Skip to main content
badan pom

Susu Kental Manis (SKM) itu ternyata tidak mengandung Susu brosis (BPOM)

Susu Kental Manis (SKM) itu ternyata tidak mengandung Susu brosis (BPOM). Sudah menjadi anggapan umum kalau SKM itu ya tentu mengandung susu karena memang ada embel-emel susu. Namun apa daya ternyata anggapan itu tidak benar kawans. Pihak BPOM melalui surat edaran telah mengklarifikasi bahwa SKM itu tidak mengandung susu. Tidak salah untuk mengkonsumsi minuman jenis ini namun kalau berlebihan akan berdampak negatif bagi anak-anak.

badan pomSurat edaran BPOM itu ditujukan untuk produsen, importir, distributor produk susu kental, dan analognya. Surat edaran itu bernomor HK.06.5.51.511.05.18.2000 tahun 2018 tentang ‘Label dan Iklan pada Produk Susu Kental dan Analognya (Kategori Pangan 01.3)’

1. Dilarang menampilkan anak-anak berusia di bawah 5 tahun dalam bentuk apa pun.

2. Dilarang menggunakan visualisasi bahwa produk Susu Kental dan Analognya (Kategori Pangan 01.3) disetarakan dengan produk susu lain sebagai penambah atau pelengkap zat gizi. Produk susu lain antara lain susu sapi/susu yang dipasteurisasi/susu yang disterilisasi/susu formula/susu pertumbuhan.

3. Dilarang menggunakan visualisasi gambar susu cair dan/atau susu dalam gelas serta disajikan dengan cara diseduh untuk dikonsumsi sebagai minuman.

4. Khusus untuk iklan, dilarang ditayangkan pada jam tayang acara anak-anak.

Mengkonsumsi SKM diatas harus bijak khususnya untuk anak-anak karena kadar gula yang tinggi akan menyebabkan obesitas dan meningkatkan resiko diabetes. Selain diabetes dan obesitas, asupan gula secara berlebihan akan merusak gigi pada anak-anak.

Wah ternyata kita selama ini menjadi korban penipuan massal pabrikan SKM …#tepokjidat

Maturnuwun

baca juga :

13 thoughts to “Susu Kental Manis (SKM) itu ternyata tidak mengandung Susu brosis (BPOM)”

          1. Ya sudahlah, sudah kenyang kita minum skm, baru ketauan bukan susu, tapi bersyukurlah sdh tau semoga generasi ke depan gak ketipu lagi, pantasan ya tinggi saya gk nambah2 walau sekarung minum skmnyaπŸ˜„

  1. Matur Nuwun Mbah InfoneπŸ™πŸ™πŸ˜žπŸ˜ŸπŸ˜–
    Ya tuhan,
    Itu orang2 BPOM bertahun2 yg lalu pada ngapain ya mereka kok baru sekarang di publisπŸ˜žπŸ˜ŸπŸ˜–πŸ˜¬πŸ˜¬πŸ‘ΏπŸ‘Ώ
    Apa duit suapnya udah distop yaπŸ˜‚πŸ€£
    Auto kembali minum air putih yg dimasak Mbah setelah baca artikel ente..πŸ˜¬πŸ˜–πŸ˜ŸπŸ˜ž
    Asli nyesek sejadinyaπŸ˜ŸπŸ˜–πŸ˜¬πŸ˜žπŸ˜–
    Setelah tak cek susu kaleng kental manisnya ternyata spesifikasinya ngeriπŸ˜¬πŸ˜¬πŸ˜–πŸ˜–
    Bener banget blog tetangga yg selalu bahas masalah teori konspirasi elitβ€¦πŸ˜¬πŸ˜¬
    Mungkin biar orang Indonesia pada kena diabet & pada berobat ke rumah sakit.
    Terus obat2an buatan kaum elit pada laku semua & endingnya DEPOPULASI penduduk planet Bumi alias dikontrol merekaπŸ˜¬πŸ˜¬πŸ˜–πŸ˜–πŸ‘οΈπŸ”―β™ˆπŸ•ŽπŸ’©πŸ’©πŸ’©

  2. Yang saya tangkap/pahami dr kasus SKM ini. BPOM ‘melarang’ produsen SKM beriklan dgn menampilkan gbr anak, menyetarakan SKM dgn produk susu, menampilkan gbr susu cair, dan dilarang tampil di acara anak2. Penyebabnya karena kandungan gulanya lebih tinggi dibandingkan dengan susu (protein)nya. Sehingga dikategorikan bukan lagi produk susu walaupun ada kandungan susunya.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: