Advertisements

Tips biar gak kecopetan saat backpackeran ke Eropa

Tips biar gak kecopetan saat backpackeran ke Eropa. Keberadaan copet sepertinya menjadi momok dimanapun termasuk di negara maju sekalipun. Bagi brosis yang ingin melancong ke Eropa khususnya di Paris harap waspada dan hati-hati dengan modus para copet. Sebelum nasi jadi bubur, Monggo disimak tulisan informatif dan tips dari bro Angga Dwi Putra di grup facebok ‎Backpacker International pada hari Senin, 5 Maret 2018 berikut ini.

TIPS ANTI COPET DI EROPA

oleh : Angga Dwi Putra

Paris itu disebut juga kota 3C: Kota cahaya, cinta, dan COPET! Dibalik glamornya Paris, kota ini emang surganya tukang copet. Sebagai pengamat percopetan profesional, gw mau kasih tau tips trick anti copet ga cuma di Paris, tapi di Eropa. Gw pernah ilang 2 hape, Ipod, Ipad, dompet, lensa sama yang paling bambang pamungkas: ilang paspor. Jadi gw lumayan berpengalaman. Disini gw lebih fokus di Paris, tapi ada juga di kota-kota laen.

DIMANA AJA?
Nomor satu pastinya di Metro. Sama tempat yang rame misalnya di Eiffel, Champs Elysees, Sacre Couer, pokoknya tempat yang ada kesempetan berdesakan. Tapi 99% biasanya di metro.

SIAPA AJA? GIMANA MODUSNYA?
Nah ini banyak pelakunya. Btw, disini gw bukan rasis ya, tapi orang2 inilah yang paling sering.

1. Orang Padang. Padang Pasir maksudnya, alias yang mukanya Arab. Sebenernya mereka orang Maghreb dari Afrika Utara (Maroko Aljazair) tapi muka mereka mirip Arab.

MODUS: Kalo liat mereka 4 orang jalan barengan, ati2. Biasanya satu orang bakal ngalihin perhatian, satu yang nyopet, satu tukang tadah, sama satu yang ngawas sekitar.

Gw pernah liat depan mata sendiri korbannya orang Asia. Satu orang pura2 lempar duit ke jalan. Nah satu lagi nyolek si korban sambil nanya, “uangnya jatoh tuh”. Pas perhatian dia teralih, satu orang ngerogoh tasnya, ambil hape, langsung dikasih ke temennya yang tukang tadah terus dia kabur. Cuma 5 detik bo! Gw mau teriak tapi satu orang yang tugas ngawasin melotot ke gw sambil ngasih gestur gorok leher. Syerem.

Modus laen biasanya di Metro. Kalo ini temen gw yang kena. Waktu itu dia duduk persis di depan pintu metro. Tiga detik sebelum pintu ketutup, pasti ada bunyi alarm “Teeeeeetttt”, sekitar tiga detik kemudian pintunya nutup. Nah pas alarm bunyi, ada satu bocah nanggung lari sambil nyabet2in hape orang, termasuk temen gw. Keambil 4 hape bo. Abis itu dia langsung keluar. Karena kaget, reaksi kita lambat dan pintu udah keburu tutup. Makanya jangan maen hape di Metro ya.

2. Gipsy. Gampang banget dikenalin. Selalu cewe dan mereka suka make kaya kerudung gitu. Pasti nemu mereka di pusat wisata terutama di Champs Elysees.

MODUS: Mereka selalu bawa papan sambil bilang “Speak English?” sambil minta kita tanda tangan. Modusnya dua, bisa pas kita tanda tangan mereka nyopet (karena kita fokus baca), atau abis itu mereka minta duit soalnya dengan kita tanda tangan, kita deal. Kalo kita debat, mereka ga bisa bahasa Inggris atau Prancis dan tiba2 temen2nya dateng. Temen gw pernah berantem sampe nonjok si gipsy.

Cara nolaknya gampang. Kita cuekin aja, atau kalo mereka mepet kita terus, kita umpat aja pake bahasa Indonesia. Gw pernah teriak ke mereka (saking annoyingnya), KAMBING CONGEK LOE!!! pake muka marah. Mereka bengong sebentar, terus pergi. Umpatan terserah sesuai selera masing2. Mau pake punya gw juga boleh.

Mereka juga suka beraksi di metro terutama pas lagi rame. Modusnya biasanya nanya “jam berapa?”. Pas kita jawab, satu lagi ngerogoh. Gw pernah tangkep tangan dia pas lagi mau nyopet dompet gw. Untung gw pake dompet anti copet yang ada lubang buat disangkutin ke ikat pinggang. Kaget dong tiba2 pinggang gw ketarik. Langsung gw remes tangannya kenceng banget, tapi karena takut patah terus bermasalah, gw lepas. Langsung aja mereka ngibrit. Ati2 banget deh sama mereka.

3. Les Noir atau kulit hitam. Mereka bukan copet sih, lebih ke scammer. Sering beraksi di sacre coeur.

MODUS : Khusus di sacre couer, mereka selalu mangkal dibawah tangga menuju atas. Pura2 bikin cincin dari kain yang ngakunya gratis. Awalnya sok2 baik, wah dari Indonesia, my brother bullshit banget lah. Tapi abis itu diminta duit. Pas kita ga asih, tiba2 kita udah dikepung aja sama temen2nya. Item, gede2 pula. Jadi rumus di India bisa berlaku di Paris, selalu suudzhonlah dengan orang yang sok baik.

MODUS LAIN: JANGAN TARO TAS SEMBARANGAN. Ini temen Paris gw yang kena. Kita lagi asik makan di McD waktu itu. Tasnya kita taro di kolong kursi. Nah orang yang duduk di belakang dia, pelan2 narik tuh tas pake kaki. Ga berasa sama sekali. Pas kita mau pulang… Wassalam MacBook. Padahal data tesis disana semua. Kebayang kan. Temen gw dari Indonesia juga kena pas di Atomium Brussel. Karena ga sabar pengen foto, dia asal aja taro tas. Wassalam dompet sama paspor.

TIPS: Tas selalu peluk depan terutama di metro, dan kalo pun harus taro dibawah, make sure lo kaitin ke kaki.

PENGALAMAN PRIBADI
Nah disini yang gw nikmatin sendiri.

SUAMI ISTRI KURANG UAJAR
Ini gw alamin pas di Sevilla. Ada turis suami istri sama anaknya yang masih bayi minta tolong difotoin. Abis itu mereka minta foto bareng gw, minta tolong temen gw buat motoin. Pas kita foto bareng, si cewe ngajak gw ngobrol, si cowo ngerogoh tas punggung gw. Pas mereka pergi, temen gw teriak kok tas gw kebuka lebar. Untungnya isinya cuma roti. Waspada ya.

TRAGEDI HOSTEL (DUA KALI)
Pertama pas di Roma. Gw taro barang2 gw di loker pake kunci yang dikasih hostel. Pas gw balik bo, lensa, duit sama P-A-S-P-O-R gw ilang. Vaffanculo bastardo brengseko banget. Waktu itu gw sekamar sama bule dari Spanyol.

Si calon penghuni kerak neraka itu pura2 lupa kunci loker gw ke resepsionis. Dia ternyata udah ngamatin apa aja isi tas gw, terus bilang harus segera ngejar pesawat. Dikasihlah kunci cadangan ama si resepsionis. Gw ngamuk2 ke resepsionis tapi dia ga bisa bantu apa2.

Yang kedua pas gw di Stockholm. Karena udah pengalaman di Roma, kunci loker gw taro di bawah bantal pas tidur. Mungkin gw tidur kaya kebo, gw ga ngerasa pas tengah malem dia rogoh kunci gw. Ipad gw ilang. Oya, dia juga ambil 5 hape tamu laen yang lagi dicas. Jam 4 pagi mereka kabur. Makanya jangan ngecas hape pas tidur di hostel ya.

IPOD YANG MALANG
Ini yang paaaaling nyesek. Gw waktu itu beli Ipod Touch yang gw ambil ke kantor pos. Seneng banget deh punya ipod masih mengkilat hasil nabung lama demi beli. Gw belai pelan2 masukin kantong takut lecet. Kantor posnya deket banget, cuma 2 stop metro alias sekitar 5 menit doang. Pas sampe kamar, gw senyam senyum mau otak atik maenan baru. Pas rogoh kantong… GA ADA.

Gw diem, mulut nganga lebar, mematung kaya gitu mungkin 5 menit. Abis itu rebahan di kasur (mulut masih nganga), terus diem lama. Mengenang kenangan indah 5 menit bersama ipod kesayangan. LESSON: Jangan taro gadget di kantong.

TRAGEDI FENNY ROSE DI BARCELONA
Kenapa Fenny Rose, soalnya modusnya tas gw dirobek pake silet. Kalo Tante Fenny mengupas tuntas kisah kasus selebriti tanah air, disana tas gw yang dikupas tuntas secara tajam, setajam silet (ngomong menatap tajam ke depan plus muka jutek).

Ini gw kena pas di La Rambla, soalnya emang rame banget. Lagi asik2 window shopping, gw ga kerasa ada orang yang mepet gw. Pas gw ngeh, tas gw robek dalem banget. Untung ga ada yang ilang. Temen gw yang kasian, dia hapenya kecopetan trus pas balik ke Paris dapet tagihan telepon 15 juta. Si copet yang udah kapling satu blok di jahanam itu taunya nelpon roaming ke Aljazair 6 jam.

SENJATA ANTI COPET

1. PAKE MONEY BELT.
Terutama buat paspor. INGET: Paspor harus selalu nempel di perut! Gw juga ga pernah bawa dompet. Duit sama kartu bank taro semua di money belt. Jadi kantong isinya cuma recehan aja. Beli yang model dikaitin di pundak sama iket di perut ya.

2. BAWA GEMBOK
Lo wajib bawa dua gembok: gembok standar traveling yang pake kode sama gembok sepeda. Ga semua hostel punya loker, jadi lo bisa ngiket tas lo di kasur. Soalnya pernah tamu bule yang tidur di kasur atas gw dicolong setastasnya. Dia pasti mau colong tas gw juga, tapi harus gotong gw ama kasurnya. Kalo kamarnya ga ada loker, gadget sama barang berharga selalu gw taro tas selempang trus gw pake pas tidur (pengalaman pas di Stockholm).

3. JANGAN KELIATAN KAYA TURIS
Turis Asia tuh inceran mereka nomor satu. Soalnya kita kentara banget turisnya. Kamera ngegantung di leher, muka cengar cengir bahagia, apalagi yang suka moto pake ipad segede talenan. Nah gw punya tips khusus biar lo ga keliatan kaya turis. Si orang yang udah booking VIP di neraka lapis ketujuh jarang banget ngincer orang lokal. Gimana caranya? Gampang. Ini yang selalu gw lakuin di Paris.

Lo pasang muka ngajak ribut (muka lo yang paling senga’ deh), tangan taro kantong, pake headset beats palsu, terus jangan pernah senyum!. Itu kuncinya. Orang Paris asli ga pernah senyum. Dan beneran ampuh! Sejak saat itu gw ga pernah dicopet lagi dan ga pernah dimintain foto ama turis Asia. Udah ketakutan duluan mereka. Gw aslinya ramah senyum, tapi kalo lo ketemu gw di Paris, lo pasti ngira gw preman pasar Senen.

4. FOTOKOPI SEMUA DOKUMEN
Pas paspor gw ilang di Roma, gw dapet paspor sementara dari KBRI. Tapi di bandara ditanyain terus sama petugas. Akhirnya gw tunjukin foto kopi paspor lama gw, kartu mahasiswa, ktp Prancis, semua gw unjukin. Akhirnya boleh masuk. Makanya penting banget punya backup dokumen. Ada yang lo print sama di hape ya.

—————–

Bisnis copet di Paris emang gila banget. Seminggu mereka rata2 bisa dapet 1000 euro! Uang beasiswa gw sebulan bo. Dulu gw sempet mikir pengen beralih profesi aja jadi tukang copet, lumayan banget soalnya.

Tapi jangan ngebuat lo takut jalan2 kesana ya. Paris is too beautiful! Intinya, dimanapun lo, selalu inget pesan bang Napi:

Kejahatan terjadi bukan karena emang mereka kurang wuajar, tapi karena lo sendiri bahlul ga ati2. Waspadalah!

PENJELASAN FOTO
Beli money belt yang kaya gitu ya, jadi aman ga cuma iket di perut. Ati2 banget pas di metro. Nah yang suka minta tanda tangan itu 100% copet (kadang mereka pake kaya kerudung. Khas banget deh mukanya). Terakhir kaya gw bilang, kalo ada 3-4 orang mukanya mirip Arab, ati2 banget ya.

#BIParis #Copet

****

Hingga tulisan ini diketikan postingan diatas telah ditanggapi lebih dari 5k tanggapan dari warganet. Berikut beberapa pengalaman warganet yang pernah menginjakkan kaki di Eropa dan pernah menjadi korban keganasan gerombolan copet disana. Monggo disimak gans…

Ibod Bayu
Paris mmng indah, tapi hidup disana cukup keras. Apalagi di pinggiran, jangankan copet, tukang todong sama rampok juga banyak, serem. Tips diatas bnr bgt. Terutama yg “hindari penampilan mirip turis apalagi turis Asia”.(apalagi turis Asia yg Kaya (red alert!) Juga Kalau perjalanan Naik bus atau kereta, waspada kalau Ada yg sok2 nitip Tas. “Jangan sekali2 sentuh atau deketin tasnya”

Cecilia Rønnevik
Bener bgt! Waspadalah.. Waspadalah. Senjata ampuh emg musti belagu kayak org lokal. Pasang muka poker, datar aja, ga perlu senyum. Kecuali lo belanja di toko. Sekali senyum kena scam deh.. Kayak laki gw yg tukang senyum sering kena scam nya. Antara kena jerat ibu” gypsy yg minta tandatangan petisi di Berlin, sampe ditodong dimintain duit di Amsterdam. Di bawah Eiffel tower byk org ala Marocco dg aksi scam. Habis jatuhin cincin warna emas “palsu” tiba” ngajak ngomong “ini cincin kalian yah” Bo’ong tingkat Dewa..

Abis nyuruh elo ambil itu cincin dg tukeran dg duit utk beli “ngakunya” kopi. Saat itu gw udah mawas ama tas selempang yg udh gw lilit ke kaki dan sengaja ada diatas rumput, klo pun dia mo jambret tas gw, si maling bakal nyeret kaki gw. Kali ini laki gw udh mawas (udh gw latih gegara sering dpt scam tiap ke LN) dg enteng laki gw blg: bawa aja noh tu cincin, lo jual sono biar lo dpt kopi ma duit banyak” Mukanya tu scammer kecewa berat karna gak dpt mangsa. Trs pergi.. Jarak 50m, gw tetep perhatiin dong… Yes.. Dia coba scammer bapak” tua yg lagi duduk di taman. Begitu gw perhatiin sekeliling taman di bawah Eiffel tower.. Oh yes! Temennya dia banyak bok

Githa Wirati
Nomer 1 di Metro .. itu bener banget. Hampir kejadian gue ditabrak orang di dalam metro langsung gue kasih muka jutek dan reflect pegang tas gue yg diselempang ke depan. Kalau gue jatuh pura2 tolongin gue tapi tangan vaffanculo bastardo itu merogoh tas .. bisa kacau dunia…
2. Trotoar Champs Elysees, Gypsi yang ngajak ngobrol berkerumun.. langsung cabut aja kalau mereka mau menghampiri.
3. Di setiap tempat wisata atau keramaian orang Morakina (sebutan Maroko oleh orang Itali) lebih tepatanya Africa Utara, orang Romaine (Gysi), Le Noir, di area Eropa patut dicurigai😑 Maaf ya tidak bermaksud rasis tapi itu benar

Abdi Mulya Silalahi
Perancis, Belgia, Belanda, Germany, Swiss dan Italy semua banyak copet. Khusus lebih berhati2 di Italy, karena copet nya lulus dengan Cum Laude semua. Kalau ke Venice dan ada orang kasih kembang atau makanan burung, jangan diterima, krn mereka akan minta uang gila2 an setelah itu…

Dee Sara
Aah betul banget secara dah ngalamin kecopetan di Paris … serius cepeeet banget kejadiannya kaya in a blink of an eye gitu …. Kalo pernah nonton filmnya Will Smith n Margot Robby, “Focus”, ya kaya gitu cepetnya … Ngeness tapi salute juga …

Lucia Pinto Gomes
Makasih tips tipsnya.
Klo chigana/ Gipsy itu Di seluruh eropa paling jahat. Klo nga mau masalah sama mereka cuekin aja…jgn pernah nyaut atau tersenyum sama mereka.
Saya sama suami pernah keliling eropa tapi syukur nga kena masalah.

Dyah Parinama Erosa
Pas saya dan team ke Paris 2014 juga kejadian di hotel (gw lupa namanya).
Pagi jam6 kita breakfast. Blm ada tamu lain selain group kita dan 1 pasangan kaya suami isteri. Salah satu teman makan tasnya ditaruh di bag blkng kursi(disandarin). Pas beliau mau ambil salah satu makanan tasnya ngga disandarin.. cuma hitungan detik tasnya raib. Dan sang copeto sdh petain lari yg kebetulan lantai bawah hotel connect ke subway.. lumayan yg hilang passport n seluruh uang. Memang hrs super hati2..

Tips spy aman kalo ala gw sih pake kaos yg ada kantong pake resleting di dada. Spt yg dipake kalo org2 umroh ataupergi haji. Jadi uang n passport di tarus disitu. Sebagian lagi uang ditarus di tas pinggang yg bentuknya flat. Terus ditutupi sweater n jaket. Di tas tangan paling gw taruh uang ala kadar aja buat beli makanan n minuman.
Alhamdulillah selama ini selamat.

Namun begitu ada juga warganet yang sukses dan selamat tidak menjadi korban pencopetan selama bepergian kesana. “tks ya sharingnya.alhmdllh gue duakali menginjak paris th 2014 n 2016.ga kecopetan alhmdulillah, btw yg gue lakukan berdoa baca2, khususnya baca ayat kursi. insyaAllah aman ” ujar Zaimah Saduddin.

Semoga informasi ini bisa berguna khususnya bagi nubi atau pemula yang ingin berpelancong ke benua Eropa. Sebelum hujan sedia payung sehingga tidak basah badan…hehehe

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 8 March 2018, in caricara and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Comments.

  1. wooww luar biasa ilmunya

    Like

  2. Bro, beli money belt kaya di foto dimana? Udah Cari kemana2 ga dapet. Please info nya yaa. Many thanks.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: