Skip to main content

Bukan gambar palu arit gans…tapi itu gambar rectoverso

Uang baru diduga bergambar palu arit kembali menyeruak gans.  Heboh ini sebenarnya pernah terjadi bulan Desember 2016 kemarin ketika peluncuran mata uang rupiah baru namun awal 2017 ini menghangat kembali. Logo yang diduga bergambar palu arit (simbol komunisme) itu sejatinya adalah logo Bank Indonesia (BI) yang dicetak secara rectoverso. Apa itu rectoverso…yuuk disimak mantemans.gambar-diduga-palu-arit-di-uang-rupiah-pecahan-seratus-ribu

Berikut KHS ambilkan dari facebook Bank Indonesia yang diposting tanggal 11 November 2016 kemarin :

Mengenal Tanda-Tanda di Uang Rupiah: Gambar Saling Isi (Rectoverso)

Untuk melindungi dari pemalsuan, setiap uang kertas Rupiah yang masih berlaku dilengkapi dengan berbagai unsur pengaman. Masyarakat dapat mengenali keaslian uang melalui ciri-ciri yang khas, baik dari bahan yang digunakan, desain dan warna, maupun teknik pencetakan uang. Salah satu ciri uang Rupiah adalah gambar saling isi, atau biasa disebut Rectoverso.

Rectoverso adalah suatu teknik cetak khusus pada uang kertas yang membuat sebuah gambar berada di posisi yang sama dan saling membelakangi di bagian depan dan belakang. Apabila dilihat tanpa diterawang, gambar akan terlihat seperti ornamen yang tidak beraturan. Namun apabila diterawang, rectoverso akan membentuk sebuah gambar yang utuh.gambar-diduga-palu-arit-di-uang-rupiah-pecahan-lima-puluh-ribu

Jika diterawang, rectoverso pada uang Rupiah akan membentuk lambang BI (singkatan dari Bank Indonesia). Rectoverso tidak dirancang untuk membentuk atau dimaknai sebagai gambar atau simbol lain, selain lambang BI.

Dengan memahami unsur-unsur keamanan dalam uang, masyarakat dapat lebih mudah mengenali keaslian Rupiah. Yuk, kenali Rupiahmu!

***

gambar-diduga-palu-arit-di-uang-rupiah-pecahan-seratus-ribuWell, semoga masyarakat yang masih belum paham dengan sistem rectoverso ini bisa menemukan pencerahan bahwa itu bukan logo palu arit. Logo BI sendiri sudah dipakai sebagai gambar rectoverso sejak tahun 2000 sehingga aneh kalau dipermasalahkan pada saat ini. Beberapa negara lain juga sudah memakai gambar rectoverso seperti uang ringgit Malaysia yang memakai rectoverso gambar Bunga.

baca juga:


—***\Contact KHS/***—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : https://twitter.com/setia1heri
Instagram : https://instagram.com/setia1heri
Youtube : https://www.youtube.com/user/setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
PIN BBM : 5E3C45A0
*”ngono yo ngono ning ojo ngono…”*

9 thoughts to “Bukan gambar palu arit gans…tapi itu gambar rectoverso”

  1. tapi kenapa harus di jadikan seperti palu arit. kan bisa di jadikan logo lain dari BI tersebut. apakah yg membikin logonya itu tau PKI atau tidak. kalo tidak berarti fia itu bodoh dan orng bodoh ko bsa jafi perusahaan bang indonesia. kalo dia pki itu wajar. Why????.

    1. pikiranya krmana coba itu yg bikin logo. ga pernah brlajar sejarah PKI apa memang dia orang PKI. mikir jg dong. bsa bsanya merubah logo bang indonesia yg udah bagus bergambar BI makek di samarkan kaya palu arit. ga ada kerjaan aja . ga berpendidikan . sekolahnya ampe SD doang. makanya ga tau Sejarah PKI karna setau ku pki di jelaskan pada pelajaran Smp kls 9 Di kurikulum KTSP

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: