Advertisements

5 kesalahan nubi dalam memulai bisnis

5 kesalahan nubi dalam memulai bisnis

Bisnis itu pasti ada kalanya jatuh bangun layak nya roda yang berputar. Sukses berbisnis tentu cita-cita setiap wirausahawan alias bisnismen terlebih buat nubi alias pemula. Oleh karena itu ada kalanya coach atau sharing antara suhu mastah yang telah sukses berbisnis dengan para pemula. Nah mari kita simak 5 kesalahan pemula alias nubi dalam memulai bisnis yang menyebabkan kegagalan bisnis hingga modal menipis. Antara kegagalan nubi dan nasihat dari bisnismen sukses…12 motivasi bisnis om bob sadino yang tak lekang oleh waktu~06

Cerita bisnis: “Si Newbie bertemu si Sukses”.

Wih si sukses rumahmu besar, mobilmu mewah, bisnismu berkembang pesat, karyawanmu banyak kata si newbie. Pulangnya si newbie pingin seperti si sukses yg tidak pernah tahu 1000 kegagalannya si sukses sebelum dia benar2 sukses.
Banyak newbie mencoba berbisnis dg dana terbatas tp tidak berhasil seperti si sukses.

Ada 5 hal menurut saya mengapa si newbie gagal:
1. “Orientasi keuntungan jangka pendek”
Si newbie kebanyakan adalah orang yg pinter melihat peluang (jangka pendek) tanpa melihat bisnis ini akan bertahan lama atau tidak. Contoh si newbie invest usaha warnet. Dia invest 50jt rame tambah lg 100jt rame tambah lagi 200jt. Saat si Raja Sukses turun untuk jualan modem 3g, hp 3g, plus si bandar ikutan keluarin speedy 200rban habis semua bisnis dan tabungan si newbie.

Nasehat si sukses: melihat peluang ok, tapi bisnis selain harus tumbuh jg harus sustain.

2. “Uang perusahaan masuk uang pribadi”
Si newbie ini seneng bgt awal2 sudah dapat uang, masuklah uang bisnis hasil kerja keras dan keringat semua ke kantong pribadi. Jd dia ga tau nih berapa labanya, berapa ruginya, berapa modalnya yg sudah diinvestkan semua campur aduk karena dia si newbie tidak memisahkan uang pribadi dan uang hasil usahanya.

Nasehat si sukses : si sukses walaupun pemilik tp dia jg digaji

3. “Tidak membangun sistem”
Si newbie pada umumnya tidak punya sistem. Dalam mindset dia yang penting jalan dulu. Saat kondisi ada “badai” yg tidak pernah dia siapkan gagal lagi si newbie.

Nasehat si sukses: Sistem dibangun oleh si sukses sejak awal. sistem menurut si sukses adalah sebuah alur proses bisnis dg kondisi if dan else ya kurang lebih seperti flowchart mulai proses start sampai proses finish.

4. “Si newbie adalah manusia plus plus”
Dia juga pemilik, plus juga admin, plus sales, plus kurir, plus operator intinya newbie ngalahin multi threadingnya Intel Quadcore Prosessor. Jangankan untuk istri anak dan keluarga untuk dirinya sendiri dia tidak ada waktu. Malangnya si newbie ini bukan benar2 superman dia bisa sakit. Saat dia sakit berantakan semua bisnis si newbie.

Nasehat si sukses: Delegasikan dg karyawan tetapi tetap ada kontrol. Walaupun usaha kecil2an mindsetnya perusahaan kelas dunia wuizzz. Buka lowongan gratisan saja dulu di kaskus atau olx, panggil, tes tulis, interview, kontrak kerja. Kontrolnya pasang cctv, cek kuangan rutin, pasang chrome remote desktop tiap pc di tempat usaha, bikin software buat liat kinerja karyawan.

5. “Gaya Hidup foya foya OKB krn ingin cepat disebut si sukses.”
Dia beli mobil baru dia pake tuh ke kondangan atau hangout bareng sama teman temannya. ngopinya yg dulu di warkop sekarang di starbuck, asyiknya lagi semua temannya dia yg bayarin. Dulu mainnya futsal sekarang mainnya golf. Alasannya mencari relasi bisnis padahal cuma mau selfie taruh di instagram. Ya begitulah si newbie OKB orang kaya baru yg buru buru ingin disebut si sukses, dari gaya hidupnya yg berubah drastis cashflow bisnisnya jadinya berantakan.

Nasehat si sukses: ada duit lebih puter lagi gelindingin lagi di bisnis. sisakan sebagian untuk aset rumah atau ruko. Naik motor buntut gpp yg penting bisnis bisa berkembang, karyawan senang gaji selalu ontime. Diliat teman ah km bisnis dari dulu tongkrongan cuma motor “buntut”. Jgn dipeduliin, ntar klo dalam posisi yg sudah longgar nikmati sop “buntut” warung ipang bersama istri dan anak. jgn lupa sisihkan sedekah dg orang disekitar kita. Insya Allah si newbie bisa naik kelas seperti si sukses.

Sumber : fb Mohammad Dhaafi

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0
©©©©©©©©©

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 4 August 2016, in caricara and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 7 Comments.

  1. Bisnis itu proses, mknya ada matkul yg sy ampu namanya bisnis proses

    Like

  2. Iyah bos, keep low profile jd pebisnis

    Like

  3. 5 kesalahan dalam usaha yg memang sering dilakukan pelaku usaha baru apa lama. Untuk membereskannya butuh pengetahuan dan keinginan yg besar. Untuk kesalahan no 2, bisa berjalam tapi susah berkembang.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: