Skip to main content

Selebrasi beda agama Bali United ini menuai pujian banyak pujian media asing

Selebrasi beda agama Bali United ini menuai pujian banyak pujian media asing. Aksi merayakan gol oleh Bali United dalam laga Go-Jek Traveloka Liga 1 2017 pada 4 Juni 2016 menuai banyak pujian. 3 agama berbeda para pemain merayakan gol kemenangan dengan syahdu dan khusyuk dalam harmoni yang indah. Hal inilah yang menuai pujian banyak pihak terutama media asing tentang harmoni di Bali.

Mengutip jpnn.com (9/6/2017), foto karya fotografer Radar Bali Miftahuddin Halim menjadi headline beberapa media asing dengan judul yang membahas harmoni selebrasi beda agama tiga pemain Bali United  tersebut.

Dalam foto tersebut terlihat 3 pemain Bali United yakni Miftahul Hamdi, Ngurah Nanak, dan Yabes Roni Malaifani melakukan selebrasi dengan keyakinan masing-masing.

Mereka bertiga merayakan gol Irfan Bachdim ke gawang Perseru Serui pada menit ke-86 dalam lanjutan Go-Jek Traveloka Liga 1 2017 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Minggu (4/6).

Hamdi yang beragama Islam langsung bersujud. Sedangkan Yabes yang merupakan penganut Kristen berdoa sesuai tata cara agamanya. Sementara itu, Ngurah yang merupakan penganut agama Hindu berdoa sambil berdiri.

Dalam agama Hindu, sikap Ngurah disebut Muspa Puyung untuk mengucapkan syukur kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Sedangkan sikap Hamdi itu dalam islam disebut Sujud Syukur kepada Allah SWT atas sebuah prestasi, rejeki atau bentuk-bentuk kebahagian yang lain.

Sementara judul beberapa media asing yang mengapreasi selebrasi beda agama tersebut diantaranya; The Star Online edisi Kamis (8/7) memasang judul Indonesian Football Club Players Score with ‘Harmonious’ goal Celebration. Sedangkan, The Washington Post memilih judul Christian, Muslim and Hindu soccer players in Indonesia use goal celebration to make political statement.

Sedangkan Channel NewsAsia mengambil judul Bali United Score Praise for Goal Celebration Promoting Religious HarmonyYahoo Sport juga tak mau kalah. Media itu memasang judul Christian, Muslim and Hindu Soccer Players Join in Political Goal Celebration.

Well, Semoga keharmonian dan keharmonisan umat beragama di Indonesia senantiasa terjaga selalu sampai kapanpun. Dan selamat atas kemenangan Bali United melawan Perseru Serui .

Maturnuwun

baca juga :

2 thoughts to “Selebrasi beda agama Bali United ini menuai pujian banyak pujian media asing”

Tinggalkan Balasan