Advertisements

Menurut Zaskia Gotik, lambang sila kelima Pancasila adalah Bebek Nungging…#koplak (niat bercanda tapi malah hina simbol negara)

Zaskia Gotik, pedangdut bernama aseli Surkianih (25 tahun)  ini kesandung masalah dengan menghina simbol negara. Dara yang terkenal dengan goyang itiknya ini mengatakan bahwa lambang sila kelima Pancasila adalah Bebek Nungging. Tak pelak aksi yang niatnya bercanda ini mengundang keprihatinan masyarakat bahkan mengarah ke bulliying. Bahkan kalau menurut KUHP bisa kena pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp. 500.000.000. Mulutmu harimaumu kawans….berhati-hatilah….

Menurut Zaskia Gotik, lambang sila kelima Pancasila adalah Bebek Nungging dan ini pasal KUHP tentang penghinaan simbol negara

Ceritanya saat tampil dalam salah satu segmen di acara televisi swasta nasional yang disiarkan secara live itu, Zaskia terlibat dalam sebuah kuis atau game bersama dua peserta lainnya yakni Julia Perez dan Ayu Ting Ting yang juga rekannya dalam Trio Cecepy.

Zaskia menjawab pertanyaan dari pelawak Denny Cagur yang menjadi juri dengan asal-asalan. Misalnya, dia menjawab pertanyaan kapan Proklamasi Indonesia dengan jawaban tanggal 32 Agustus (?) . Bahkan sebelumnya dengan pertanyaan yang sama yakni kapan Proklamasi Indonesia diumumkan, dengan santainya Zaskia Gotik menjawab; “Setelah azan Subuh (?).”

Di bagian lain, jawaban mantan tunangan Vicky Prasetyo ini lebih ngawur lagi. Ketika ditanya apa lambang sila kelima Pancasila, Zaskia menjawab dengan bercanda. Dia menjawab “Bebek nungging (?).” Sedangkan Julia Perez dan Ayu Ting Ting menjawab dengan benar yakni padi dan kapas.

Merasa melakukan kesalahan, pelantun Seribu Alasan  ini pun meminta maaf kepada publik. Zaskia pun mengaku ketika dia menyebutkan tanggal proklamasi serta lambang sila kelima Pancasila yang dianggap menghina, tidak disengaja apalagi sampai bermaksud untuk menjelek-jelekan lambang negara. “Saya tidak ada sedikit pun bermaksud sama sekali menghina atau menjelekjelekkan undang-undang yang ada, demi Allah. Di sini saya berniat ingin menghibur. Saya minta maaf sedalam-dalamnya,” kata dara kelahiran bekasi ini sebagaimana diberitakan oleh radarsurabaya (17/3).

Sekedar informasi, Menurut Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) dalam pasal 57 b atau c atau d, jo pasal 69, setiap orang dilarang: (a) mencoret, menulisi, menggambari, atau membuat rusak Lambang Negara dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Lambang Negara akan dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau denda paling banyak Rp. 500.000.000.

Semoga menjadi pelajaran bagi siapapun agar jangan membuat main-main, bahan lawakan atau lelucon terhadap simbol-simbol negara. Ingat jasa para pahlawan yang telah mendahului kita dengan mengorbankan segenap harta, darah, jiwa dan raga. Kalau tidak tahu mending diam dan baca  buku buku sejarah di perpustakaan terdekat.

Maturnuwun

—***\Contact KHS/***—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 584929B8

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 17 March 2016, in asalnulis and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 30 Comments.

  1. Suruh belajar ppkn lagi deh

    Like

  2. akibat terlalu alay…
    kapan nonton tv lokal bisa semenarik tv ostrali atau jepang yg bisa menghibur tanpa jelek jelekin orang apalagi negara…

    Like

  3. Koplak… biasa nungging kali !!!

    Liked by 1 person

  4. Kalo menurut saya, lambang negara jangan dibuat lelucon lah

    Like

  5. sama dengan anak alay yang ngacungin jari tengah sama status F8UCK ke foto Jenderal Sudirman di musium…

    http://www.merdeka.com/peristiwa/cerita-abg-alay-hina-jenderal-soedirman-hingga-didatangi-koramil.html

    Like

  6. gue tersinggung sebagai warga indonesia, tp gue sependapat dengan zaskia, dia melihat secara realita bukan berdasarkan pancasila kita.. lo semua merasa adil gak di negara indonesia.. jd gue mah netral aja, 50:50 . .

    Like

  7. ===========
    kalo jaman pak harto
    bisa langsung ditutup tuh
    stasiun tv nya.
    artisnya dipenjara, karienya dipupus.
    manteb….teb..teb…
    ===========

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: