Advertisements

Ini bahayanya perokok pasif

Ini bahayanya perokok pasif

Merokok adalah hak asasi manusia meskipun peringatan bahaya melekat padanya. Merokok disini dipastikan merokok dengan rokok kretek atau filter. Yang jelas rokok dari bahan cengkeh dan tembakau… hehehehe. Nah ada 2 tipe perokok yakni perokok aktif dan perokok pasif. Dan ternyata perokok pasif juga sama bahayanya kawans….bahaya perokok pasif tahun 2016

Perokok aktif didefinisikansebagai pelaku yang menyulut sebatang rokok dengan korek api dan menghisap dalam dalam rokok dalam genggaman. Sedangkan perokok pasif adalah mereka yang tidak ikutan menyulut rokok namun terkena dampak asap buangan dari para perokok aktif ini. Perokok pasif bisa jadi anak-anak maupun bumil yang ada disekitar perokok aktif.

Sebenarnya iklan di TV atau koran sudah menjelaskan dampak negatif dari rokok ini namun lebih kepada para perokok aktif. Namun postingan Samuel Sormin di laman facebooknya tanggal 10 Juni 2016 silam menjelaskan bahayanya perokok pasif. Monggo disimak

***
Samuel Sormin menambahkan 2 foto baru.

“Pesan Pak Marmin, pasien RSCM dari Lampung, teman sekamar di rumah singgah RSCM, sudah 2 bulan rawat inap, dan 2 bulan jg di rumah singgah RSCM utk kontrol.

Pak Marmin bekerja di bengkel, dianya sih ngak merokok, tapi teman2 nya selalu merokok.

Akhirnya pak Marmin yang kena tumor pita suara karena jadi perokok pasif, ngisap asap rokok teman2 nya. Pita suara diangkat, tenggorokan sama saluran kehidung diangkat semua, itu operasinya sampai setengah leher disayat (di bedah ) semua loh 😱. Hidung ngak ada gunanya lagi, jadi bisu. Nafas? ya itu, pakai selang yg lobang nya warna putih di leher. Kontrol radiasi itu seluruh leher disinari, panas, sampai hitam, pak Marmin nya aja cerita sambil ekspresi nyeri sakit..

Dengan gerak gerik mulut, sama tangan, dibantu terjemahan sama anak nya, pak Marmin pesan sebelum pisah di rumah singgah, “DE, JAUHI ROKOK YA, ASAP ROKOK JAUHI, FOTO SAJA BAPAK! TUNJUKIN SAMA TEMAN2 NYA, BIAR JANGAN MEROKOK LAGI.”

Kesimpulan:
– Secara pertemanan, ngak mungkin lah putus pergaulan karna kawan rokok. Tapi saling toleransi lah, soalnya lebih besar potensi perokok pasif kena kanker/tumor daripada perokok aktif. Kurangi atau hentikanlah rokok.
– Jauh lah semboyan “hancur demi kawan” kayak lagu “Anak Medan” gara2 rokok, pengecualian lah itu. 😂

Sebarkan, karena itu permintaan beliau.

****

KHS tidak tahu keaslian cerita tersebut namun pernah membaca kisah serupa dengan diatas dimana menggambarkan cerita bahayanya perokok pasif. Cerita yang pernah KHS baca yakni sekelompok TKI yang tinggal dalam satu kamar dimana semua adalah perokok aktif namun ada 1 perokok pasif. Namun yang terkena gangguan pita suara justru perokok pasif tersebut.

Monggo saling toleransi dan saling menghargai saja sesama perokok agar hidup sehat bisa dinikmati bersama.

Maturnuwun

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0
©©©©©©©©©

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 6 August 2016, in biarsehat and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. Ya udah ngerokok aja sekalian

    Like

  2. Saya juga kesal sama yg suka ngerokok sembarangan, apalagi kalo lagi gendong bayi, grrr!!!!

    Buat perokok yang ingin berhenti merokok, simak artikel ini ya 🙂
    http://warung-mimin.blogspot.com/2016/08/berikut-ini-tips-untuk-lepas-dari-jeratan-rokok.html

    Like

  3. Terimakasih min atas info bahaya perokok pasifnya, sangat bermanfaat.

    Like

  1. Pingback: Ini alasan mengapa ada rencana harga rokok naik Rp.50.000 | khsblog :-D

  2. Pingback: Berikut tanda-tanda serangan jantung | khsblog :-D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: