Advertisements

Biar gak bingung, Daging ular ini dijual di TransMart Manado brosis…

Ada sebuah gambar daging ular dengan label TransMart yang ramai di media sosial. Salah satunya yang singgah oleh akun facebook Fansberat BobSadino pada tanggal 1 Juli 2017. Foto tersebut menurutnya bersumber dari Yayasan SIOUX Ular Indonesia. Ada warganet yang kaget, tak percaya namun ada juga yang mengaku biasa terutama di daerah Manado, Sulawesi Utara. Penelusuran dari warganet menyebutkan bahwa Daging Ular berlabel TransMart tersebut dijual di area Manado.

Beberapa warganet mengaku ngeri dan kaget. “Masa transmart jual beginiannnnn?????? Parah banget….“kata Seri Murni Tampubolon Silaen. Sementara warganet lain mengungkapkan hal serupa, “Ngeri jg ya lihatnya…baru ini lihat supermarket yg berkls mau jajakan yg beginian…apa ngk ada lg yg yg pantas di pajang…seandainya itu di jual di pasar tradisional sah2 aja...”ujar Ledy Sandra. Begitupun pula warganet Wytin Gultom, “OMG liatnya aja geli, gmn mau makannya“katanya.

Awalnya berita daging ular dijual TransMart ini ada yang bilang hoax namun ternyata berita tersebut benar. “Sudah dikonfirmasi benar adanya di transmart manado. Jadi yg publik harap maklum. Dan tidak hoax “kata Achmad Romlan yang mengaku bekerja di TransMart area Jabodetabek ini. Warganet lain mencoba melengkapi info tersebut. “Maaf sebelum’a.. Transmart manado menjual krn mmg d manado ad pasar dn pembeli khusus yg suka,bkn hanya ular,ad jg tikus,kucing dll ” kata Bee Yanthi. Warganet lain Al Ikhsan Imanullah menambahkan penjelasannya, “Kalau di sulut. Khususny daerah manado hal kaya gini udah biasa. Jangan membesar2kan hal seperti ini lah. Mancing sara ae. ~_~ “ tegasnya.

Warganet lain menjelaskan bahwa itu buka ular patola namun jenis lain. “Namanya pun ular retic bukan Patola. Tapi ini dijual di daerah dimana daging ular adalah budaya ” tambah Fadhli Erlanda Arlan

Biar gak bingung dan kaget, warganet lain mencoba untuk menjelaskan secara gamblang. “Setiap daerah punya kebiasaan makan yang berbeda-beda. Harus saling menghormati dan menghargai. Tidak perlu yang satu merasa makanannya lebih baik dari yang lain. Seperti pepatah mengatakan “lain lubuk lain ikannya”. Saya yakin banyak yang sudah tahu tentang hal seperti ini. Banyakin baca sejarah Indonesia, keanekaragaman budaya, adat istiadat dan lain sebagainya tentang Indonesia. Jadi gak “gumonan” seperti ini.” Terang Enno Ramelan

Tiap daerah mempunyai ciri khas nya masing2, mempunyai budaya yg beraneka ragam, termasuk kebiasaan / aneka ragam masakan nya… jd ga usah lah menjudge yg bukan2… ini lah uniknya indonesia bung… kita merasa aneh n ga wajar krn daerah lingkungan tmp kita berpijak tdk ada hal spt ini. Bgtu pun di sana, hal ini bukan hal yg aneh bagi mrk…” kata Dewa Gede Sastraguna ZesmaerthaPrabawatmaar

“Kurang piknik kayaknya nih orang…hahahahaha. INDONESIA Itu luas bung…..Dan beranekaragam SARA bukan hnya ditinggali satu golongan saja.  Silahkan pesiar ke daerah kami MANADO-SULUT..dan jalan2 ke pasar TOMOHON…Dan anda akan kaget krna daging yg dijual*(kucing,biawak,anjing,phyton,tikus,dkk) mungkin tdk lazim untuk anda dan bagi kami itu lazim dan bukan hal yg aneh.” Ujar Franky secara panjang lebar.

Well, semoga Warganet lain tidak ikutan bingung dan kagetan mengenai daging ular yang mungkin bagi sebagian orang tidak familiar. Mungkin kalau di Jawa semacam ulat jati yang dimakan atau laron yang dijadikan rempeyek…hehehe.

Maturnuwun

Baca juga :

 

 

 

 

 

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 2 July 2017, in justinpoh and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 9 Comments.

  1. Warganet emang hobi kalau bertengkar di sosial media. 😂

    Like

  2. Dan gara² foto ini, ada yg nyalahin rezim pemerintahan sekarang 😆

    Like

  3. antonius steven

    Menghormati dan menghargai suatu budaya bangsa itu pasti. Adakah pertanyaan. Bagaimana jika yang membeli daging tersebut bukan asli orang budaya di daerah itu atau adat dari daerah situ. Atau pribumi daerah situ? Lalu daging tsb di bawanya ke luar daerah tsb. Karena semakin banyaknya permintaan daging tsb. Makin banyaknya pemburu daging ular tsb. Lalu bagaimna dengan rantai makanan?

    Like

  1. Pingback: Heboh belasan Kambing di Malang tewas, diduga digigit hewan buas. Anjing liar? | khsblog :-D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: