Skip to main content

Me-time dengan Menanam

KHSblog.net- Me time dengan Menanam. Salah satu cara terbaik me-time adalah menulis. Sudah saya sampaikan bagaimana menulis membuat para ibu kian optimis. Me Time yang satu ini juga menjadikan kebahagiaan tersendiri bagi para pecinta tanaman, yaitu dengan aktivitas menanam.

 

Me-time dengan Menanam

Menanam saat masa pandemi menjadi salah satu pilihan kegiatan anggota keluarga untuk mencukupi ketahanan pangan secara mandiri. Menanam sayuran sendiri di rumah. Saat sayuran siap dipanen, tak perlu lagi repot ke pasar.
Pasca pandemi aktivitas menanam ini juga masih terus digemari oleh pecintanya masing-masing.

Menanam tanaman hias untuk menyegarkan pandangan. Me-time dengan menanam menumbuhkan kesabaran, ketelatenan, juga menumbuhkan cinta lingkungan. Tak hanya memikirkan bagaimana merawat diri dan keluarga. Tapi ada mahluk ciptakan-Nya yang perlu dirawat untuk keseimbangan bumi. Semoga bumi kian sehat setelah istirahat.

Me-time dengan Menanam

Hikmah pasca wabah pandemi covid 19 membuat manusia kembali menyadari bahwa aktivitas menanam di rumah bermanfaat. Tak hanya untuk me-time sesaat. Namun untuk dihidupkan setiap saat.

Manfaat menanam tanaman setidaknya ada 6 bagi yang mau memulainya, diantaranya:

Me-time dengan Menanam
1. Mempercantik ruangan

2. Sebagai pembersih udara alami. Semua bagian dari tumbuhan seperti dedaunan sampai akar dapat menyerap polutan kimia di dalam ruangan rumah.

3. Menurunkan risiko alergi dan pilek. Adanya tanaman di dalam ruangan rumah akan menghasilkan sedikit debu dan jamur. Bagian daun dan tumbuhan lain bisa berperan sebagai penyaring alami pemicu alergi dan partikel udara lain yang berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan.

Me-time dengan Menanam

4. Menjaga kesehatan mental.
Tanaman di sekitar rumah baik di dalam ruangan atau di area luar rumah memberikan efek positif terhadap kesehatan mental. Mengurangi stres, kecemasan serta depresi. Keberadaan tanaman juga memberikan relaksasi sehingga bisa memperbaiki mood.

5. Meningkatkan produktivitas dan fokus.
Keberadaan tanaman di are rumah dapat membentuk interaksi antara alam dan manusia, sehingga dapat meningkatkan konsentrasi dan fungsi memori. Oleh karenanya berpengaruh pada meningkatnya produktivitas dan fokus.

Me-time dengan Menanam

 

6. Mempercepat masa pemulihan setelah sakit.
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang telah menjalani operasi akan cepat pulih jika memiliki tanaman di dalam kamar atau pemandangan yang asri dari balik jendela mereka.

Nah ternyata me time dengan menanam tak hanya memberikan kepuasan hati bagi pecinta tanaman, namun juga menjaga kesehatan pikiran, menjaga keseimbangan alam juga membuka ladang bisnis tanaman yang cukup menjanjikan.

Bagaimana me-time mu hari ini?

Maturnuwun

baca juga :

Tinggalkan Balasan