Advertisements

Mengenal wajah brondong aseli Lamongan

Brondong, siapapun anda pasti pernah mendengar kata ini. Terlebih mereka yang terjun di dunia artis, sosialita hingga kehidupan malam. Entah siapa pertama kali yang menggunakan istilah ini dan mulai kapan. Yang jelas kata brondong merujuk sebuah klasifikasi umur usia muda baik laki maupun perempuan yang mempunyai hubungan kedekatan dengan usia diatasnya. Brondong juga identik dengan sebuah paras yang bening, cakep dan menggemaskan.  Bahkan ada lho filmnya yakni Arisan Brondong. Nah mari kita mengenal lebih dekat wajah brondong aseli lamongan.jaran jinggo desa brengkok brondong lamongan

Brondong dari lamongan ini bukanlah merujuk pada usia namun merujuk pada sebuah wilayah. Brondong adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Lamongan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Wilayah kecamatan Brondong terdiri atas 9 desa dan 1 kelurahan, 22 dusun, 2 lingkungan kelurahan, 57 RW, 262 RT. 10 wilayah tersebut yakni Kelurahan Brondong, Sumberagung, Sedayulawas, Sendangharjo, Lembor, Tlogoretno, Brengkok, Labuhan,  Sidomukti dan Lohgung.

kapal-kapal ikan di pelabuhan rakyat brondong lamongan jawa timurWajah Brondong yang berada di daerah Pantai Utara (Pantura) terbagi menjadi 2 kawasan yakni kawasan pantai dan kawasan pertanian. Daerah pantai terletak disebelah utara meliputi kelurahan Brondong,desa Sedayu Lawas, desa Labuhan dan Lohgung. Didaerah ini sangat cocok untuk budidaya ikan (tambak udang, ikan kerapu dan bandeng) serta usaha penangkapan ikan di laut sehingga pada daerah tersebut mayoritas mata pencaharian penduduknya adalah sebagai nelayan dan petani tambak. Sedangkan daerah kawasan pertanian meliputi desa Sumberagung, desa Sendangharjo, desa Lembor, desa Tlogoretno, desa Sidomukti dan desa Brengok, dan kondisi pertanian tadah hujan.

Potensi Brondong

  • Sektor Perikanan, Kelautan dan Peternakan : Adanya Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong, Adanya Perum Prasarana Perikanan Samudra, Adanya Pelabuhan Rakyat sedayulawas ( Pelra ), Adanya TPI Brondong, Labuhan dan Lohgung, Jumlah petani tambak dan nelayan yang memadai, Tersedianya lahan untuk budidaya perikanan yang memadai.
  • Bidang Pertanian : Adanya lahan pertanian dan perkebunan yang memadai, Adanya embung dan Waduk desa, Deversifikasi komoditas tanaman pangan holtikultura berpotensi untuk dikembangkan, Adanya petani dengan etos kerja yang tinggiperangkat kecamatan brondong lamongan tahun 2016
  • Bidang Perdagangan : Adanya 7 ( tuju ) Pasar Desa / Kelurahan, Adanya fasilitas dan potensi sosial ekonomi ruang yang mendukung pengembangan sarana usaha perdagangan ( Pelra Sedayu, PPN dan TPI Brondong, Landasan Parkir Wisata Brondong, TPI Lohgung ). Brondong merupakan tempat bertemunya para pengusaha / pedagang dari berbagai daerah ( Jawa dan Luar jawa ) untuk melakukan transaksi pembelian, penjualan dan transit barang ( Kawasan Pelabuhan Perikanan Nusantara Brondong dan Pelabuhan Rakyat Sedayulawas )
  • Bidang Pertambangan dan Energi : Adanya potensi lahan pertambangan bahan galian Gol. C ( Phospart, Dolomit dan Batu kapur ) di Desa Sedayulawas, Desa Lembor dan Desa Sidomukti.
  • Bidang Industri : Adanya potensi lahan pertambangan bahan galian Gol. C ( Phospart, Dolomit dan Batu kapur ) di Desa Sedayulawas, Desa Lembor dan Desa Sidomukti.

gua perawan desa sidomukti kecamatan brondong lamongan jawa timurNah bagi mantemans yang ingin melihat lebih jauh terkait Brondong aseli Lamongan ini silahkan mengunjungi sambil liburan juga ke Wisata Bahari Lamongan (WBL) yang tidak jauh jaraknya. Di Brondong ini kita bisa melihat keelokan pantai utara dengan jajaran perahu-perahu tradisional punya nelayan setempat. Selain itu kita dapat menikmati oleh-oleh makanan hasil olahan laut tersebut ataupun dinikmati di sekitar Brondong tersebut.cropped-JEMBATAN-SEDAYULAWAS

Well, demikian mantemans sekilas wajah Brondong aseli Lamongan

BENDUNG-GERAK-FLODWAY-SDYMaturnuwun

sumber : http://lamongankab.go.id/instansi/brondong/

BRONDONG ASELI DARI LAMONGAN

—***\Contact KHS/***—
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Other blog : http://www.setia1heri.org
Email : setia1heri@gmail.com ;kangherisetiawan@gmail.com
Facebook:http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 584929B8

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 28 February 2016, in justinpoh and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 8 Comments.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: