Skip to main content

Mie Instan Bahaya ? Berikut penjelasan Badan POM RI

Beberapa waktu lalu sempat heboh bahaya dari mie instan  dimana dalam broadcast tersebut setidaknya menyebutkan 4 kebohongan mie instan. Yakni mie instan tidak mengandung nutrisi sama sekali, mengandung pengawet beracun TBHQ, mengandung monosodium glutamat (MSG) dan terakhir bahaya khusus bagi wanita karena mengganggu metabolisme tubuh. Benarkah begitu? mari kita simak rilis dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) Republik Indonesia mengenai isu ini.

bahaya mie instan bagi tubuh

Dimuat dalam web BPOM mengenai penjelasan isu bahaya mi instan ini yang dikeluarkan pada tanggal 16 November 2015.  Selengkapnya silahkan dibaca sendiri ya mantemans….

*****

Penjelasan Badan POM

Terkait Isu Bahaya Mi Instan

Maraknya isu mengenai bahaya mi instan yang beredar melalui aplikasi pesan seperti WhatsApp, BBM, SMS maupun aplikasi lain dan media sosial seperti Facebook, Twitter, Path dan lain-lain, sehingga Badan POM memandang perlu menjelaskan kepada masyarakat beberapa hal sebagai berikut:

  1. Beberapa bahan kandungan mi instan yang diisukan berbahaya adalah monosodium glutamat, methyl p-hydroxybenzoate, dan asam benzoat.
  2. Monosodium glutamat (MSG) adalah penguat rasa yang memiliki Acceptable Daily Intake (ADI) not specified, artinya bila dikonsumsi setiap hari dalam jumlah wajar tidak menimbulkan bahaya terhadap kesehatan. Namun ada beberapa data yang menunjukkan bahwa beberapa orang tertentu sensitif terhadap MSG.
  3. Methyl p-hydroxybenzoate atau metil parahidroksibenzoat atau metil paraben adalah pengawet yang diizinkan digunakan dalam produk pangan dengan jumlah tertentu. Metil paraben digunakan untuk mengawetkan kecap yang merupakan bumbu pelengkap pada mi instan varian tertentu. Beberapa negara, seperti Taiwan, tidak mengatur penggunaan metil paraben dalam mi instan, walaupun dalam regulasinya diatur pengawet lain dalam produk mi instan dengan tingkat keamanan mirip dengan metil paraben, yaitu etil paraben, propil paraben, butil paraben, isopropil paraben dan isobutyl paraben dengan batas maksimum yang ditentukan
  4. Sampai saat ini belum ada bukti ilmiah sahih, yang menyatakan bahwa baik MSG ataupun metil paraben dapat merusak usus, liver ataupun sakit maag.
  5. Terkait point-point diatas, diharapkan masyarakat tidak resah dan meragukan keamanan mi instan yang beredar di Indonesia. Konsumsilah mi instan dengan bijak.
  6. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Contact Center HALO BPOM 1500533, SMS 081219999533, email halobpom@pom.go.id, atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia.

Jakarta, 16 November 2015

Biro Hukum dan Humas Badan POM RI

******

penjelasan badan pom terkait bahaya mie instan bulan november 2015

Gimana mantemans? sudah jelaskan isu broadcast yang meresahkan tersebut terutama bagi pelajar atau mahasiswa atau siapapun anak kos yang menggantungkan hidupnya dalam bungkus mie instan. Intinya segala sesuatu itu harus sedang-sedang saja alias tidak berlebihan ketika mengkonsumsi sesuatu. Sebagaimana pesan dari BPOM diatas yakni Konsumsilah Mie Instan dengan Bijak….

sumber : http://www.pom.go.id/mobile/index.php/view/klarifikasi/27/Bahaya-Mi-Instan.html

Maturnuwun

14 thoughts to “Mie Instan Bahaya ? Berikut penjelasan Badan POM RI”

Tinggalkan Balasan