Advertisements

Daftar nabi palsu sejak dahulu, jaman nabi hingga kini [khususnya di Indonesia]

Nabi palsu merupakan mereka-mereka yang mengaku menerima wahyu dan mengklaim sebagai nabi. Bagi kalangan umat islam urusan nabi itu sudah jelas bahwa Nabi Muhammad SAW merupakan penutup nabi-nabi alias khatamul anbiyaa.  “Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al Ahzab: 40). Nah bila ada yang mengaku-ngaku nabi di akhir zaman maka sudah jelas bahwa itu nabi palsu. nabi muhammad nabi terakhir

Sebenarnya terkait nabi palsu Kanjeng Nabi sudah memberikan pernyataan. Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: “Kiamat tidak akan terjadi sebelum dibangkitkan para dajjal (pendusta) yang berjumlah sekitar tiga puluh orang. Semuanya mengklaim bahwa dirinya adalah Rasul (utusan) Allah”. (HR: Al-Bukhari dan Muslim). Nah berikut beberapa daftar nabi palsu sebagaimana dikutip dari alqiyamah.wordpress.com

NABI PALSU SEBELUM ZAMAN ISLAM:

  1. Zoroaster (Persia, 660-583 SM), kitab suci: Avesta. Mati terbunuh dalam perang melawan Bactria (Balkh).
  2. Marcion (Roma, ± 144 M), pembentuk gereja Marcionite dan pemahaman Marcionisme .
  3. Mani (Persia, ± 242 M), pendiri agama Manichaeisme (al-Maniwiyah). Mati dibunuh, dikuliti, dan kulitnya diisi jerami dan digantung oleh Bahram.
  4. Daishan, pendiri aliran Daishaniyah yaitu suatu aliran ber-tuhan dua di Persia dari agama Majusi.
  5. Mazdak (Persia, 487-523 M), pendiri aliran Mazdakiyah (Serba Boleh dan Semua Halal), kitab suci: Zanda. Mati dibunuh.

NABI PALSU DI ZAMAN JAHILIYAH:

  1. Amru bin Luhayyi, (dari Kabilah Khuza’ah), orang yang pertama kali merubah agama Nabi Ibrahim dan Ismail menjadi kemusyrikan dan penyembahan berhala.

NABI PALSU DI MASA RASULULLAH SHALALLAHU ALAIHI WASALLAM:

  1. Al-Aswad al-Ansi (11 H/632 M) atau Abhalah bin Ka’ab bin Auf al-Ansi al-Madzhiji , seorang dukun dari Yaman. Mati dibunuh oleh Fairuz, kerabat istri al-Aswad.
  2. Musailamah al-Kadzdzab (usia 150 tahun, mati tahun 12 H/633 M). Memiliki pasukan 40.000 orang. Mati dibunuh oleh Wahsyi dengan tombaknya pada masa Khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq.

NABI PALSU SETELAH MASA RASULULLAH SHALA-LAHU ALAIHI WASALLAM:

  1. Sajah binti Al-Harits bin Suwaid bin Aqfan at-Tamimiyah dari Bani Yarbu (mati tahun 55 H/675 M). Seorang dukun wanita yang mengaku Nabi di zaman Abu Bakar ash-Shiddiq dan kemudian dinikahi oleh Musailamah al-Kadzdzab. Sete-lah Musailamah terbunuh, Sajah melarikan diri ke Irak kemudian masuk Islam dan mati dalam keadaan Islam.
  2. Thulaihah al-Asadi (mati tahun 21 H/642 M). Masuk Islam tahun 9 H, kemudian murtad dan mengaku Nabi di Nejd pada masa Abu Bakar ash-Shiddiq. Setelah Abu Bakar ash-Shiddiq wafat, Thulaihah bertaubat (masuk Islam) kemu-dian mati syahid dalam penaklukkan Persia.
  3. Abdullah bin Muawiyah bin Abdullah bin Ja’far bin Abi Thalib. Sempalan Syiah yang meyakini reinkarnasi (kembali-nya ruh orang yang sudah mati) dari satu orang ke orang lain. Dia mengaku Tuhan dan Nabi sekaligus.
  4. Al-Mukhtar bin Abi Ubaid (Thaif, 622-687 M/67 H), pe-nganut Syiah yang mengaku Nabi dan mendapat wahyu. Dia adalah saudara iparnya Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhu. Mati dibunuh oleh Mush’ab bin Az-Zubair di Harura.
  5. Mirza Ali Mohammad (abad 19). Pendiri agama Babisme dan penganut Syiah, dihukum mati oleh pemerin-tah Iran tahun 1843.
  6. Mirza Husein Ali. Pendiri agama Bahaisme (pengganti Babisme) dan penganut Syiah. Mengaku Nabi tahun 1862 dan mati tahun 1892, kemudian dilanjutkan oleh anaknya, Abbas Efendy yang berpusat di Chicago.
  7. Mirza Ghulam Ahmad (India 1835-1908). Pendiri agama Ahmadiyah. Kitab suci: Tadzkirah. Mati terkena wabah penyakit kolera.
  8. Rashad Khalifa (Mesir, 1935-1990), penganut Tasawuf dan perintis Ingkarus Sunnah. Mati dibunuh oleh pengikutnya dengan disembelih dan ditusuk-tusuk dengan pisau dapur.
  9. Asy-Syaikhah Manal Wahid Manna, wanita tersebut mulai melontarkan kesesatan sejak tahun 1995. Dan dipenjara oleh pemerintahan Mesir.
  10. Tsurayya Manqus, seorang wanita peneliti, cendekiawan dalam bidang sejarah dari Yaman.
  11. Muhammad Bakri, asal Yaman dan dibunuh oleh pengikut-nya, kemudian disalib di atas papan kayu.
  12. Muhammad Abdur Razak Abul ‘Ala, asal Sudan. Bekerja sebagai tukang jahit di Kairo.
  13. Dan masih ada beberapa Dajjal yang mengaku Nabi dari berbagai negara lainnya seperti di Sudan, Saudi Arabia, Mesir, Libanon dan lainnya.

NABI-NABI PALSU DI INDONESIA:

  1. Ahmad Musaddeq atau H. Abdul Salam (Lahir Jakarta, 1942), mengaku menjadi Nabi tanggal 23 Juli 2006. Pemim-pin Al-Qiyadah Al-Islamiyah di rezim Presiden Susilo Bam-bang Yudhoyono. Kitab suci: Al-Qur’an dengan pemahaman sendiri. Mengaku bertaubat tanggal 9 November 2007. Ajarannya selalu berubah mulai dari Al-Qiyadah Al-Islamiyah, Agama Millah Abraham dan terakhir menjadi tokoh spiritual Gafatar (Gerakan Fajar Nusantara)
  2. Lia Aminuddin, pendiri agama Salamullah. Mengaku men-dapat wahyu dari malaikat Jibril dan mengklaim dirinya Nabi dan Rasul serta Imam Mahdi. Divonis hukuman 3 tahun penjara oleh Mahkamah Agung.
  3. Ahmad Mukti, putra dari Lia Aminuddin yang dianggap sebagai Nabi Isa. Kepercayaan itu muncul lantaran Lia Eden pernah menerbitkan buku berjudul Perkenankan Aku Menjelaskan Sebuah Takdir (PAMST). Dimana ia mengakui Ahmad Mukti merupakan reinkarnasi Nabi Isa.
  4. Cecep Solihin, pria kelahiran 2 Agustus 1965 ini mengajarkan doktrin-doktrin aneh yang membingungkan dan menyesatkan. Pria yang mengaku sebagai rasul ini ditangkap di Jalan Cinta Asih, RT 01/ 11, Kelurahan Samoja, Kecamatan Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat.
  5. Dedi Mulyana, biasa dipanggil dengan sebutan Eyang Ended berasal dari Banten.  Dedi mengaku memperoleh wangsit dari musyawarahnya dengan jin di laut. Nabi palsu ini berprofesi sebagai dukun.
  6. Ashriyanti Samuda,  mengklaim sebagai nabi sejak berusia 30 tahun. Warga Kepulauan Sula, Maluku ini menerbitkan buku yang dicetaknya sendiri kemudian disebarkan kepada masyarakat setempat. Ashriyanti sempat berniat menyampaikan sabdanya kepada presiden pada 2014 lalu lewat bukunya berjudul Pemimpin yang Diutus Cahaya dari Indonesia Timur for Presiden RI 2014. Buku ilegal ini sampai ke MUI Maluku Utara. Nabi palsu ini akhirnya disidang pada 15 Juni 2012 lalu.
  7. Sutarmin, muncul di lereng Gunung Lawu pada 2013 lalu. Nabi palsu ini  adalah guru agama yang meneruskan ajaran pendahulunya Rochmad. Rochmad dan pengikutnya diketahui menyimpang dari ajaran Islam. Mereka mengganti nama Nabi Muhammad dalam syahadat dengan nama Rochmad.
  8. Gus Jari bin Supardi, Pria 40 tahun tinggal di Dusun Gempol, Desa Karangpakis, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur. Menyebut dirinya sebagai Nabi Isa Al Habibullah. Lewat pondok pesantrennya yang diasuhnya, Kahuripan Ash-Shiroth di Dusun Gempol, ia memiliki 100 pengikut.

Diambil dari buku “Nabi-nabi Palsu dan Para Penyesat Umat” oleh Hartono Ahmad Jaiz. Printed by Maktabah Salman 2008 dan dirangkum dari berbagai sumber)

Ramalan-ramalan lain terkait keberadaan Nabi Palsu 

Rasulullah SAW bersabda,
“Akan muncul dari tengah umatku pendusta semuanya mengaku nabi, padahal aku adalah penutup para nabi, tidak ada nabi sesudahku. Dan akan senantiasa ada sekelompok dalam umatku yang berada di atas kebenaran” (HR. Abu Daud dan Ahmad).

Rasulullah SAW bersabda,
“Dalam umatku ada 27 pendusta dan pembohong, 4 diantara mereka adalah perempuan. Dan sesungguhnya aku adalah penutup para nabi, tidak ada nabi sesudahku.”(HR. Thahawi).

Semoga umat islam eling dan waspada terkait keberadaan nabi-nabi palsu yang dengan gencar menularkan keyakinan-keyakinan nyleneh nya.

Maturnuwun

—***\Contact KHS/***—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 584929B8

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 20 February 2016, in justinpoh and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 12 Comments.

  1. ayo siapa lagi yang mau mengaku nabi kesurupan? 😀

    Like

  2. Muhammad sendiri adalah nabi palsu (napal) kalau mau disejajarkan dgn nabi-nabi Israel, tapi kalau nabi hanya untuk kalangan umat Islam, ya bisa-bisa aja. Menurut Islam nabi bisa klaim sendiri, acuan yg jelas tidak ada.
    Kalau terungkap Muhammad nabi palsu resikonya Alquran tidak sah atau tidak layak beredar.
    GBU

    Like

    • Sori bang sejak kapan ya “Menurut islam nabi bisa klaim sendiri, acuan yg jelas tidak ada”? raja najasyi yg beragama kristen aja mengakui kalo apa yg diturunkan kepada nabi muhammad sama dengan apa yg diturunkan kpd nabi isa.

      Like

  3. BUKTI MUHAMMAD DAPAT WAHYU BUKAN DARI iBLIS………………………..

    ini kisah umar masuk islam,, “di riwayatkan oleh imam ahmad bahwa umar bin khotob pernah berkata : isi hati nya pernah terbaca,ketika umar bin khotob hendak membunuh muhammad daribalik kain korden akan tetapi hati umar terbaca kmudian jawaban dari isi hati umar langsung menjadi ayat quran, disaat itu muhammad yg hendak di bunuh umar sedang membaca quran…………………….
    …………………………………………………………ini isi hati umar : “Kalimatnya seperti syair yang indah”………………………………………………
    …………………………………………………………………
    ……………………Maka saat itu pula Allah SWT menjawab melalui surat Al Haaqqah: ayat 41.: “Dan Al Quran itu bukanlah perkataan seorang penyair. sedikit sekali kamu beriman kepadanya………………………………
    ……………………………….”Terkejut Umar, “Hei, mengapa ia tahu isi hatiku. Apakah ini sebuah sihir?”………………………………..
    …………………………………………………………………
    …………….”Lagi-lagi Allah SWT menjawab dengan surat Al Haaqqah: ayat 42.“Dan bukan pula perkataan tukang sihir. sedikit sekali kamu mengambilpelajaran daripadanya……………………….,………………..
    ……………………………….Umar meski berwatak keras, namun hatinyamenyimpa
    n kelembutan. Maka jawaban ayat Allah itu melunakkan emosi Umar dan ia urungmembunuh muhammad malam itu…………………………………………………
    …………………………….sebelum umar terbaca isi hati nyaumar mendengarkan dari ayat 1-40 nah setelah ayat ke 40 umar bergumam dalam hati lalu dijawab oleh allah swt yg di bisikkan pd muhammad lalu jawabanallah swt itu lah yg menjadi ayat ygke 41 dan umar bergumam dalam hati nya lagi di jawab lagi oleh allah swt dgn membisikkan pd muhammad lalu jawaban allah swt yg ke2 menjadi ayat yang ke 42″……………………………………
    ………………………………………….”klu tuhan nya muhammad itu iblis tentu tuhannya muhammad tidak bisa membaca isi hati umar terus muhammad pun tidak bisa jawab isi hati umar, iblis kan gk di beri kuasa membaca hati mahluk tuhan. hanya tuhan sejati yg bisa baca hati manusia.

    Like

    • Anggapan tak berdalil kau hadi sis. siapa bilang Muhammad itu tuhan. Muhammad itu adalah rasul Allah yang menerima wahyu dari Allah. Anggapan mu tuhan itu Allahmu jelas disini kata Allah itu adalah tuhan yang sebenarnya, tidak ada tuhan selain Allah. Bukan Tuhan tapi Allah. Nabi musa aja menerima wahyu pertama kali tentang penciptaan cakrawala yang berisi Allah yang menciptakannya, Bukan tuhan yesus dengan anggapan bahwa Yesus itu Allah bertentangan dengan ayat surat Yohanes yang sudah dirubah oleh paulus mangkanya Al-kitab berbahasa yunani pada awal ditemukannya bukan Aramik. karena sudah dibawa dan dirubah oleh Paulus dengan bahasa yunani

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: