Skip to main content

8 Daftar Kuliner di Kota Gresik yang Wajib di Coba, Lengkap dengan Alamatnya

Khsblog.net- 8 Daftar Kuliner di Kota Gresik yang Wajib di Coba, Lengkap dengan Alamatnya.  Kota Gresik terkenal dengan julukan kota Pudak dan kota santri, juga merupakan salah satu kota yang dilewati oleh jalur Pantura di area Jawa Timur ini ternyata memiliki banyak tempat kuliner yang menarik untuk dinikmati.

Kuliner di kota Gresik memberikan magnet tersendiri bagi para wisatawan atau Anda yang belum pernah ke Gresik.

Kota Gresik menyajikan menu kuliner yang patut Anda coba saat singgah di kota yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Lamongan dan kota Surabaya.

Berikut ini adalah daftar kuliner di kota Gresik yang sayang untuk Anda lewatkan.

1. Rumah Makan Handayani
Mengapa harus berkunjung dan mencicipi ke Rumah Makan Handayani di daftar kuliner Gresik? karena tempat yang menarik serta aneka masakkannya yang terbilang lezat dan tidak dapat dipandang remeh.

Rumah Makan Handayani ini memiliki konsep bangunan dengan interior jawa kuno dan dibalut dengan perabotan antik. Kesan tradisionalnya sangat kental sekali. Dijamin Anda akan betah berlama-lama di Rumah Makan Handayani ini.

Menu yang ada di Rumah Makan Handayani ini juga amat beragam. Ada masakan dari olahan ikan, ayam, cumi dan ada juga masakan jawa yang bisa melengkapi menu makan Anda di Rumah Makan Handayani.

Lokasi Rumah Makan Handayani:
Alamat dari Rumah Makan Handayani Gresik berada di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo, Ruko Green Garden A1-3, Gresik.

2. Warung Apung Rahmawati

Tempat kuliner Gresik berikutnya adalah Warung Apung Rahmawati. Rumah makan ini sangat terkenal dengan ayam bakarnya. Warung Apung Rahmawati ini mempunyai tagline “Ayam Bakar Terdahsyat di Dunia”. Dengan memiliki tagline itu pasti pihak Warung Apung Rahmawati Gresik ini sudah menyiapkan ramuan special untuk ayam bakar khas dari warungnya.

Tempat di Warung Apung ini cukup luas, jadi sangatlah pas buat kamu berkumpul dengan keluarga atau kerabat terdekat. Warung Apung Rahmawati ini menyediakan banyak aneka masakan, tidak hanya ayam bakar saja, ada juga aneka seafood yang bisa kalian pilih sebagai menu makanan kalian.

Lokasi Warung Apung Rahmawati:
Alamat lengkap dari Warung Apung Rahmawati Jl. Dr. Wahidin S.H. No.109, Ngipik, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik.

3. Rumah Makan Bandeng Pak Elan II

Kuliner Gresik selanjutnya adalah olahan ikan bandeng khas Gresik. Untuk menikmati olahan ikan Bandeng di Gresik Anda bisa mengunjungi Rumah Makan Bandeng Pak Elan.

Sejak lama Rumah Makan Bandeng Pak Elan ini terkenal dengan kenikmatan bandengnya, terbukti banyak para pelancong ketika mengunjungi Gresik pasti menyempatkan mampir ke Rumah Makan Bandeng Pak Elan ini.

Rumah makan Bandeng Pak Elan ini sudah ada sejak tahun 1956 dan masih berdiri hingga sekarang dan di kelola oleh generasi ketiga. Bisa dibayangkan betapa rasanya yang nikmat hingga tetap bisa bertahan sampai sekarang. Rumah Makan Bandeng Pak Elan ini ada dua tempat yaitu Pak Elan I dan II. Semuanya berada di Gresik. Sekali lagi ketika Anda berada di Gresik sempatkan mengunjungi Rumah Makan Bandeng Pak Elan dijamin Anda akan ketagihan.

Lokasi Rumah Makan Bandeng Pak Elan II
Alamat dari Rumah Makan Bandeng Pak Elan II berada di Jl. Veteran No.100, Sidokumpul, Gresik, Sidokumpul, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik.

4. Warung Cak Selem Gresik

Kuliner Gresik yang wajib Anda coba selanjutnya adalah olahan Nasi Bebek Warung Cak Selem. Semua orang Gresik dan sekitarnya pasti bakal setuju jika makanan nasi bebek Cak Selem ini sangat nikmat, terbukti warung ini tidak pernah sepi dari pembeli.

Warung Cak Selem ini menyediakan olahan nasi bebek dengan beberapa model. Ada menu Nasi Bebek lepas tulang, ada juga nasi bebek jeroan, tulangan dan kerangka. Semuanya memiliki citarasa yang khas dan bikin ketagihan.

Lokasi Warung Cak Selem
Alamat lengkap Nasi Bebek Cak Selem ini berada di Jl. Gubernur Suryo No.63, Kroman, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik.

5. Giri Hills Coffee House

Kalau Anda suka nongkrong Anda harus mengunjungi Cafe Giri Hills Coffee House di Gresik ini. Selain makanan dan minumannya yang enak, tempat yang ditawarkan oleh Giri Hills Coffee House. Cafe yang berkonsep Vintage ini sangat pas buat Anda yang berjiwa muda dan suka menghabiskan waktu bersama teman – teman.

Giri Hills Coffee House ini terdiri dari dua area, area indoor dan outdoor. Dari area outdoor Anda bisa melihat pemandangan kota Gresik. Kami lebih menyarankan untuk mengunjungi Giri Hills Coffee House pada malam hari karena pemandangannya keren abis.

Lokasi Giri Hills Coffee House:
Alamat lengkap Giri Hills Coffe House ini berada di  Jalan Awikoen Tirta, Ngargosari, Kebomas, Sidomoro, Kebomas, Kabupaten Gresik.

6. Nasi Krawu Depot Bu Timan

Tempat berikutnya adalah tempat untuk mencicipi makanan khas Gresik, yaitu Nasi Krawu. Untuk mencoba Nasi Krawu Khas Gresik ini Anda bisa mencoba di Depot Bu Timan. Warung Bu Timan ini salah satu idola orang-orang yang singgah sebelum masuk tol Surabaya. Biasanya Depot Bu Timan ini menjadi tempat istirahat bagi mereka yang melintasi jalan pantura.

Depot Bu Timan ini terkenal dengan nasi Krawu yang nikmat. Tidak hanya nasi Krawu khas Gresik saja, di Depot Bu Timan ini juga menjual makanan lain khas Jawa Timur, seperti nasi rawon, Soto dan lainnya. Harganya juga cukup terjangkau, jika Anda berada di kawasan Gresik kamu harus coba.

Lokasi Nasi Krawu Depot Bu Timan
Alamat lengkap dari Depot Bu Timan ini berada di Jl. Dr. Wahidin S.H. No.245, Dahanrejo, Kebomas, Kabupaten Gresik.

7. The Legend Resto

Tempat berikutnya ini adalah salah satu tempat nongkong di Gresik yang menjadi favorit anak muda dan keluarga. The Legend Resto mengusung konsep resto yang sangat hangat dan memikat, yang akan membuat Anda betah menghabiskan waktu di sana.

Ada menu unik di The Legend Resto Gresik ini, yaitu aneka masakan “Pasir Emas”. Pasir Emas ini merupakan sebutan The Legend Resto ini untuk olahan telur asin dan aneka rempah-rempah pilihan dari The Legend Resto. Menu disini juga cukup beragam yaitu gurami pasir emas, ayam pasir emas, kepiting soka pasir emas dan masih banyak lainnya.

Lokasi The Legend Resto
Alamat dari The Legend Resto ini berada di Jalan Raya Veteran, Sidokumpul, Kecamatan Gresik, Sidokumpul, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik.

8. Warung Iga Karto dan Penyetan

Kuliner Gresik berikutnya adalah Warung Iga Karto dan Penyetan. Di Warung Iga Karto dan Penyetan ini Anda bisa menyantap iga penyet yang juara rasanya. Bagi Anda semua yang suka pedas, Anda harus mampir ke Warung Iga Karto dan Penyetan ketika berada di Gresik.

Selain Iga penyet yang juara, di Warung Iga Karto dan Penyetan ini ada satu menu favorite para pengunjuk yaitu adalah wedang ronde. Wedang ronde kacang minuman khas jawa ini semacam jadi daya tarik kedua setelah iga penyet yang nendang rasanya.

Lokasi Warung Iga Karto dan Penyetan
Alamat lengkap dari Warung Iga Karto dan Penyetan ini berada di Jl. Jawa No.105, Yosowilangun, Manyar, Kabupaten Gresik.

Demikian 8 daftar tempat kuliner yang ada di kota Gresik, semoga bermanfaat dan selamat mencicipi.***

Tinggalkan Balasan