Advertisements

Ini alasan mengapa kita dilarang foto pesawat TNI AU yang jatuh…#semoga bisa dipahami bersama

Sudah menjadi rahasia umum ketika ada pesawat TNI AU yang jatuh maka semua prajurit TNI AU yang bertugas akan bersikap over protektif alias agak serem dalam mengamankan. Mereka akan menjaga ketat agar pesawat yang jatuh itu terlebih jenis pesawat tempur tidak menjadi objek fotografi. Mereka bahkan tak segan merampas kamera atau ponsel baik warga ataupun wartawan bila ada yang berani coba-coba mengabadikan musibah tersebut. Apa pasal?

Itu semua dilakukan oleh para prajurit TNI AU kita untuk menjaga kedaulatan dan kerahasiaan negara kita. Mereka bekerja ekstra keras, cepat bahkan kadang bersinggungan dengan warga dalam rangka mengamankan rahasia negara ini. Ini jaman teknologi tinggi masbrow dimana setiap negara saling mengintip kekuatan militer masing-masing sehingga bisa membahayakan.

foto pesawat tni au jatuh“Pesawat tempur itu masuk dalam rahasia negara. Wajar jika sebuah pesawat tempur jatuh, pengamanannya over. TNI AU pasti akan mengabaikan pedoman kebebasan pers. Karena prioritas mereka rahasia negara. ” ujar Horatio David, seorang wartawan yang pernah nge-pos di Kementerian Pertahanan. Selanjutnya dijelaskan bahwa kelemahan alutsista akan ditutupi negara karena itu menjadi tolok ukur kekuatan militer kita bagi negara lain. “Oleh karena biasanya foto dihapus atau kamera akan dirampas oleh prajurit TNI AU ” tambahnya.

Dalam kondisi seperti ini, wartawan di lapangan yang harus cerdik alias bukan frontal. Prajurit TNI AU dihadapkan pada pilihan antara menjalankan tugas atau melanggar kebebasan pers. Nah akhirnya mereka mengambil skala prioritas dengan melanggar kebebasan pers. “Saya sepakat untuk memrotes perilaku TNI AU yang arogan. Tetapi juga berharap perusahaan pers membekali wartawan dengan pengetahuan teknis. Bukan hanya sekedar mendorong sikap militan “tambahnya. Ketika di lapangan maka wartawan harus cerdik karena militan tanpa kecerdikan hanya jadi pintu masuk bencana bagi awak media.

ilustrasi

ilustrasi

Inilah kawans mengapa kita sering mendengar dan membaca berita ketika ada pesawat TNI AU yang jatuh maka biasanya selalu ada gesekan dengan wartawan. Namun begitoe kita semua berharap agar hal tersebut dapat diselesaikan secara kekeluargaan karena sejatinya untuk keselamatan dan keamanan NKRI ini.

Sedangkan untuk warga alias netizen agar juga memahami kerahasiaan negara ini sehingga tidak asal jepret objek-objek pesawat ketika jatuh. Terlebih bila foto-foto secara jelas menggambarkan bagian-bagian tubuh serta teknologi pesawat tempur tersebut. Tolong dihindari yah……Mari jaga kerahasian negara ini.

Maturnuwun

sumber : obrolan di facebook

***\Contact KHS/***
Main blog : http://www.setia1heri.com
Secondary blog : http://www.khsblog.net
Email : setia1heri@gmail.com; kangherisetiawan@gmail.com
Facebook : http://www.facebook.com/setia1heri
Twitter : @setia1heri
Instagram : @setia1heri
Line@ : @setia1heri.com
Whatsapp : 085608174959
PIN BBM : 584929B8
©©©©©©©©©

Advertisements

About khsblog

Manusia yang sedang belajar menjadi Ayah bagi 2 buah hatinya. Tinggal di altar suci Sunan Giri dengan makanan khas Nasi Krawu dan camilan Pudak. Tunggangan setia yakni Milestone dan MT-03...ini alternatif personal blog dari www.setia1heri.com I @ setia1heri I kangherisetiawan@gmail.com

Posted on 11 February 2016, in caricara and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 24 Comments.

  1. betul tuh kang, nggak hanya AU sih, yang lain juga hampir sama…ngalami sendiri soal-e 😆

    Like

  2. yup bahaya bgt sampe ketahuan, misal bisa diketahui jenis rudal, senjata yang dibenamin… krn tiap negara pasti g smua dibuka dipublik…

    Like

  3. bner juga ya… andai negara x yg lagi dendam kesumat sama indonesia tau klo pesawat tempur indo senjatanya kek gini, ntar klo diserang udah tau kelemahannya. emang kadang wartawan tuh nyebelin banget. mentang mntng pers..

    Like

  4. saya jadi “baru” ngerti.. nice info kang..

    Like

  5. iya tapi ada saja wartawan yg mengatasnamakan kebebasan pers..hadehh

    tadi aja lihat berita, itu puing dikumpulin sama TNI

    Like

  6. sebenarnya selain alutsista, identitas personel juga harus dirahasiakan, tapi namanya Indonesia suka heboh seperti ada personel anti teror cantik, ada personel antiteror ganteng, ada personel anti teror kaya dsb terus ada personel yang suka eksis di medsos, sekarang kalau misalnya ada teroris yang balas dendam dengan cara mengincar nyawa personel tersebut atau menyandera keluarganya kan bisa repot..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: