur’an. Bulan Ramadhan melatih kita untuk bersemangat rutin bersedekah. Bulan Ramadhan juga melatih kita untuk menundukkan hawa nafsu, dan membingkai aktivitas dari ketaatan yang satu ke ketaaatan lainnya. Sebuah proses penempaan untuk menjadi pribadi yang bertakwa.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu berkata, Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda, “Allah berfirman, ‘Semua amal anak Adam untuknya kecuali puasa. Ia untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya.” (HR Bukhari dan Muslim)

Sahabat, mari terus mengisi Ramadhan dengan sebaik-baik aktivitas. Mari kita tingkatkan awareness bahwa Ramadhan merupakan momentum besar untuk memohon pengampunan, meminta keridhaan dan keberkahan. Awareness akan melahirkan amal-amal istimewa. Semoga Allah memudahkan kita semua.

Nah, untuk melahirkan amal-amal istimewa menyambut tamu bernama Ramadhan berikut ini ada tulisan inspiratif tentang membuat target Ramadhan.

MEMBUAT TARGET RAMADHAN 1444H

By. Satria hadi lubis

Sudahkah Anda membuat target di bulan Ramadhan 1444H tahun ini yang sifatnya kuantitatif (terukur)? Misalnya, tarawih dalam sebulan berapa kali, sedekah berapa kali dengan jumlah nominal berapa, tilawah Al-Qur’an Qur’an sehari berapa lembar, sholat Dhuha berapa kali, dan lain-lain.

Jangan sampai Ramadhan tahun ini berjalan tanpa makna, hanya diisi dengan kegiatan rutinitas duniawi tanpa ada tekad untuk uzlah memperbanyak ibadah.

Berikut ini ada beberapa “jenis” ibadah yang bisa dipertimbangkan untuk menjadi target harian di bulan Ramadhan :

1. Tahajjud
2. Sahur (afdholnya mendekati azan subuh)
3. Sholat sunnah Fajar sebelum Subuh dan sholat sunnah rawatib lainnya
4. Sholat fardhu berjama’ah di masjid
5. Zikir pagi (Al-Ma’tsurat)
6. Sholat Syuruq (hanya berlaku jika tetap di tempat sholat subuh sampai terbitnya matahari)
7. Tilawah al Qur’an
8. Sholat Dhuha
9. Mencari nafkah halal
10. Menghindari berbohong (meskipun bercanda), berkata ghibah, khurafat, kata-kata makian dan porno
11. Sedekah (dianjurkan sedekah sebelum buka puasa)
12. Silaturahim (minimal WA saudara/teman)
13. Mengajak kepada kebaikan (berdakwah) secara langsung atau via medsos, kepada keluarga atau orang lain
14. Istighfar sebanyak mungkin
15. Zikir sebanyak mungkin
16. Zikir sore (Al Ma’tsurat)
17. Do’a sebelum buka (waktu yang mustajab)
18. Berbuka puasa tanpa menunda (sunnahnya diawali dengan minum air putih dan makan kurma)
19. Sholat Tarawih
20. Mengikuti majelis ilmu secara online (pengajian)
21. I’tikaf (minimal semalam, jika memungkinkan)
22. Menghapal Al-Qur’an
23. Membaca dan/atau menghapal hadist
24. Membaca Terjemahan Al-Quran (banyak muslim yang seumur hidupnya belum pernah membaca terjemahan al Quran sampai tamat)
25. Membaca buku agama
26. Berzakat
27. Dll

Ramadhan Istimewa, Bingung Target Apa Menyambut Tamu Mulia?

Pilih dari berbagai kegiatan di atas mana yang akan dijadikan target. Lalu dicatat di hape atau buat di kertas besar agar terlihat mencolok dan mudah diingat. Catat juga realisasinya. Lalu bandingkan apakah target Ramadhan tercapai atau tidak. Jika tercapai, insya Allah keluar dari bulan Ramadhan kita sudah menjadi manusia baru yang lebih bertakwa dan lebih bermanfaat untuk diri sendiri dan lingkungan kita.

Kemudian dari sisi kualitatif (kekhusyukan ibadah), maka sebaiknya kurangi berbagai gangguan yang dapat mengurangi kekhusyukan ibadah Ramadhan kita, seperti menyimpan televisi di gudang, membatasi pemakaian HP (kalau perlu keluar dari grup-grup WA yang kurang manfaatnya), mengurangi kegiatan sia-sia, jangan banyak tidur, dan lain-lain.

Semoga masukan di atas bermanfaat untuk menambah semangat ibadah kita di bulan Ramadhan.

Maturnuwun

baca juga :

Tinggalkan Balasan