Advertisements

Suka makan sosis? Teliti sebelum memakannya biar tidak kejadian seperti ini

Bagi mantemans yang suka makan sosis harap waspada dan hati-hati. Di jember ada seorang netizen yang membagikan pengalamannya membeli sekaleng sosis yang ternyata beberapa bijinya terdapat larva, belatung atau set. Tentu ini menjadi perhatian bagi anak-anak atau ibu-ibu yang suka memasak sosis agar dilihat dan diteliti terlebih dahulu. Infonya expire date alias masih kadaluarsa sekaleng sosis ini masih lama. Terus kenapa kok bisa muncul larva, belatung atau set didalamnya?

sosis muncul cacing dari jember tahun 2016

“Tolong dbantu nge share dan laporkan kpd prusahaan terkait. SUMPAH tanpa ada unsur merusak nama baik product tersebut tapi untuk kebaikan qta bersama. kejadian pribadi saya barusan saja saya buka sosis ternyata banyak set nya. Padahal kadaluarsax masih lama. Hati-hati dulur…!!! Posisi di Rambipuji ” ujar akun Mutasarirul EM di grup facebook Info Warga Jember pada hari senin, 11 Juli 2016. Netizen ini mengaku membeli sekaleng sosis ini di toko langganannya. “Belinya dipasar rambipuji dan sudah langganan. Kemasannya masih bagus. Lawong juga buka segel masih bagus semua ” tambahnya.

Postingan ini memantik respon netizen yang beragam mulai dari dianggap lebay, tanggung jawab pabrik hingga kelalaian penyimpanan oleh toko ritel yang menjualnya. Netizen lain membagikan pengalaman serupa dengan Mutasarirul EM diatas. “Bener mas saya jg mengalaminya anak saya beli sosis padahal kadaluarsa masih 2017 tp baunya busuk banget dan lembek” ujar Widy Jaelani. 

Salah satu netizen berkomentar bahwa produk sosis tersebut sepertinya sudah masuk dalam masa kadaluarsa. “PENTING >>> : Kalau EXPIREDnya sdh KURANG 6 BULAN,itu sdh TERMASUK dalam KATEGORI EXPIRED. Dari foto yg diposting itu sdh masuk ED,Expirednya 31 Oktober 2016 (masuk kategori Expired Date/ED) ” ujar Anang Oi .

Selain itu juga kemungkinan terjadi salah dalam hal penyimpanan produk. “bisa jadi proses packingnya kurang baik, atau saat penyimpanan saat sebelum packing kurang steril”kata Rosano Purwo Nugroho. netizen Ardho Disorder juga menambahkan keterangan serupa, “itu bukan salah dri perusahaan, mungkin si penjual salah menempatkan / menaruh sosis tersebut di tempat yg gak seharusnya, kan semua produk ada syaratnya contoh jangan ditaruh di tempat yg panas / lembab, maaf klo salah ” tegasnya.

Netizen lain mengusulkan agar berkorespondensi dengan perusahaan sosis tersebut agar masalah lebih jelas. “Kirim email ke perusahaan. Insyallah dpt souvenir sebagai ucapan terima kasih atas kepedulian saudara. Sy pernah. Tp bukan produk sosis.” ujar Slamet Hariyadi.  Netizen lain Nhumedia Phc  juga mendukung langkah serupa diatas. “Coba kirim email ke perusahaan disertai foto bukti. Biasanya dapat ucapan maaf dan pengganti ” tuturnya.

Beberapa netizen juga berpesan agar senantiasa berhati-hati ketika membeli sosis dengan tetap melakukan pengecekan sebelum memutuskan untuk membelinya. “Sebelum beli harus di cek dulu. saya kmaren beli alhamdulilah aman. kemasan tidak rusak, segel bagus. Tgl Kadaluarsa masih lama. Alhamdulilah aman.” tambah Arikha Agung. Anang Oi  juga menambahkan lagi agar memakai tips semacam ini, “Kalau beli product yang ditata berjejer dari depan ke belakang, maka AMBILAH YG PALING BELAKANG,biasanya yg sdh mendekati expired ditaruh dipaling depan,sistem itu disebut FIFO & LIFO.” pungkasnya.

Well, sebenarnya tidak hanya pada sosis namun semua produk makanan kita perlu cek dan ricek. Terlepas dari masa Expire Date atau masa kadaluarsa masih lama.  Karena kita tidak tahu seperti apa cara penyimpanan produk tersebut yang berpengaruh terhadap higenitas dan kelayakan makanan untuk dikonsumsi.

Maturnuwun

—***\Contact KHS/***—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 5E3C45A0

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 13 July 2016, in biarsehat and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Kalo ditoko, itu ada batasnya (dikembalikan distributor)
    – susu anak 6-8 bulan
    – mie instan 3 bulan
    dll
    Klo sekarang ga tau y

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: