Advertisements

Foto Jembatan Soekarno Hatta Malang emang hoax…tapi fakta dilapangan telah terjadi lendutan (melengkung) #katapakar

Foto Jembatan Soekarno Hatta Malang melengkung menimbulkan kehebohan di media social khususnya netizen di Malang. Setelah menimbulkan kehebohan akhirnya diklarifikasi oleh Pemkota Malang bahwa motor yang menggambarkan kemelengkungan Jembatan SoeHatt itu merupakan Hoax. Namun berbeda dengan pendapat pakar, bahwa Jembatan Soehatt memang melengkung tapi tidak seekstrim foto hoax tersebut.  Nah lho ?jembatan-suhat-melengkung itu hoax tapi fakta dilapangan itoe benar nyata tahun 2016

Ketua Tim Studi Forensik Jembatan Fakultas Teknik Universitas Brawijaya sekaligus Kajur Teknik Sipil UB, Ir. Sugeng Prayitno Budi, MS telah melakukan investigasi dan hasilnya sungguh mencengangkan terkait jembatan milik pemprov jatim yang dibangun tahun 1988 ini. “setiap jembatan boleh melendut (melengkung, red). Tapi memperhitungkan panjang 60 m sisi selatan jembatan Suhat, melendutnya maksimal 6 cm. Temuan kami, jembatan sudah melendut 10,8 cm (kebawah) “ ujarnya sebagaimana diberitakan malang-post.com (3/3). Selain itu, masyarakat juga telah merasakan getaran bila melintasi jemabatan ini yang menurutnya sudah melewati batas aman getaran.

Sebuah penelitian Jembatan Suhat ini telah dilakukan pada tahun 2013 silam dan telah dipublikasika  pada sebuah portal ilmiah (http://sipil.studentjournal.ub.ac.id…rticle/view/6) edisi I 2014 (waktunya hampir bersamaan ketika muncul pertama kalinya issue jembatan Suhat ambruk 2 tahun lalu), menjelaskan kondisi riil jembatan Suhat berdasarkan perhitungan teknik, yang mana menyimpulkan bahwa “Ditinjau dari aspek usia fatik, sisa usia fatik jembatan adalah 14,206 tahun, dan sudah jauh melewati batas usia fatiknya yang direncanakan hanya 25 tahun.”jembatan soehat malang dilihat dari atas drone

Namun begitu, ternyata Pemerintah Provinsi Jawa Timur memastikan bahwa jembatan itu masih tergolong aman. “Setelah menerima data teknis dari Dinas PU Bina Marga dan pantauan @bpbd_jatim saya pastikan jembatan Suhat aman.*Pakde Karwo*,” tulis Dr.H.Sukarwo, M.Hum melalui akun Twitternya, @pakdekarwo1950.

Selain itu Sejumlah pihak langsung melakukan peninjauan ke lokasi, termasuk Dinas Bina Marga dan Kementrian Pekerjaan Umum (PU). Mereka melakukan pemotretan dan pengukuran, serta menyatakan jembatan dalam kondisi aman. Pemotretan pun dilakukan dengan memakai Drone agar dapat melihat gambar jembatan secara utuh dari berbagai sisi.

Analisa Fakultas Teknik Sipil Universitas Brawijaya terkait Jembatan Soekarno Hatta Malang pada tahun 2013Entahlah…kembali ke teman-temans percaya pada kata pakar apa kata pemerintah? kondisi antara “Bahaya” versi akademisi dan “Aman” versi pemerintah. Yang jelas hati-hati saja bagi warga malang yang melintasi Jembatan yang menghubungkan jalan seokarno hatta dan jalan dekat universitas brawijaya malang ini.

Ahli konstruksi jembatan Universitas Brawijaya, Malang, Prof Dr Sri Murni Dewi, menyatakan, Jembatan Soekarno-Hatta yang kondisinya dinilai sudah membayahakan masih bisa diselamatkan dengan cara memperbaiki pengikatnya.”Usia konstruksi jembatan rata-rata maksimal memang 20 tahun dan untuk Jembatan Soekarno-Hatta ini sudah lebih dari usia maksimal, namun konstruksi dan kondisi jembatan baja tersebut masih bagus, hanya pengikatnya saja yang perlu diperbaiki,” tegas Dewi sebagaimana dilansir antaranews.com 1 Desember 2013 silam

Agar lendutan tidak bertambah tentu diperlukan perawatan sehingga tingkat bahaya semakin berkurang seperti anjuran Profesor tersebut. Dan ternyata biaya perawatan Jembatan itu juga mahal mantemans….informasinya mulai dari 900 milyar hingga melebih 1T lho….weh2…

Monggo hati2 saja yah kalau sedang melintas…

Maturnuwun

—***\Contact KHS/***—

Main blog : http://www.setia1heri.com

Secondary blog : http://www.khsblog.net

Other blog : http://www.setia1heri.org

Email : setia1heri@gmail.com ; kangherisetiawan@gmail.com

Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri

Twitter : @setia1heri

Instagram : setia1heri

Line@ : @setia1heri.com

Whatsapp : 085608174959

PIN BBM : 584929B8

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 6 March 2016, in justinpoh and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 21 Comments.

  1. Katanya ini jembatan udah turun 20an centi ya? Ngerii

    Like

  2. Nah sebenarnya ini jembatan ada atau kagak sih

    Like

  3. Nunggu ambruk, makan korban, baru diperbaiki… Biasa

    Like

  4. semoga pemerintah cepat tanggap..

    Like

  5. tenag jangan panik, apalagi minta jembatan baru, yang ujung2nya projec.
    lakukan tinadan mulai dari yang termurah.
    misal, cek ketebalan aspal apakah bisa dikurangi agar beban tutun.
    tambah penyangga baru untuk untuk memperkuat tapi dengan menggunakan tumpuan yg ada dan tidak merusak tulang.

    Like

  6. ane sering lewat sini naik motor, kalo pas berhenti di lampu merah nya sering kerasa getaran. lebih baik muter dah ketimbang lewat sini, takut napa2

    Like

    • Katanya lampu merah nya dah dinonaktifkan ya? Ato masih?

      Like

      • traffic lightnya masih difungsikan om, tp yg difungsikan adalah TL yg berada di ujung selatan jembatan (yg ada di titik perempatan jl mt haryono, jl sukarno-hatta, jl pandjaitan dan gerbang UB). Jadi sering timbul penumpukan arus kendaraan di atas jembatan saat lampu merah nyala, dan itu bener-bener ngeri krn goyangannya terasa sekali

        Like

      • oke cak…nais inpoh…titi dj aja 😀

        Like

  7. saya tinggal dimalang, emang kalo dnger crita dari warga jembatan suhat mnghawatirkan..tapi kalo saya lewat pake motor biasa aja ga ngrasain gtar/goyangan wlaupun bnyak kndaraan yg lewat hehe

    Like

  1. Pingback: Gambar Jembatan Cisomang, Purwakarta dengan kondisi bengkok adalah hoax gans… – setia1heri.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: