Skip to main content

Kuasa Jilbab, skripsi KHS yang dibukukan….#merasabahagia

Kuasa Jilbab merupakan judul skripsi KHS ketika menimba ilmu di Sosiologi Universitas Airlangga, Surabaya tahun 2007 silam. Skripsi ini dulunya berangkat dari sebuah kontemplasi yang dalam untuk mencoba mencari makna akan sebuah fenomena. Sebuah kegelisahan akademis dan keresahan intelektual berhadapan dengan fenomena massalisasi jilbab. Fenomena jilbab dalam kontestasi identitas di Indonesia pasca reformasi. Sebuah awal perjuangan ideologis yang harus berakhir dengan catatan – catatan miris. Antara jilbab ideologis yang ‘bergandengan mesra’ dengan jilbab instrumentalis. Nah sekarang skirpsi ini telah dibukukan oleh Pustaka Saga sehingga dapat dinikmati setiap orang…hehehebuku kuasa jilbab karya kang heri setiawan diterbitkan oleh pustaka saga januari 2016

Buku yang berangkat dari Skripsi ini berjudul : Kuasa Jilbab, sejarah, pergulatan dan eksistensi . Memiliki ketebalan 138 halaman yang didalamnya merupakan ‘ringkasan’ dari skripsi KHS yang tebalnya 350 halaman. Buku ini membongkar jilbab baik dari historis, kontestasi serta diskriminasi dalam perjalanananya. Oia untuk memudahkan disini yang dimaksud dengan jilbab adalah tudung, kerudung karena mengikuti kelaziman pemahaman di masyarakat.

Berdasarkan penelitian, jilbab memang fenomena sarat makna yang berujung pada kuasa. Jilbab, sehelai kain diatas kepala ini bisa berperan ideologis serta instrumentalis. Jilbab mempunyai beragam makna tergantung penafsiran individu, sosial dan kultural. Pembacaan Barthes menghasilkan dua mitos jilbab  yakni jilbab ideologis sebagai simbol kesopanan sekaligus perlawanan.

Sedangkan, jilbab instrumentalis menunjukkan mitos kebebasan dan kemodernan. Marcuse memandang Jilbab instrumentalis sebagai bentuk totalitarianisme yang dilakukan kapitalisme dengan rayuan budaya massanya. Jilbab ideologis dan instrumentalis tidak bisa dipisahkan secara diametral karena fakta dilapangan bisa jadi saling berkelindan. Persoalan jillbab memang merupakan persoalan yang tidak sederhana sebagaimana tidak sesederhananya pula makna dan istilah tersebut.bedah buku jilbab dalam pusaran kapitalisme oleh kang heri setiawan dari sosiologi universitas airlangga

Nah buku Kuasa Jilbab ini bisa mentemans dapatkan dengan harga sektar 50k saja atau silahkan hubungi kontak penerbit dibawawh ini:

Penerbit

PUSTAKA SAGA

Jl. Gubeng Kertajaya VE No. 12

Surabaya 60281

Email: saga.penerbit@gmail.com

HP: 085655396657

Semoga buku ini bisa menjadi sumbangsih dalam kasanah perbukuan di tanah air.

Maturnuwun

—***\Contact KHS/***—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 584929B8

31 thoughts to “Kuasa Jilbab, skripsi KHS yang dibukukan….#merasabahagia”

Tinggalkan Balasan