Skip to main content

Memorabilia dengan lampu gaspon dan ublik jaman dahulu kala

Memorabilia dengan lampu gaspon dan ublik jaman dahulu kala. Kids jaman old generasi tahun 90an sebelum ada listrik tentu familiar dengan 2 lampu penerangan ini yakni lampu gaspon dan lampu ublik. Lampu gaspon ini ada yang menyebut lampu petromax. sementara lampu ublik ada menyebutnya dengan dilah. Nah berikut postingan warganet di grup Facebook Gresik Sumpek.

dulu jaman masih kecil dan listrik belum masuk di desaku rumahku hanya di terangi oleh dua lampu ini .. namanya lampu gaspon dan lampu oplik… inget waktu di suruh bapak beli spiritus buat nyalakan lampu ini.. biasanya saya suka lihat bpk memompa lampu ini sambil senyum2 karena wajahku di lampu ini bisa aneh karena bentuknya cembung hehehe dan yg lampu oplik ini di taruh di dapur inget kalo aq minta antar ibu ke belakang pakai lampu ini… klo inget jaman2 dulu sangat terkesan sekali… adakah dulur2 di GS ada pernah ngalami hal seperti saya ? …” ujar Irfan Restu di grup fb ‎GRESIK SUMPEK pada tanggal 13 Desember 2017. 

Beberapa warganet pun menimpali komentar diatas. “inyong dadi phobia tikus yo gr2 lampu jaman ki..wis omahe inyong biyen teko kayu, g ono plafone..d nggoh playone para tikus. enak2 mlumah karo moco buku mlh d jatuhin cindil teko ndukur, pas ng weteng. inyong yo kaget tho. inyong jingkat, tikus melu kaget mlh mencolot neng wajah inyong. kui cerito inyong..ndi cerito rika. ” tutur Eri Lamela

Hamidatul Husnah
Sama… jd ingat zmn dulu n ingt Almarhum ayah ktk mompa lmpu gaspon..

PiiwiitiiMii Huppy
Setidaknya aq pernah merasakan hangatnya lampu ittu

Yayak Poy
Hanya orang kaya yg mampu beli lampu gaspon

Agus Suwito
Lampu oplik karo lampu petromak nganggo kaos lampu

Helmiyati Nengsih Izaali
iyo lur… nek sinau gawe lampu oplek trus nek isuk irung ireng kabe…. hhh

Tutik Astituk
Iyo….cilikku yo ngunu lur..wektu nok ndeso…sampai th 81 listrik msk desaku

KHS sendiri cukup akrab dengan lampu gaspon atau petromax tersebut saat tahun 90an. Lampu itu akan menyala ketika musim tembakau yakni merajang tembakau yang sudah dipetik dari sawah. Selain itu lampu itu akan menemani ketika punya hajat seperti sunatan, mantenan atau pengajian yang dilakukan pada malam hari. Sore hari jelang matahari terbenam maka makan beradu tangan memompa lampu petromax tersebut setelah dipasang semprong dan spritus. Selebihnya memakai lampu ublik atau dilah tersebut. Semua sirna ketika listrik masuk desa tahun 1996.

Ini ceritaku, mana ceritamu kawans?

Maturnuwun

baca juga :

Tinggalkan Balasan