Skip to main content

Pamit ke Masjid

Pamit ke Masjid. “…kita ke masjid ya, assalamu’alaikum.” Pamit anak-anak saat adzan dhuhur berkumandang (saya sedang menyelesaikan tumpukan baju untuk di setrika).  Nyess. Adem pendengaran ini saat anak-anak tak lagi diingatkan untuk segera ke masjid kala adzan berkumandang. Semua nikmat ini adalah atas izin Sang Pemilik Kelembutan. Allah lah yang memberikan kemudahan anak-anak senang pergi ke masjid.

Alhamdulillah anak-anak sudah terbiasa saat adzan terdengar , maka dengan senangnya mereka berlomba pamitan menuju masjid. Pembiasaan pergi ke masjid tentunya tak semudah membalik telapak tangan. Bertahap. Pendampingan juga tetap diberikan saat di masjid.

Tahapan agar anak-anak cinta masjid dimulai dengan mengenalkan anak dengan masjid. Mengajak anak sejak dini saat pergi ke masjid. Tentunya dengan mengkondisikan anak-anak sebelum berangkat. Mengupayakan agar jangan sampai jama’ah masjid terganggu. Masjid tetap kondusif dengan mengajak anak. Karena tak semua masjid ramah anak.

Menyampaikan adab-adab bagaimana saat di masjid. Setiap hendak berangkat ke masjid, berikan reminder kesepakatan. Boleh ikut dengan tetap menjaga adab masjid. Buat kesepakatan. Apabila ananda tertib apresiasi dengan mengajaknya terus di shalat lima waktu. Semua penyampaian adab di masjid tentunya disesuaikan dengan tahapan usianya.

Si sulung (kelas 4SD) dan si adik perempuan( TK B) keduanya saling menyemangati untuk sholat di masjid. Ada kalanya si adik tak bersemangat ke masjid. Bahagianya saat si kakak memberikan motivasi untuk adiknya. Pernah juga si kakak saat sudah lelah pulang dari sekolah (full day) menjelang maghrib belum juga bersih diri. Jarak sekolah yang jauh sudah membuatnya lelah di perjalanan. Sering pulang  hampir mendekati maghrib. Adiknya tak kalah menyemangatinya: “ayo…tak temani ke masjid kak, segera mandi!”

Terimakasih ya Rabb Sang Maha Rahman. Atas kasih sayang-Mu anak-anak  kami dimudahkan mencintai masjid. Tak mengendur semangatnya. Malah ada teman-teman sebayanya yang sekarang tertular rajin juga ke masjid. Setiap sholat maghrib teman ini sudah nongol di depan rumah menjemput kakak-beradik. Semoga semakin banyak kawanmu yang cinta masjid.

 

*Foto saat sholat duhur di masjid terdekat

 

– Novita Ratna Andadari-

 

#IDareToReborn

#Batch2

#SpiritNabawiyahCommunity

#Day27

#challengegambar

#challengetulisan

#SygmaDayaInsani

 

https://www.facebook.com/Spirit-Nabawiyah-Community-110969039738075/

Tinggalkan Balasan