Advertisements

Tak Hanya Pantai, Bali Juga Memiliki Tempat Wisata Sejarah yang Wajib Dikunjungi Lho!

Bicara tentang pesona pariwisata Bali memang tak ada habisnya. Selain pantainya yang indah dan terkenal, Bali masih menawarkan banyak tempat wisata lain. Karenanya, Bali bisa menjadi tujuan wisata siapa saja. Mulai dari pasangan yang berbulan madu sampai keluarga dengan anak-anak. Selain wsiata alam yang eksotis, di Pulau Dewata ini juga terdapat wisata Sejarah brosis. Monggo disimak

Untuk pencinta wisata sejarah, Bali pun menjadi tujuan yang tepat. Pulau ini memiliki setidaknya tujuh tempat wisata sejarah berikut ini.

  • Kertagosa – Klungkung

Sumber : ksmtour.com

Kertagosa merupakan bangunan dengan arsitektur khas Bali yang dibangun pada abad ke-18. Merupakan bagian dari Istana Kerajaan Klungkung, bangunan ini berfungsi sebagai pengadilan pada tahun 1945. Pada bagian langit-langit bangunan ini, terdapat lukisan tentang Bima Swarga, sebuah bagian dari cerita Mahabharata.

  • Monumen Bajra Sandhi

Penduduk Bali juga ikut berjuang mengusir penjajah Belanda. Perjuangan tersebut kemudian ditandai dengan Monumen Bajra Sandhi. Monumen ini berdiri setinggi 45 m dengan 17 anak tangga berada di pintu utamanya. Pada lantai dasarnya, berdiri Museum 3D I AM Bali yang menampilkan karya kreatif tiga dimensi.

  • Puri Agung Karangasem

Puri Agung Karangasem merupakan istana yang berada di Amlapura, kota di Bali yang terkenal dengan arsitektur uniknya. Bangunan ini didirikan pada abad ke-19 oleh Raja Karangasem, A.A. Gede Jelantik. Berada di area seluas 2 ha, tempat wisata ini terbuka untuk umum. Anda dapat melihat arsitektur unik dan pemandangan istana yang sangat cantik dan megah.

  • Gunung Kawi

Gunung Kawi merupakan tempat wisata berupa sepuluh candi yang dipahat di tebing Tampaksiring. Dibangun pada abad ke-11, Gunung Kawi merupakan monumen tertua dan terbesar di Bali. Candi-candi di sana merupakan pemakaman keluarga raja. Di dekat tempat wisata ini, terdapat terasiring khas Bali yang tampak menawan hati.

  • Tirtagangga

Tirtagangga merupakan taman air yang terdiri dari kolam renang dan kolam ikan. Dibangun pada 1948 oleh Raja Karangasem terakhir, tempat ini mulanya merupakan tempat peristirahatan keluarga kerajaan. Taman ini sangat indah dengan sebuah air mancur berupa tugu bertingkat berdiri di tengahnya.

  • Puri Agung Pemecutan

Berwisata sejarah di Bali tak akan lengkap tanpa singgah di Puri Agung Pemecutan yang dibangun pada tahun 1686. Dasar bangunan ini berupa batu bata, sedangkan atapnya menggunakan ijuk. Dengan desain seperti ini, bangunan yang berlokasi strategis di tengah Kota Denpasar ini tampak sangat unik. Menariknya, puri satu ini berada dekat dengan Pasar Kumbasari, tempat Anda dapat berbelanja aneka oleh-oleh khas Bali dan khususnya Badung.

  • Istana Tampaksiring

Tak seperti Puri Agung Karangasem dan Puri Agung Pemecutan yang merupakan istana kerajaan di Bali, Istana Tampaksiring adalah istana kepresidenan. Istana di atas bukit yang tampak indah dan megah ini dibangun setelah Indonesia merdeka, tepatnya pada tahun 1957.

Karena masih digunakan sebagai istana kepresidenan hingga saat ini, Anda perlu mengajukan izin minimal satu minggu sebelumnya untuk masuk ke Istana Tampaksiring. Jadi, berkunjung ke istana satu ini membutuhkan persiapan lebih daripada tempat bersejarah lainnya di Bali.

Persiapan lain yang Anda butuhkan saat berwisata di Bali tentunya adalah penginapan. Untungnya, penginapan di Bali tidak harus mahal. Terdapat hotel murah di Bali yang bisa Anda pilih, misalnya Airy Rooms yang lokasi dan tarifnya mudah dijangkau.

Kamar Airy Rooms ber-AC dan memiliki tempat tidur bersih, dilengkapi kamar mandi dengan air hangat, perlengkapan mandi, dan air minum gratis. Untuk hiburan, Anda bisa menonton TV layar datar atau memanfaatkan jaringan WiFi. Dengan fasilitas tersebut, kenyamanan Anda ketika menginap di Airy Rooms jelas terjamin.

Sebagai hotel dengan jaringan nasional dan lokasinya sangat mudah ditemukan, kamar Airy Rooms mudah dipesan melalui situs dan aplikasi Airy Rooms di gadget iOS atau Android Anda. Pembayaran hotel murah di Bali satu ini pun tak kalah mudah, Anda bisa memilih metode kartu kredit, transfer bank, atau lewat kasir Indomaret.

Nah itulah gaes beberapa wisata sejarah di Bali yang perlu mantemans ketahui. Jadi selain eksotis alamanya juga tidak kalah keren wisata sejarahnya. (adv)

Maturnuwun

baca juga :

***\Contact KHS Go Blog/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Youtube: @setia1heri
Line@ : @ setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 23 September 2017, in justinpoh and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: