Advertisements

Ini lho perbedaan Miss Universe dan Miss World serta Miss Indonesia dan Putri Indonesia….biar gak binung mantemans

Helatan pemilihan ratu kecantikan  sejagat baik Miss Universe maupun Miss World pasti menyita perhatian dunia. Tidak sedikit orang awam yang binung terkait Miss World maupun Miss Universe. Bahkan ada yang mengatakan bahwa Miss Wolrd juga Miss Universe….xixixixi padahal ini dua acara yang berbeda meskipun secara konseptual hampir mirip-miri ya mantemans. Nah biar tidak binung silahkan disimak penjelasan berikut ini.

Perbedaan dan Persamaan Miss World, Miss Universe, Miss Indonesia dan Putri IndonesiaHari sabtu (19/12) di Sanya, Tiongkok, Miss Indonesia 2015 Maria Harfanti membuat sejarah dengan menjadi runner up II (juara ke-3) kontes ratu kecantikan dunia [Miss World] , sementara juaranya adalah Mireia Lalaguna Rozo dari Miss Spanyol. Sedangkan gelaran Miss Universe dilaksanakan (20/12) di Las Vegas, Amerika Serikat dengan kejadian menghebohkan salah sebut nama dan asal negara juara Miss Universe. MC bernama Steve Harvey ini menyebutkan pemenang Miss Universe 2015 asal Kolumbia padahal mestinya berasal dari Filipina bernama Pia Wurtzbach. Delegasi Indonesia pada gelaran Miss Universe ini yakni Anindya Kusuma Putri  dari Puteri Indonesia 2015 yang masuk dalam nominasi 15 besar.

Miss World

Miss Universe

Pertama dilaksanakan :

Miss World pertama kalinya di Inggris Raya pada 1951 Miss Universe diadakan pada 1952 di Long Beach, California, Amerika Serikat.

Tempat dilaksanakan :

Bisa dilakukan dibelahan bumi manapun namun semua tergantung dukungan sponsor. Hampir sama dengan Miss World namun dalam beberapa tahun terakhir lebih “Amerika Centris”

Pemilik :

Dimiliki Miss World Organisation didirikan oleh warga Inggris Eric Morley, dan jabatan CEO diambil alih oleh istrinya Julia Morley setelah dia meninggal pada 2000 Dimiliki oleh Miss Universe Organization yang lekat dengan nama triliuner AS Donald Trump. Namun Trump telah menjual Miss Universe Organization ke perusahaan AS WME/IMG September 2015 lalu, menyusul penghentian kerjasama dengan NBC Universal.

Azas

Miss World digelar dengan azas kekeluargaan dan kemanusiaan Miss Universe juga hampir sama namun nuansa bisnis dinilai lebih kental

Paling sering digelar

Sampai tahun 2015 telah digelar hingga ke-65 Sampai tahun 2015 telah digelar hingga ke-64

Peserta

Dari perwakilan setiap negara di dunia namun pada tahun 2015 gelaran Miss World diikuti 115 peserta Dari perwakilan setiap negara di dunia namun pada tahun 2015 gelaran Miss World diikuti 80 peserta

Penilaian

Seleksi Miss World juga meliputi kerja sosial peserta, penggunaan multimedia, kemampuan fisik dan bakat. Sejak tahun 2014 penggunaan bikini dalam gelaran Miss World tidak masuk dalam penilaian Hampir sama dengan Miss World namun tahun 2015 ini Miss Universe memiliki terobosan baru dengan melibatkan peserta untuk menilai secara online dalam skala 0-10 tentang penampilan gaun, bikini dan wawancara. Miss Universe juga menilai peserta dalam pakaian khas negara masing-masing.

Penggunaan pakaian bikini masih menjadi ajang penilaian hingga kini

Hadiah

Hadiah Miss World dinilai tak begitu jelas, tapi berwujud tunai. Sebagai gambaran pemenang Miss World tahun 2014 lalu, Rolene Strauss, lebih banyak melakukan aktivitas sosial di seluruh dunia sebagai duta kemanusiaan dari Miss World. Sebagai gambaran, pemenang Miss Universe tahun 2014 lalu asal Kolombia, Paulina Vega, mendapat gaji satu tahun penuh, bebas sewa apartemen di New York, beasiswa satu tahun di New York Film Academy, kerja modeling, duta profesi dan kehumasan, undangan ke berbagai pertemuan, baju-baju gratis dan lain-lain

Peserta perwakilan masing-masing negara

Sebelum melaju ke ajang Miss World, delegasi harus meraih kontes kecantikan nasional di negaranya yang berafiliasi dengan Miss World. Di Indonesia, lisensi ini dipegang oleh Yayasan Miss Indonesia.

Ajang nya yakni Miss Indonesia

 

peserta yang mengikuti Miss Universe merupakan peraih kontes kecantikan yang memegang lisensi dari Miss Universe Organization.

Kalau di Indonesia ajangnya yakni Putri Indonesia

Miss Indonesia

Putri Indonesia

Ajang Miss Indonesia baru dimulai tahun 2005. Ajang pemilihan Puteri Indonesia sudah lebih dulu eksis tepatnya dimulai sejak tahun 1992.
Miss Indonesia sponsor utamanya adalah Sari Ayu Martha Tilaar milik pengusaha kosmetik Marta Tilaar. Puteri Indonesia sponsor utamanya adalah perusahaan kosmetik Mustika Ratu milik Moeryati Soedibyo.
Miss Indonesia hak siarnya dipegang MNC Group, khususnya RCTI. Pemilihan Puteri Indonesia hak siarnya dipegang oleh Indosiar.
Pemenang Miss Indonesia mewakili Indonesia di kontes Miss World. Pemenang pemilihan Puteri Indonesia otomatis jadi wakil Indonesia di ajang pemilihan Miss Universe.

Penilaian

Kriterian Penilaian dilakukan dengan akronim “ MISS”

1.       Manner: Perilaku baik

2.       Impressive: Berkesan

3.       Smart: Cerdas

4.       Social: Bersosial tinggi

parameter penilaian “3B,” yaitu:

1.       Brain: Kecerdasan

2.       Beauty: Penampilan menarik

3.       Behavior: Berperilaku baik

Demikian mantemans perbedaan Miss Universe dan Miss World serta Miss Indonesia dan Putri Indonesia sehingga tidak menimbulkan kebinungan ditengah masyarakat. Semoga keikutsertaan Indonesia dalam ajang-ajang internasional ini bisa membawa harum nama bangsa meskipun ada sesi bikini yang menimbulkan pro kontra sana-sini.

Maturnuwun

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 23 December 2015, in justinpoh and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Comments.

  1. ini isinya wanita cantik cantik ya gans..

    Like

  2. jian kontes ra penting

    Like

  3. alahhh mung pamer aurat tokk.. jaman wes edan..

    Like

  1. Pingback: Iris Mittenaere, Miss Universe 2017 | khsblog :-D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: