Skip to main content
Ingin Anak Cinta Buku, Simak Tips Membuat Perpustakaan Mini di Rumah

Ingin Anak Cinta Buku, Simak Tips Membuat Perpustakaan Mini di Rumah

khsblog.net- Ingin Anak Cinta Buku, Simak Tips Membuat Perpustakaan Mini di Rumah. Membuat anak cinta dengan buku bukan perkara sulit, ada banyak tahapan yang perlu dilakukan agar anak mencintai membaca buku salah satunya adalah mengepung anak dengan buku. Mengepung anak dengan buku sebagai amunisi agar ketika anak di ruangan mana saja dia berada bertemu dengan buku.

Ingin Anak Cinta Buku, Simak Tips Membuat Perpustakaan Mini di RumahSelain itu, agar anak mencintai buku adalah dengan membersamai anak yaitu membacakan buku untuk mereka setiap hari khususnya menjelang tidur malamnya.
Nah, agar anak di rumahnya berinterkasi dengan buku dan mencintai membaca buku, tentunya Anda harus menyiapakan perpustakaan di rumah.
Apa saja yang harus diperhatikan untuk membuat perpustakaan sendiri? Berikut ini tips-nya diolah dari laman rumah.com
▪️Pilih Satu Dinding
Kita tidak perlu ruangan khusus untuk membuat perpustakaan. Pilih salah satu sisi dinding di rumah, seperti di ruang keluarga atau ruang makan. Kemudian, kita bisa membuat dan meletakkan rak buku di dinding tersebut. Gunakan rak ukuran besar yang dapat menempel dari lantai hingga langit-langit rumah dan isi dengan buku-buku.  Pilih dinding di rumah sesuai kebutuhan dan jumlah buku yang dimiliki.
▪️Atur Buku Berdasarkan Warna
Strategi mengatur buku berdasarkan warna memiliki potensi untuk menghindari terlalu banyak barang yang tidak beraturan, sekaligus membuat buku-buku tertata secara dekoratif.
Sebaiknya menggunakan rak berwarna  putih dan isi dengan buku-buku berwarna. Perpaduan ini sangat serasi dan bahkan membuat suasana ruangan menjadi lebih segar
▪️Sediakan Tempat Duduk yang Nyaman
Agar waktu membaca menjadi lebih nyaman, tambahkan tempat duduk seperti sofa dengan bantal atau kursi yang cukup empuk untuk duduk berlama-lama. Agar kehadiran kursi tidak mengaburkan pandangan mata dengan banyaknya buku, gunakan kursi dengan warna solid dan netral.
▪️Buat Rak Buku yang Unik
Jika ingin membuat visual yang menarik di perpustakaan kita, desain rak buku menjadi sesuatu yang tidak biasa. Misalnya setiap kubikal buku diletakkan dengan posisi diagonal, sehingga selain menambah nilai artistik.
▪️Gunakan Tangga
Jika perpustakaan di rumah memiliki rak yang cukup tinggi (hingga ke langit-langit rumah), tambahkan tangga yang praktis dan bisa digeser dengan mudah. Cat tangga tersebut dengan warna yang cerah untuk mempercantik desain perpustakaan.
Ingin Anak Cinta Buku, Simak Tips Membuat Perpustakaan Mini di Rumah
▪️Manfaatkan Lorong Rumah
Kita juga bisa memanfaatkan lorong di rumah dengan menaruh rak buku di sisi–sisi dinding untuk menghemat ruangan. Jika memungkinkan, gunakan rak tinggi yang dapat menutup seluruh dinding. Namun bila terbatas, gunakan rak yang tingginya setengah dari tinggi dinding. Berikan warna yang ringan agar lorong rumah tidak terlihat sempit.
▪️Perhatikan Kualitas Pencahayaan
Perpustakaan merupakan tempat yang digunakan selama berjam-jam, baik untuk membaca buku, belajar, bahkan melakukan penelitian. Pastikan perpustakaan rumah Anda memiliki pencahayaan berkualitas, sehingga aktivitas membaca tidak akan merusak mata. Untuk menambah efek dramatis, tambahkan lampu kecil di bagian atas rak yang dapat menyorot buku-buku.
Demikian tips membuat perpustakaan mini di rumah, menanamkan kecintaan anak pada buku dimulai dari rumah, dibersamai oleh orang tuanya. Berinteraksi di perpustakaan mini dengan membaca buku bersama anak juga akan membangun bonding.
Ingin Anak Cinta Buku, Simak Tips Membuat Perpustakaan Mini di Rumah
baca juga :

Tinggalkan Balasan