Skip to main content

Cerita Lukisan

Cerita Lukisan. Seorang murid di sekolah melukis begitu mengagumi lukisan yang baru dibuatnya, ia menilai itu adalah karya terbaiknya . Dengan besar hati ia memasang lukisannya di etalase umum di sekolah nya, ia berharap penilaian tentang lukisannya dari teman2 satu sekolah , dibawah lukisan ia menulis : ” barangsiapa yang menemukan kesalahan pada lukisan ini, mohon diberi tanda dengan menggunakan tinta merah “.Sore harinya ia temukan lukisan terbaik miliknya sudah penuh dengan coretan2 merah, begitu banyaknya coretan2 itu sehingga lukisan aslinya tidak dikenali lagi.

Merasa gagal sebagai pelukis ia kemudian mengadukan hal itu pada gurunya , guru yang bijak itu menasihati : ” besok engkau taruh lagi lukisan terbaikmu di etalase sekolah, tulislah dibawah lukisanmu itu kalimat ini : ” barangsiapa yang menemukan kesalahan pada lukisan ini mohon gunakan kuas yang telah tersedia untuk memperbaiki ” …

Dan ia pun melaksanakan nasihat gurunya, dari jauh ia memperhatikan tidak seorangpun berani mendekat ke lukisan itu … bahkan sampai sore hari, tidak ada seorangpun temannya satu sekolah yang mencoba memperbaiki lukisan itu .

Gurunya menjelaskan : ” Orang yang mampu mencari dan menemukan kesalahan/aib itu jumlahnya banyak sekali … namun orang yang mampu memberbaiki dan berbuat sesuatu untuk menutupinya amatlah jarang/langka … begitulah kondisi kita dewasa ini … amat mahir mengkritisi dan mencela … tapi tak satupun yang datang dengan solusi “… Pelukis muda itu tersenyum puas dengan keterangan gurunya itu ….

Semoga menjadi inspirasi kita semua…. aamiin. ☕

Maturnuwun

baca juga :

One thought to “Cerita Lukisan”

Tinggalkan Balasan