Skip to main content

Bulan Sya’ban Perbanyak Puasa Sunnah Berikut Daftar Puasa Sunnah Lengkap dengan Waktunya

KHSblog.net Bulan Sya’ban Perbanyak Puasa Sunnah, Berikut Daftar Puasa Sunnah Lengkap dengan Waktunya. Bulan Sya’ban adalah bulan menyirami amalan-amalan shalih. Hampir setengah perjalanan bulan Sya’ban sudah dilalui. Bagaimana mengisi bulan Sya’ban dan mempersiapkan tamu istimewa bernama Ramadhan?

Bulan Sya'ban Perbanyak Puasa Sunnah Berikut Daftar Puasa Sunnah Lengkap dengan Waktunya

Di bulan Ramadhan kita dianjurkan untuk memperbanyak amalan sunah seperti membaca Al-Qur’an, berdzikir, beristighfar, shalat tahajud dan witir, shalat dhuha, dan sedekah. Untuk mampu melakukan hal itu semua dengan ringan dan istiqamah, kita perlu banyak berlatih. Di sinilah bulan Sya’ban menempati posisi yang sangat urgen sebagai waktu yang tepat untuk berlatih membiasakan diri beramal sunah secara tertib dan berkelanjutan. Dengan latihan tersebut, di bulan Ramadhan kita akan terbiasa dan merasa ringan untuk mengerjakannya. Dengan demikian, tanaman iman dan amal shalih akan membuahkan takwa yang sebenarnya.

Abu Bakar Al-Balkhi berkata: “Bulan Rajab adalah bulan menanam. Bulan Sya’ban adalah bulan menyirami tanaman. Dan bulan Ramadhan adalah bulan memanen hasil tanaman.”

Beliau juga berkata: “Bulan Rajab itu bagaikan angin. Bulan Sya’ban itu bagaikan awan. Dan bulan Ramadhan itu bagaikan hujan.”

Barangsiapa tidak menanam benih amal shalih di bulan Rajab dan tidak menyirami tanaman tersebut di bulan Sya’ban, bagaimana mungkin ia akan memanen buah takwa di bulan Ramadhan?

Di bulan yang kebanyakan manusia lalai dari melakukan amal-amal kebajikan ini, sudah selayaknya bila kita tidak ikut-ikutan lalai. Bersegera menuju ampunan Allah dan melaksanakan perintah-perintah-Nya adalah hal yang harus segera kita lakukan sebelum bulan suci Ramadhan benar-benar datang.

Bulan Sya’ban adalah bulan latihan, pembinaan dan persiapan diri agar menjadi orang yang sukses beramal shalih di bulan Ramadhan.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

Bulan Syaban adalah bulan di mana manusia mulai lalai yaitu di antara bulan Rajab dan Ramadhan. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan.” (HR. An Nasa’i. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Nah, berikut ini daftar puasa sunnah di bulan Sya’ban dan alokasi waktu pelaksanaannya, yuk disimak.

Puasa Sunnah Senin Kamis 

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anhu beliau mengatakan, “Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis (HR. An Nasai dan Ibnu Majah)

Puasa Sunnah Ayyamul Bidh 

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda kepada sahabat Abdullah bin Amr radhiyallahu ‘anha, “Dan berpuasala tiga hari pada setiap bulan. Karena sesungguhnya kebijakan itu akan (dilipatgandakan) dengan sepuluh (kali) lipat. Oleh karenanya engkau seolah-olah berpuasa selama sebulan penuh.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Menggabungkan Niat Puasa Sunnah 

Khusus di tanggal 13 Sya’ban bisa menggabungkan 3 niat puasa, puasa Senin, Puasa Ayyamul Bidh dan puasa di bulan Sya’ban.

Berikut puasa sunnah di bula sya’ban:

13 Sya’ban jatuh pada tanggal 6 Maret 2023: puasa sunnah Senin dan Ayyamul Bidh

14 Sya’ban jatuh pada tanggal 7 Maret 2023: puasa Sunnah Ayyamul Bidh

15 Sya’ban jatuh pada tanggal 8 Maret 2023: puasa sunnah Ayyamul Bidh

16 Sya’ban jatuh pada 9 Maret 2023: puasa sunnah Kamis

Serta hari-hari lainnya hingga pada akhir bulan Sya’ban mari kita perbanyak puasa sunnah.

Maturnuwun

baca juga :

Tinggalkan Balasan